Widget HTML Atas

[TERBARU] Cara Mudah Mengisi Prodeskel di http://prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id/mpublik/

Mediabritarakyat -- Sahabat perangkat dan operator yang berbahagia dan dirahmati Allah SWT, kali kita akan membahas tentang sebuah aplikasi dari Kemendagri yang bernama Prodeskel.

Sistem ini sebenarnya sudah lama diluncurkan, namun tidak semua perangkat memahami, cara mengoperasikan Prodeskel ini, bahkan ada yang sampai lupa pasword akun untuk masuknya.

tampilan depan Prodeskel

Apa itu Prodeskel?

Prodeskel atau Sistem Informasi Profil Desa dan Kelurahan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Prodeskel Bina Pemdes) adalah merupakan sistem informasi (aplikasi) berbasis Web (Online), pedoman penyusunan dan pendayagunaan datanya berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 (Permendagri 12/2007).

Permendagri 12/2007 tersebut merupakan amanat UU 32/2004 tentang pemerintahan daerah dan UU 26/2007 tentang Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) yang diharuskan untuk mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi nasional di bidang Profil Desa dan Kelurahan.

Sebelumnya, penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan.

Namun ternyata dalam kenyataannya, belum berjalan seperti yang diharapkan oleh pemerintah pusat, karena berbagai faktor dan kendala yang dihadapi di Desa.

Sedangkan, Prodeskel Bina Pemdes adalah sistem informasi yang pengelolaannya oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri. Visi yang hendak dicapai oleh Prodeskel Bina Pemdes adalah menjadi penyelenggara “pusat data desa dan kelurahan di indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan”.

Pengguna Prodeskel Bina Pemdes yang diregistrasi mulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional sehingga dimasa kini dan yang akan datang sistem ini berfungsi sebagai sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa dan kelurahan.

Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan? 

Nah, untuk spesifikasi minimal perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan/ menjalankan aplikasi ini adalah diantaranya :

Perangkat Keras

Ada beberapa perangkat keras yang perlu anda persiapkan dalam aplikasi Prodeskel ini. Perangkat keras agar dapat menjalankan aplikasi ini daftarnya adalah sebagai berikut :

  • Komputer Personal (Desktop atau Notebook) - (Direkomendasikan)
  • Tablet
  • Smartphone
  • Printer (Opsional)

Perangkat Lunak

Untuk Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan perangkat keras tersebut diatas adalah sebagai berikut :

Sistem Operasi :

  • Microsoft Windows XP / 7 / 8 untuk Komputer Personal
  • Android untuk Tablet dan Smartphone
  • MacOS untuk MacBook, iPad dan iPhone
  • Windows Phone untuk tablet dan smartphone berbasis Windows
  • Printer PDF Bullzip, CutePDF (opsional), dapat diunduh secara gratis dari internet.

Koneksi Internet

Hal lainnya agar bisa menjalankan aplikasi Prodeskel ini ternyat berdifat online alias harus menggunakan jaringan internet. Internet (Interconnected Network) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Melalui Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi.  

Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan internet di dunia menjadikan internet seolah-oleh menjadi dunia sendiri sehingga sering disebut sebagai dunia maya (cyberspace).

Internet adalah suatu sistem jaringan komunikasi komputer global yang saling terhubung dengan menggunakan standar Transmission Control Protokol / Internet Protokol (TCP/IP). 

Koneksi internet dapat diperoleh dengan cara kita membeli kuota atau berlangganan di penyedia jasa internet (ISP), semakin mahal, pada umumnya semakin handal untuk digunakan. 

Berikut ini ada beberapa jenis layanan yang umumnya sering digunakan yaitu :

  • Koneksi Mobile yaitu layanan koneksi internet menggunakan frekwensi radio GSM atau CDMA. Contohnya : Telkomsel, Indosat, 3, Bolt dan lain-lain.
  • Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Telepon Rumah (fixed line). Contohnya : Telkom Speedy
  • Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Serat Optik, contohnya : biznet, firstmedia dan lain-lain

Peramban Web

Untuk Web browser (browser), peramban ramatraya disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.

