Widget HTML Atas

Terbaru! Cara Menginput Pada Aplikasi SIPADES

MEDIABRITA - Setiap Pemerintah Desa pasti ada yang namanya aset desa dan barang Inventaris Desa. Nah disini kami akan membagikan Cara Menginput di Aplikasi SIPADES Atau Sistem Pengelolan Aset Desa.

Aplikasi Sipades (Sistem Pengelolan Aset Desa) merupakan sebuah aplikasi yang disediakan oleh pemerintah dengan gratis guna sebagai percatatan administrasi aset desa sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa.

Adapun Tujuan pembangunan dan pengembangan aplikasi (Sistem Pengelolan Aset Desa) diantaranya adalah sebagai berikut:

  • untuk menertibkan kepemilikan aset sehingga dapat meminimalisir resiko hilangnya aset desa,
  • untuk mempermudah kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa dan 
  • sebagai alat bantu bagi pemerintah desa dalam malakukan tata kelola aset yang dimilikinya.

Sementara itu, azas dari pengelolaan aset desa dilaksanakan berdasarkan azas kepastian nilai. Dimana seluruh aset desa harus dapat berdaya guna dan berhasil guna untuk meningkatkan pendapatan desa (PAD). Sebelumya itu kita harus paham dahulu arti dari Aset Desa. 

Aset Desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli milik Desa, bisa dengan dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) sesuai perolehan Hak lainnya yang sah.

Hal ini , berdasarkan amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Maka dari itu Aset Desa seharusnya ditatakelola secara efektif, efesien, transparan dan akuntabel.

Maka dari itu agar memudahkan dalam pengelolaan aset desa Pemerintah sudah mempersiapkan aplikasi tentang aset desa dengan nama SIPADES.

SIPADES atau Sistem Pengelolan Aset Desa adalah merupakan sebuah aplikasi yang disediakan sebagai media bercatatan administrasi terkait aset desa hal ini sesuai l dengan Permendagri nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa.

Disamping itu, Tujuan adanya Aplikasi SIPADES Adalah sebagai media untuk menertibkan kepemilikan aset desa oleh karenanya dapat meminimalisir resiko hilangnya aset desa, kemudian untuk mempermudah kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa dan sebagai alat bantu bagi pemerintah desa dalam malakukan tata kelola aset yang dimilikinya.

Meskipun demikian, Aplikasi SIPADES ini memiliki azas dari pengelolaan aset desa dilaksanakan berdasarkan azas kepastian nilai. Artinya seluruh aset desa meski dapat memiliki daya guna dan berhasil dalam meningkatkan pendapatan desa.

Spesifikasi Aplikasi Sipades

Dalam Aplikasi Sipades berbasis desktop based. Artinya aplikasi tersebut dapat dijalankan pada perangkat komputer secara independen tanpa memerlukan koneksi internet dan alat bantu browser. 

Selain itu juga, pada Aplikasi tersebut cocok dengan berbagai sistem operasi komputer dan dapat di operasional pada sistem operasi windows7, Windows8 dan Windows10.

Aplikasi SIPADES ini cukup User friendly, maka dari itu mudah dalam proses installasi dan penggunaanya bagi semua tingkatan kemampuan. 

Aplikasi sipades ini juga menggunakan basis data access. Acces merupakan salah satu perangkat lunak dari Microsoft yang diperuntukan untuk mengelola database pada sistem Windosw yang sangat berguna dalam dalam merancang, membuat dan mengolah data dengan cepat dan mudah.

Ilustrasi

Nah untuk itu bagi yang memerlukan aplikasi SIPADES ini sudah dapat didownload di bawah artikel ini.

Langkah Penggunaan Aplikasi SIPADES

Nah bagi anda perangkat desa yang mempunyai tugas dalam operasi aplikasi SIPADES ini, simak berikut caranya :

Pertama instal Dahulu aplikasi SIPADES di komputer anda.

Kedua, klik 2 kali aplikasi yang ada di desktop. Setelah aplikasi terbuka, langkah yang harus kita kerjakan adalah :

Setelah aplikasi terbuka kita login dengan akun yang telah diberikan oleh DPM-Desa Kabupaten/Kota.

Aplikasi terbuka setelah login kita klik ke menu Inventarisir Barang lalu klik pengadaan seperti dalam gambar berikut.

Ketiga, Setelah di klik akan keluar menu pop-up atau melayang.

Nah pada menu ini kita diharuskan mengisi identitas tentang asal usul aset desa, aset yang di input adalah aset yang akan diperoleh ditahun yang akan dimasukan (eksekusi APBDesa).

Keempat, Setelah kita menginput tahun pengadaan dan mengklik jenis asal-usul aset desa yang berwarna kuning, kita pilih salah satunya apakah berasal dari APBDesa, Perolehan lain yang sah atau dari Kekayaan Asli Desa, setelah dipilih kita klik menu data cari data RKP, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa barang (aset) yang akan diinput telah masuk dalam perencanaan aset, kita buka menu tersebut.

Kemudian, setelah di klik menu Cari Data RKP lalu kita pilih Bidang, kegiatan dan tahun pengadaan barang.

Lalu, Setelah dipilih nama bidang dan kegiatan dan juga berdasarkan tahun pengadaannya, maka selanjutnya kita diharuskan menginput pagu anggaran yang sudah dianggarkan dalam perencanaan anggaran (APBDesa).

Lanjut kita diharuskan menginput pengadaan aset tersebut dan masuk dalam penganggaran tahun berapa dan berapa Nomor Perdes APBDes aset dimaksud serta kapan ditetapkan APBDesnya. Artinya jika perolehan aset desa tersebut melalui dana APBDesa.

Kemudian setelah itu, menginput data identitas aset desa, termasuk memilih bidang dan jenis kegiatan tentang pengadaan aset dimaksud, lalu diharuskan mengisi data Bidang, kegiatan, lalu kode barang yang akan jadi aset, jika tidak hapal tinggal klik menu cari. 

Lantas isi identitas barang data mengenai merk, type dan spesifikasi detil dari barang yang akan diinput dalam aplikasi, lalu isikan jumlah volumenya dan satuan dari aset dimaksud, kemudian pilih tanggal perolehannya, kapan pengadaan barang ini telah di spj kan dan dibuatkan LPJ (Laporan Pertanggungjawabannya)).

Setelah selesai di input lalu klik menu save untuk memastikan data yang di input tidak salah.

Langkah selanjutnya untuk memastikan Naya klik Review Data dan pastikan data yang diinput sesuai dengan dokumen dan fisik dari aset yang akan diinput,

Nah Jika sudah dirasa benar dan tidak ada yang kesalahan klik tutup transaksi untuk memastikan bahwa pengadaan barang/aset untuk jenis Genset sudah selesai, karena contohnya disini adalah genset.

Apabila sudah selesai kemudian tutup transaksi namun perlu diingat jika tidak bisa meng-edit ulang, maka dari itu selalu pastikan bahwa data yang diinput sesuai dengan dokumen pengadaan dan LPJ serta fisiknya. 

Terakhir aplikasi ini akan selalu dilaporkan ke Kemendagri secara berkala. Setelah selesai, klik tutup transaksi dan tutup aplikasi.

Demikian cara input pada Aplikasi SIPADES semoga bermanfaat dan salam merdesa.

AMBIL DISINI APLIKASI SIPADES

AMBIL DISINI JUKNIS APLIKASI SIPADES