Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbaru, Contoh SK Rotasi-Mutasi Jabatan Perangkat Desa Mulai Sekdes, Kasi, Kaur Hingga Kadus!

MEDIABRITA - Kepala Desa dalam hal ini pergantian atau rotasi mutasi suatu jabatan memanglah bisa saja terjadi.

Maka dari itu perlunya diterbitkannya SK Rotasi-Mutasi, namun jika anda sahabat perangkat desa di seluruh penjuru tanah air memerlukan contohnya sebagai referensi bisa anda menyimpan nya.

Nah, sebelum anda membuat atau menerbitkan Surat Keputusan Rotasi Mutasi alangkah baiknya kita juga harus mengetahui pengertian dari SK Rotasi-Mutasi.

SK Rotasi-Mutasi Jabatan Perangkat Desa adalah surat keputusan yang ditetapkan oleh Kepala Desa tentang Rotasi-Mutasi jabatan lama ke atau menjadi jabatan baru dalam struktur Perangkat Desa.

Pasalnya, Kepala Desa dengan kewenangannya ternyata bisa melakukan Rotasi-Mutasi dengan SK Mutasi Perangkat Desa tersebut.

Kalau dilihat dari pengertian atau maknanya, Rotasi-Mutasi adalah suatu perubahan terkait adanya posisi atau jabatan atau tempat atau pekerjaan yang dilakukan baik secara horizontal maupun vertikal di dalam satu organisasi. 

Karena itu, tujuan adanya Rotasi-Mutasi termasuk kedalam fungsi pengembangan karyawan, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja baik di perusahaan ataupun pemerintahan tersebut.

Menurut ahli lainnya, mengatakan bahwa, Mutasi adalah kegiatan ketenagakerjaan yang berhubungan dengan proses pemindahan fungsi, tanggung jawab, dan status ketenagakerjaan tenaga kerja ke situasi tertentu dengan tujuan agar tenaga kerja yang bersangkutan memperoleh kepuasan kerja yang mendalam dan dapat memberikan prestasi kerja yang semaksimal mungkin kepada perusahaan.

Ilustrasi

Atau juga bisa Mutasi adalah kegiatan memindahkan pegawai dari unit/bagian yang kelebihan tenaga ke unit/ bagian yang kekurangan tenaga atau yang memerlukan.

Adapun sebagai Dasar hukum pelaksanaan mutasi, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa tersebut dapat diatur secara khusus dalam Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Dengan adanya ke-2 Permendagri tersebut merupakan pedoman dalam pelaksanaan rotasi-mutasi, pengangkatan dan pemberhentian jabatan perangkat desa di lingkungan pemerintah desa.

Nah, untuk itu Apabila anda sahabat perangkat desa sedang mencari contoh SK mutasi Prades terbaru, dapat anda unduh dibagian akhir artikel ini. Demikianlah sedikit pembahasan terkait CONTOH SK ROTASI MUTASI, semoga bermanfaat dan salam merdesa. Sumber: Format-administrasi-desa.

AMBIL DISINI Contoh SK Rotasi-Mutasi Perangkat Desa Terbaru Format Ms Word