Menu bar browser memiliki beberapa fasilitas seperti membuka halaman baru, menyimpan copy halaman yang kita kehendaki, cetak halaman, menyimpan riwayat atau halaman-halaman yang pernah kita kunjungi, bookmark alamat, serta pengaturan browser.

Ada Bagian browser yang paling sering digunakan adalah alamat web (Address Bar) yaitu bagian browser untuk mengentri alamat web yang akan dituju/dijelajahi.

Berikut ini Daftar peramban web populer yang dapat digunakan aplikasi Prodeskel adalah :

  • Google Chrome - (Direkomendasikan)
  • Mozilla Firefox (Direkomendasikan)
  • Internet Explorer
  • Opera
  • Safari

Memulai Prodeskel Bina Pemdes

Masuk Ke Aplikasi (Login / Sign In)

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke Aplikasi atau login menggunakan paswod username yang sudah dibagikan oleh dinas terkait pada saat bimtek.

Aplikasi ini merupakan sistem informasi yang berbasis web sehingga untuk mengaksesnya membutuhkan koneksi internet. Alamat untuk mengakses aplikasi ini adalah melalui web prodeskel dengan web: prodeskel.pmd.kemendagri.go.id.

Setelah menuliskan alamat aplikasi ini di bar alamat peramban web, maka sistem akan merespon dengan menampilkan halaman beranda.

Otentikasi pengguna merupakan syarat untuk masuk ke dalam aplikasi ini dan merupakan bagian dari keamanan dasar bagi sebuah sistem informasi berbasis web.

Dalam halaman otentikasi pengguna harus memasukkan kode registrasi atau nama pengguna di kotak teks Kode Registrasi dan kata sandi pada kotak teks Kata Sandi

Apabila Kode Registrasi dan Kata Sandi tidak cocok dengan Kode Registrasi dan Kata Sandi dalam basisdata aplikasi ini, maka sistem akan menolaknya dan jika cocok maka sistem menampilkan halaman sebagai berikut :

  • Klik tombol Masuk
  • Isi Kode Registrasi dengan kombinasi angka :
  • 10 digit untuk pengguna tingkat Desa/Kelurahan atau
  • 7 digit untuk pengguna tingkat Kecamatan
  • 4 digit untuk pengguna tingkat Kabupaten/Kota
  • 2 digit untuk pengguna tingkat Provinsi
  • Nama login untuk pengguna yang melakukan registrasi di Datakini
  • Isi Kata Sandi dengan kata sandi yang benar
  • Klik tombol Kirim

Jika Kode Registrasi dan Kata Sandi benar dan cocok dengan basis data yang ada, kemudian selanjutnya halaman berubah dengan halaman untuk pengguna tingkat desa/kelurahan.

Keluar Dari Aplikasi (Logout / Sign Out)

Untuk menjaga keamanan sistem dari pihak-pihak yang berniat ?jahat? sebaiknya setelah selesai dengan seluruh kegiatan pengguna mengamankan data yang sudah dientri dalam sistem ini yaitu dengan cara :

  • Klik menu Keluar
  • Sistem akan kembali ke halaman Beranda awal
  • Seluruh data yang ada tidak dapat dimodifikasi oleh siapapun

Anatomi Sistem

Untuk Sistem informasi ini dibuat secara khusus sesuai dengan pesanan (Customized) untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi.  Sistem ini dibuat dengan menggunakan teknologi pemrograman terkini yang berbasis PHP sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna sistem.  

Nah bagian ini Secara garis besar sistem ini mempunyai anatomi sebagai berikut :

  • Penjelasan bagian-bagian anatomi dalam sistem Prodeskel
  • Banner aplikasi ini: Sebuah gambar grafis yang menunjukkan identitas sistem ini
  • Bar Menu Atas : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu pokok dan laporan yang berhubungan dengan pengguna yang aktif
  • Bar Menu Samping : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu laporan per sektor yang bersifat umum
  • Kontainer : Penyusunan informasi per kelompok dalam kotak
  • Halaman Data : Halaman yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi
  • Secara skematis rancangan antarmuka dalam sistem prodeskel

Bar Menu Atas

Pada bagian Bar Menu Atas adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara horizontal.  Menu dan submenu yang diletakkan dalam Bar Menu Atas ini biasanya berhubungan dengan pengguna yang aktif yaitu untuk Entri, Edit, Hapus data dan laporan-laporan.  

