Widget HTML Atas

√9 Cara Jualan Online Terbaru, Cepat Laku Raup Hingga Puluhan Juta Rupiah

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA, pada postingan kali ini kami akan memberikan cara bagi yang ingin menambah pundi-pundi uang dari berjualan online.

Jika kali ini sahabat memang tertarik ingin julan online sudah tepat membaca di sini, akan tetapi skip saja jika hanya ingin mencari uang dengan cepat namun tidak mau kerja.

Pasalnya cara jualan online ini memang memerlukan kerja keras kerjasama bagi semua pihak, entah itu dalam keluarga maupun dengan teman seperjuangan sahabat.

Meskipun sahabat masih pemula jualan online, hanya dengan memperhatikan cara yang akan kami berikan dan langsung coba praktekkan pada bisnis online sahabat, kami do’a kan bisa langsung sukses dan menjadi kaya raya. Amin! Itu bukan hal tidak mungkin loh, jika sahabat ulet, rajin dan tekun dalam menekuni jualan online.

√9 Cara Jualan Online Terbaru, Cepat Laku Raup Hingga Puluhan Juta Rupiah

Perlu diingat ini jualan online dunia maya, batasnya tidak terhingga, bahkan bisa mencapi luar negeri bahkan luar dunia, haha. Siapa tahu nanti akan ada Space-x luar angkasa perlu order dari Bumi, hm Cuma bercanda, jangan serius serius lah.

Cara Mudah Jualan Online bagi Pemula

Baiklah inilah cara serta langkah yang dapat sahabat lakukkan ketika bakalan memulai jualan secara online diantaranya sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan mental
  2. Menentukan produk yang akan dijual
  3. Menyusun rencana bisnis
  4. Mencari dan menentukan supplier
  5. Menentukan harga jual
  6. Mencari dan menentukan tempat jualan
  7. Melakukan promosi barang jualan sahabat
  8. Mengelola arus kas
  9. Evaluasi dan mengkaji ulang strategi jualan

Itulah 9 cara jualan online yang mesti sahabat pahami, apabila masih tertarik untuk menjadi kaya raya silahkan lanjut baca penjelasanya mengenai cara jualan online bagi pemula selanjutnya.

1. Mempersiapkan Mental

Apa sih maksudnya baiklah dalam Cara jualan online bagi pemula dengan menyiapkan mental sahabat terlebih dahulu, lebih-lebih jika sahabat sama sekali belum pernah melakukan bisnis sendiri, untuk online maupun offline.

Beberapa point penting yang mesti sahabat perhatikan dan pelajari diantarnya sebagai berikut:

  • Karakteristik pembeli online
  • Tampilan toko / media online yang digunakan untuk jualan
  • Membangun kepercayaan pelanggan atas toko online sahabat
  • Kualitas Customer Service (CS)

Sebenarnya ciri - ciri dari pembeli online tidak jauh beda seperti pembeli offline biasa, namun hal penting yang paling membedakan adalah 2 hal, yaitu:

Adanya kemudahan bagi mereka, melihat serta membandingkan banyak toko dengan yang lain (pasalnya mereka hanya tinggal klak klik ke toko lain tanpa harus berpindah lokasi),

Tingkat kewaspadaan dan kepercayaan yang lebih tinggi pasalnya mereka tidak dapat berkontak fisik langsung dengan produk yang bakal dibeli.

Pada tampilan toko, punya pengaruh cukup besar terhadap kesan yang bakalan dirasakan oleh pengunjung toko online milik sahabat tersebut.

Nah untuk itu, pastikan tampilan toko, terutama apabila sahabat membangun website sendiri, memenuhi beberapa syarat seperti:

  • Navigasi mudah, ketika pelanggan mencari produk sahabat
  • Deskripsi produk jelas dan informatif, gunain bahasa yang mudah dipahami oleh calon pembeli,
  • Design rapih dan nyaman dibaca di berbagai perangkat
  • Gambar produk jelas tidak buram, lebih bagus berikan foto-foto produk selengkap mungkin
  • Proses pembelian jelas dan tidak berbelit-belit.

