Widget HTML Atas

Contoh Surat Pengantar Ijin Rame-rame dari Desa, Format Ms Word

Mediabrita - Contoh Surat Pengantar Ijin Rame-rame dari Desa. Dalam membuat Surat ijin rame-rame biasanya dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dalam hal ini pihak kepolisian.

Pengertian Surat Ijin rame rame

Surat ijin rame rame adalah surat yang dibuat oleh pihak perseorangan maupun kelompok/lembaga/instansi resmi yang berisikan permohonan ijin untuk mengadakan suatu kegiatan yang ditujukan kepada kepolisian.

Adapun ujuan dari pembuatan surat izin keramaian adalah sebagai bentuk pemberitahuan kepada pihak kepolisian dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan kegiatan warga sekitar yang melibatkan orang dalam jumlah yang besar. 

Dan Biasanya kegiatan yang bersifat umum dan diikuti oleh banyak orang rawan menimbulkan potensi pertikaian maka oleh karena itu sehingga dengan adanya pemberitahuan lebih awal kepada pihak kepolisian, pihak berwenang dapat bersiap-siap dan menjaga penyelenggaraan kegiatan agar dapat berjalan dengan lancar.

Ilustrasi anekacontohsurat

Surat ijin Rame-rame ini biasanya digunakan ketika anda bakalan mengadakan suatu acara yang sifatnya besar.

Katakan saja ketika anda akan mengadakan hiburan dangdutan ataupun yang lainnya misalnya acara pernikahan ataupun khitanan. 

Maka dari itu sudah selayaknya surat ijin rame-rame ini bersifat penting. 

Hal tersebut, mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang sudah barang tentunya dapat merugikan anda sendiri selaku yang mempunyai hajat.

Nah, adapun syarat pengajuan dan pembuatannya pun cukup mudah. Adapun beberapa langkah simpel dalam membuat surat ijin rame-rame, diantaranya :

Pertama, Ketika anda akan membuat suatu kegiatan yang sifatnya rame-rame, jangan lupa terlebih dahulu anda yang perlu dilaksanakan adalah membuat surat pengantar izin rame-rame dari desa, namun sebelumnya itu anda terlebih dahulu mendatangi ketua rt/rw setempat untuk membuat Pengantar dari RT atau RW.

Kemudian sudah mendatangi rt/rw setempat untuk mendapatkan surat pengantar izin rame-rame selanjutnya anda mendatangi kantor kelurahan ataupun kantor desa untuk membuat surat pengantar dari desa dan menandatangani surat tersebut.

Jika semua sudah beres di Kantor desa dan sudah ditandatangani pihak kelurahan atau desa, selanjutnya anda datang ke kecamatan lalu ke Koramil untuk meminta tanda tangan nya, setelah itu baru anda datang ke polsek dimana anda tinggal untuk mendapatkan surat izin rame-rame dengan membawa surat yang sudah ditandatangani tersebut.

Untuk syaratnya tidak ada syarat yang mutlak karena anda hanya diminta datang langsung ke :

  • Rt / Rw setempat.
  • Kelurahan / Kantor Desa.
  • Koramil atau Kodim.
  • Polsek.

Biaya yang dikenakan ke setiap instansi biasanya tidak dipatok, seikhlasnya, namun menurut kebiasaan yang sudah ada berkisar hingga dengan Rp. 50.000,- namun tiap daerah atau wilayah terdapat perbedaan itu sebuah hal yang wajar.

Demikianlah beberapa langkah dalam hal pembuatan surat izin rame-rame. Semoga saja dapat membantu anda yang sedang membutuhkan pedoman tentang bagaimana cara pembuatan surat izin rame-rame.

Contoh Surat Pengantar Ijin Rame-rame dari Desa Terbaru

Contoh Surat Pengantar Ijin Rame-rame dari Desa Lengkap

Contoh Surat Pengantar Ijin Rame-rame dari Desa 2021

Contoh Surat Pengantar Ijin Rame-rame dari Desa dan RT 2021 Terlengkap

AMBIL DISINI CONTOH SURAT PENGANTAR IJIN RAME RAME DARI DESA DAN RT