Akses menu dan submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu, secara otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan.  

Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Glosarium, maka letakkan kursor di atas menu Utama kemudian klik Glosarium.

Bar Menu Samping

Pada bagian Bar Menu Samping adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara vertikal.  Menu dan submenu yang diletakkan dalam Bar Menu Samping ini biasanya berhubungan dengan data yang disusun berdasarkan sektor (laporan). 

Sama halnya dengan Bar Menu Atas, akses menu dan submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu, secara otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan.  

Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Kantor Desa/Kelurahan, maka letakkan kursor di atas menu Prasarana Wilayah kemudian klik Kantor Desa/Kelurahan.

Menu Pohon

Pada bagian Menu Pohon adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara vertikal dengan anatomi seperti pohon.  

Menu pohon ini hanya disediakan untuk pengguna tingkat desa/kelurahan yaitu untuk melakukan Entri Data DDK, Potensi dan Tingkat Perkembangan.  

Menu pohon ini dapat ditutup atau dibuka dengan cara klik garis pembatas yang berwarna lebih gelap seperti gambar di bawah ini.  

Untuk memperlebar dilakukan dengan cara meletakkan kursor di atas garis pembatas, saat kursor berubah, klik kanan dan tahan, kemudian gerakkan mouse ke kanan untuk memperlebar atau ke kiri untuk memperkecil dan lepaskan.

Akses menu dan submenu dilakukan dengan cara klik tanda “+”atau nama menu, secara otomatis sistem akan menampilkan daftar submenu yang terdapat di dalamnya.

Eksekusinya sendiri dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan.  

Pewarnaan nama menu dan submenu dibedakan menjadi dua yaitu : warna hitam menunjukkan nama menu dan tidak bisa dieksekusi serta warna biru menunjukkan submenu dan bisa dieksekusi.  

Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Jenis Lahan, maka klik menu Potensi Sumberdaya Alam, kemudian klik Jenis Lahan.

Tombol Dan Aikon

Selain itu, untuk bagian Fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini direpresentasikan dalam bentuk Tombol dan Aikon.  Eksekusi Tombol dan Aikon dilakukan dengan cara melakukan klik terhadap Tombol atau Aikon yang diinginkan.  

Perbedaan utama antara Tombol dan Aikon adalah bentuk dan sifat prosesnya yaitu :

  • Tombol berbentuk kotak segi empat dan didalamnya terdapat nama fungsi, Aikon berbentuk simbol atau gambar mini
  • Tombol digunakan untuk melakukan proses untuk seluruh data di halaman yang aktif, Aikon digunakan untuk melakukan proses yang berhubungan dengan satu baris data

Grid

Pada bagian Grid adalah merupakan halaman yang digunakan untuk menampilkan data tertentu yang terdapat dalam basisdata berbentuk tabel yang terdiri atas kolom dan baris seperti gambar di bawah ini.  

Pada Grid ini merupakan halaman awal bagi pengguna untuk dapat melakukan proses selanjutnya berupa entri, edit, hapus dan salin data atau untuk pembuatan laporan.  

Sebagian besar fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini ditempatkan di halaman grid ini, misalnya : Pencarian Cepat, Pencarian Khusus, Pengurutan dan lain-lain.

Form

Pada bagian Form adalah halaman yang digunakan untuk melakukan proses entri, edit, hapus dan salin data seperti gambar di bawah ini.  

Fungsi-fungsi standar yang terdapat dalam kolom antara lain adalah : Salin Data, Data Baru, Simpan dan Hapus.  

Proses edit, entri dan salin data yang telah dilakukan harus diakhiri dengan melakukan klik Simpan sebagai tanda bahwa proses telah selesai dan data akan disimpan dalam basisdata sistem.