Lalu, perlunya membangun kepercayaan calon pelanggan kpd toko online sahabat, hal tersebut memunyai hubungan dengan kualitas customer service sahabat.

Inilah poin penting dalam membangun kepercayaan dlm meningkat kan kualitas customer service sahabat ialah diantaranya:

Usahakan tetap ramah, meskipun mendapati pelanggan yang menyebalkan sekalipun,

Tetap komitmen pada syarat dan termin penjualan yang sahabat terapkan pada jualan online sahabat,

Pelanggan bakal lebih ragu saat membeli via online, dan beberapa dari mereka bakalan banyak bertanya, so usahain sahabat sabar terhadap mereka,

Jangan sentimen jika pelanggan hanya bertanya dan tidak membeli, pasalnya sudah biasa terjadi baik pada toko online maupun offline.

Dalam menyiapkan mental sahabat juga, sebaiknya sahabat mestinya melakukan hal ini:

Tentuin jam kerja sahabat, agar sahabat dapat tetap membagi waktu untuk melakukan kegiatan lain,

Gunakan bahasa yang sopan santun ketika berkomunikasi dengan para pelanggan,

Jaga emosi sahabat dan percayalah kesabaran sahabat bakalan membuahkan hasil,

Biasakan bangun pagi disiplin diri sendiri, anggap saja jika sahabat bekerja di kantor atau perusahaan,(terutama bagi sahabat yang sedang menjalni jualan online secara full time).

2. Tentukan Produk yang Bakal Dijual

Tentukan produk yang bakal dijual ialah dengan cari produk yang paling sahabat kuasai, sering dipakai, misalnya bisa paham apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Misalnya sahabat memahami soal pakaian dan kerudung, hanphone, maka sahabat dspst berjualan salahsatu atau 2 hal tersebut. Lakukan sering browsing di internet atau membaca buku atau majalah untuk menambah pengetahuan produk.

Sikaplah terbuka kepada pelangga jika ada hal yang belum sahabat ketahui terkait produk itu.

Dalam waktu sementara hal tersebut bakal membuat calon pembeli pergi, namun dengan jujur itu lebih baik dibandingkan kedepannya sahabat bakal menemukan kendala terkait hal tersebut, gara-gara sikap sok tahu nya.

Supaya lebih jelas, ketika tentukan produk yang bakal sahabat jual, pertimbangin faktor penting lainnya berikut:

Produk apakah yang sahabat pahami dan kuasai,

Seberapa paham sahabat bakal produk tersebut,

Sejauhmana sahabat memahami persaingan dalam menjual produk tersebut,

Pahami Alur bisnis dari produk tersebut, mulai dari mengambil barang sampai dengan mengirimkannya kepada pembeli,

Lalu Bagaimanakah cara menjual produk tersebut.

3. Menyusun Rencana Bisnis

Cara jualan online bagi pemula selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis dari yang bakal sahabat jalankan. Biasanya mencakup beberapa hal seperti dengan mulai dari sekedar menentukan nama toko, menentukan produk yang bakalan dijual, rencana harga jual, sampai dengan perhitungan berapa lama modal yang dikeluarkan bakal kembali.

4. Mencari dan Menentukan Supplier (pemasok)

Setelah mengetahui produk apa yang bakal di jual, kini dalam mencari mana supplier pertimbangakan secara matang untuk tahapan yang satu ini, pasalnya bakal sangat krusial bagi bisnis online yang bakal sahabat jalankan nantinya.

Berikut ini faktor apa saja dalam pemilihan supplier yang tepat diantarananay:

Lokasi supplier, jarak dari tempat mereka ke tempat sahabat,

Harga yang mereka tawarkan,

Ketersediaan stok barang yang bakal dijual,

Kemudahan dan kelancaran komunikasi dengan supplier tersebut.