Deskripsi Menu

Prodeskel Bina Pemdes adalah sistem yang dibuat dengan beberapa klasifikasi pengguna. Pengguna utama dari sistem ini adalah pengguna tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi. Masing-masing klasifikasi pengguna memiliki perbedaan menu yang terdapat di dalamnya terutama pengguna tingkat Desa/Kelurahan.

Berikut ini adalah Rincian deskripsi menu adalah sebagai berikut :

Data Jenis Dan Kaidah

Jenis-Jenis Data

Jenis-jenis data yang digunakan dalam sistem terutama untuk entri data terdiri atas empat jenis yaitu :

  • Numerik ( 0 - 9 ) yaitu data dalam bentuk bilangan bulat dan desimal dalam format Indonesia
  • Teks yaitu data karakter yang terdiri dari alfabet ( A - Z ) dan numerik ( 0 - 9 )
  • Tanggal yaitu data yang menunjukan waktu berdasarkan hari, bulan dan tahun dalam format Indonesia

Pilihan yaitu data yang bersifat statis/konstan yang terdiri atas :

  • Kotak kombo (hanya untuk satu pilihan)
  • Tombol kancing (hanya untuk satu pilihan)
  • Tombol ceklis (lebih dari satu pilihan)
  • Jenis-jenis data ini menentukan bentuk antarmuka dan cara entri data yang akan digunakan dalam sistem.  

Antarmuka yang digunakan untuk jenis-jenis data tersebut diatas adalah sebagai berikut :

Kaidah Entri Data

  • Tanggal è kolom kunci utama (primary key)
  • Tanggal data yang valid adalah tanggal : 01/01/2012 sampai dengan Hari Ini
  • Tanggal lahir yang valid adalah tanggal : 01/01/1900 sampai dengan Hari Ini
  • Setiap data memiliki kolom kunci yang berbeda jenis dan jumlahnya
  • Kolom kunci terletak di kolom-kolom awal (grid) dan maksimal ada tiga
  • Sistem akan menolak untuk menyimpan data yang baru, jika semua data di kolom kunci sama persis dengan data dalam basisdata
  • Kaidah entri data (untuk n = 1, 2, 3  ) :
  •  Data Baru di n Kolom Kunci harus berbeda dengan Data di n Kolom Kunci basisdata

Satu Kolom Kunci

Contoh data dengan satu (1) kolom kunci yaitu kolom Tanggal adalah sebagai berikut : Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal tidak sama dengan tanggal yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.

Dua Kolom Kunci

Contoh data dengan dua (2) kolom kunci yaitu kolom Tanggal dan Nama Komoditas adalah sebagai berikut : Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal dan Nama Komoditas tidak sama dengan tanggal dan komoditas yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.

Tiga Kolom Kunci

Contoh data dengan tiga (3) kolom kunci yaitu kolom TanggalKategori dan Jenis Lembaga Ekonomi adalah sebagai berikut :

Entri Data Baru bisa disimpan jika data TanggalKategori dan Jenis Lembaga Ekonomi tidak sama dengan tanggal, kategori dan jenis lembaga ekonomi yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.

Fitur Sistem

Pencarian Cepat

Pada tombol Pencarian cepat dilakukan dengan cara memberikan masukan kata kunci pada menu yang tersedia di bagian pojok kiri atas halaman data.  

Pencarian kata kunci oleh sistem akan dilakukan terhadap seluruh kolom halaman data yang aktif.  Operator yang digunakan oleh sistem untuk pencarian adalah “mengandung kata”.

Pencarian cepat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Isi kotak teks pencarian cepat dengan kata kunci pencarian data
  • Klik aikon pencarian untuk melihat hasilnya
  • Setelah ditemukan kemudian sistem akan menampilkan seluruh data yang mengandung kata kunci yang dicari

Pada menu Pencarian cepat dapat juga berfungsi sebagai penyaring, karena data yang ditampilkan sesuai dengan kata kunci dan secara otomatis baris Total Laporan akan menyesuaikan dengan data yang aktif.  

Jika kata kunci dikosongkan maka sistem akan menampilkan seluruh data atau mengembalikan pada halaman data sebelumnya. 

Pencarian Khusus

Jenis pencarian data ini lebih khusus ditujukan untuk mencari data di kolom-kolom kunci tertentu saja sehingga diharapkan hasil pencarian lebih presisi/akurat. 

Terdapat dua jenis data untuk melakukan pencarian khusus yaitu :

Data Teks yaitu kolom kunci data jenis teks dan menggunakan operator : “mengandung kata

dan  “sama dengan”

Data Numerik yaitu kolom kunci data jenis numerik/angka dan menggunakan operator :

  •  “sama dengan” ( = )
  •  “lebih besar dari” ( > )
  •  “lebih besar sama dengan” ( ≥ )
  •  “lebih kecil dari” ( < )
  •  “lebih kecil sama dengan” ( ≤ ) dan
  •  “antara”  ( a ≤ x ≤ b )

Pencarian dilakukan untuk menemukan data yang bersesuaian dengan isi kolom kunci dan antar kolom kunci dipadukan menggunakan operator “dan”.  

Pencarian khusus ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik tombol Pencarian seperti gambar di bawah ini
  • Proses selanjutnya adalah sistem menampilkan menu di bawah ini
  • Pilih operator yang digunakan untuk pencarian data
  • Isi data kolom kunci yang akan digunakan sebagai penyaring data
  • Setelah kolom kunci terisi data klik tombol Pencarian untuk melihat hasilnya
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang sesuai dengan kolom-kolom kunci
  •  Untuk menghapus data di kolom-kolom kunci klik tombol Bersihkan
  • Untuk mengubah data di kolom-kolom kunci klik tombol Edit
  • Setelah proses pencarian data selesai, klik tombol Kembali untuk mengaktifkan halaman data sebelumnya. 

Perlu diingat, sama halnya dengan pencarian cepat, pencarian khusus ini dapat juga berfungsi sebagai penyaring, karena data yang ditampilkan sesuai dengan kolom-kolom kunci dan secara otomatis baris Total Laporan akan menyesuaikan dengan data yang aktif.

Pengurutan Data

Pengurutan adalah fitur aplikasi yang dapat mengurutkan data berdasarkan kolom-kolom yang dikehendaki (lebih dari satu kolom) untuk melengkapi fitur pengurutan dalam halaman data yang aktif (pengurutan data satu kolom).  Metode pengurutan data ada dua yaitu secara menaik (ascending) atau menurun (descending).  Untuk melakukan pengurutan data dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik tombol Pengurutan seperti gambar di bawah ini
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu pengurutan data sebagai berikut :
  • Pilih kolom kunci yang dikehendaki dengan cara klik kolom di kotak sebelah kiri, misalnya klik di kolom Provinsi
  • Klik tanda panah ke kanan atau klik ganda kolom yang dimaksud, selanjutnya kolom Provinsi akan pindah ke kotak tengah
  • Klik kolom Provinsi di kotak tengah
  • Pilih metode pengurutan di menu kanan dengan cara klik tombol  atau
  • Lakukan langkah tersebut diatas jika menginginkan tambahan kolom kunci
  • Untuk membuang kolom kunci yang sudah dipilih di kotak tengah, klik kolom yang dimaksud
  • Kemudian klik tanda panah ke kiri.
  • Jika menginginkan semua kolom dipindahkan, klik tanda panah ganda ke kekiri    dan begitu juga sebaliknya Tanda panah ke atas dan bawah digunakan untuk mengubah urutan/posisi pengurutan data yang dikehendaki
  • Setelah selesai dengan pemilihan kolom dan metode pengurutan kemudian klik tombol Oke untuk melihat hasilnya
  • Untuk keluar dari menu pengurutan klik tombol Keluar.