5. Menentukan Harga Jual

Cara jualan online untuk pemula selanjutnya ialah dengan menentukan berapa harga jual yang tepat untuk produk yang bakal sahabat tawarkan. Tentunya pastikan beberpa hal dibawah ini:

Berapa sih harga produk di pasaran,

Berapa sih harga yang dipatok oleh supplier sahabat,

Berapa sih biaya-biaya operasional yang sahabat keluarkan untuk mendatangkan barang.

Kemudian sudah mengetahui dan mempertimbangkan faktor tersebut, barulah sahabat dapat tentukan berapa kira-kira harga jual yang tepat.

6. Mencari dan Menentukan Tempat Jualan

Cara jualan online lainnya dan penting ialah mencari lokasi jualan online, memang sudah banyak pilihan tempat jualan online yang dapat sahabat pilih berdasarkan kategorinya, diantaranya:

Media Sosial, seperti Facebook dan Instagram, twitter, pinterest, line, tiktok, snackvideo bahkan bisa juga di blog atau youtube

Marketplace, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia, blibli

Membuka website toko online sendiri.

Penjualan seperti disebutkan diatas tentulah adanya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu sahabat ketahui dan sesuaikan dengan gaya bisnis sahabat agar tidak menjadi kewalahan.

Seperti, jika jualan di Instagram calon pembeli bakal lebih menyukai foto produk yang apik dan cantik, sementara itu pada marketplace bakal lebih kepada seberapa detail foto produk tersebut dipasang.

7. Melakukan Promosi Barang Jualan Sahabat

Cara jualan online bagi pemula lain, yakni memilih saluran promosi yang bakalan digunakan untuk memasarkan dan mempromosikan jualan sahabat.

Berikut ini cara promosi yang dapar digunakan seperti:

Membayar ke marketplace tuk jadiin premium member atau official store,

Pasang iklan di Facebook atau Instagram (khusus sahabat yang mempunyai akun jualan di kedua media sosial tersebut)

Melakukan promosi di Google Ads atau Adwords Express

Mengoptimalkan SEO

Nah catatan lainnya yakni bagi pemilik web sendiri bisa promo di Google Ads, Adwords Express, dan SEO.

8. Mengelola Arus Kas

Mengelola kas yang masuk dan keluar memiliki peranan penting dalam menjalankan usaha. Pasalnya sahabat perlu memonitor dan mencatat setiap transaksi yang dilakukan.

Bertujuan untuk memastikan sahabat dapat mengolah dan menganalisa catatan keuangan alhasil bisa memakai data-data tersebut untuk kebutuhan lain nya.

Misalnya bisa dalam menekan biaya operasional, mencari supplier yang lebih murah, menaikkkan dan atau menurunkan harga, menghitung berapa lama sahabat balik modal, menentukan anggaran promosi, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Cukup menuliskan kas masuk dan kas keluar harian saja pada microsoft Excel atau buku catatan harian itu sudah lebih dari cukup.Memang kedisiplinan dan ketekunan dari diri sahabat sendiri, serta membiasakan dirisendiri dalam mencatat setiap transaksi.

9. Evaluasi dan Mengkaji Ulang Strategi Jualan

Cara jualan online untuk pemula yang terakhir ialah dengan memastikan rutin melaksanakan evaluasi atas performa penjualan dan kegiatan promosi atau pemasaran yang dilakukan untuk kemudian menetapkan strategi selanjut nya.

Hal ini berguna tuk memastikan dalam memangkas semua elemen-elemen yang tidak berguna dan cenderung berupa pemborosan yang tidak perlu dikeluarkan, sehingga bisnis bakal berjalan lebih efektif dan efisien.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara jualan online bagi pemula terbaru, semoga dengan menerapakan langkah dan cara diatas sahabat semuanya bisa menjalankan serta mengelola usaha sahabat dengan lebih baik dan tentunya lebih mendatangkan keuntungan, sehingga berjualan cepat Laku dan bisa Raup Hingga Puluhan Juta Rupiah setiap bulannya, akhirnya jadi orang kaya baru (OKB) Amin!