Pengaturan Kolom

Pada menu Pengaturan kolom adalah fitur aplikasi yang dapat mengatur (menambah atau mengurangi) kolom yang ditampilkan dalam halaman data yang aktif.  Pengaturan kolom dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik pada tombol Kolom seperti gambar di bawah ini
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut ini :
  • Di kotak sebelah kanan terdapat daftar kolom dengan warna hitam yang menandakan bahwa kolom-kolom tersebut aktif dalam halaman data.  Untuk mengurangi kolom yang aktif adalah dengan cara :
  • Pilih/klik kolom yang akan di non-aktifkan (pindah ke kotak sebelah kiri)
  • Klik tanda panah ke kiri 
  • Ulangi untuk kolom-kolom yang lainnya
  • Untuk menonaktifkan semua kolom dapat dilakukan dengan cara klik tanda panah ganda ke kiri  

Kolom yang sudah non-aktif di kotak sebelah kiri dapat diaktifkan lagi dengan cara :

  • Pilih/klik kolom yang akan diaktifkan
  • Klik tanda panah ke kanan 
  • Ulangi untuk kolom-kolom yang lainnya
  • Untuk mengaktifkan semua kolom dapat dilakukan dengan cara klik tanda panah ganda ke kanan 
  • Tanda panah ke atas dan bawah  digunakan untuk mengubah urutan/posisi pengurutan data
  • Setelah pengaturan kolom sesuai dengan yang dikehendaki, kemudian klik tombol Oke untuk melihat hasilnya
  • Untuk keluar dari menu pengurutan data klik tombol Keluar

Navigasi Halaman

Pada menu Navigasi halaman adalah fitur yang digunakan untuk melakukan melihat halaman data selanjutnya sesuai dengan urutan data.

Navigasi halaman ini disediakan karena secara default sistem hanya menampilkan data sebanyak 15 baris saja untuk menghemat memori komputer.  

Jika terdapat 60 baris data yang akan diaktifkan, maka sistem akan menampilkan data dalam 60/15 = 4 halaman data.  

Untuk melakukan penavigasian halaman ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Klik tombol panah ke kiri dan ke kanan untuk perpindahan satu halaman secara sekuensial (lihat gambar di atas)
  • Klik nomor halaman yang tersedia untuk melompat ke halaman yang dikehendaki
  • Klik tombol panah ke kiri yang paling kiri untuk pindah ke halaman pertama
  • Klik tombol panah ke kanan yang paling kanan untuk pindah ke halaman terakhir

Navigasi Baris Halaman

Pada Navigasi baris halaman adalah fitur yang digunakan untuk mengatur jumlah baris data yang akan ditampilkan dalam halaman yang aktif.  

Walaupun secara default yang ditampilkan adalah 15 baris data, tapi sistem menyediakan fasilitas untuk mengubah jumlah baris data yang ditampilkan menjadi 15, 30, 50 atau seluruh baris data (all).

Untuk melakukan pengubahan jumlah baris data dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik pada combo box seperti gambar diatas
  • Pilih jumlah baris yang dikehendaki
  • Secara otomatis sistem akan melakukan perubahan jumlah baris pada halaman data yang aktif sesuai dengan jumlah baris data yang dipilih

Grafik

Grafik yang terdapat dalam aplikasi ini ada dua jenis yaitu batang dan pai untuk kelengkapan fitur dalam laporan.  Grafik berguna untuk memberikan informasi secara visual ringkasan/rekapitulasi data yang sedang aktif.  

Fitur yang terdapat dalam grafik antara lain adalah :

  • Grafik dalam warna berbeda untuk setiap peubah
  • Jenis grafik dapat diubah dari grafik batang ke pai dan sebaliknya
  • Data dapat diurutkan secara menaik atau menurun
  • Memperlebar atau mempertinggi halaman grafik
  • Klik kotak kombo Mengurutkan nilai
  • Pilih Descending
  • Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini
  • Untuk mempertinggi dan memperlebar halaman grafik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Klik aikon disamping itu yang terletak di pojok kiri atas
  • Setelah muncul menu, ubah jumlah piksel di kolom Lebar dalam piksel dan Tinggi dalam piksel
  • Klik Oke untuk melihat hasilnya

Pencetakan

Pada menu Pencetakan adalah fitur yang digunakan untuk memindahkan keluaran aplikasi ke halaman lain tanpa ada banner dan bar menu.  

Selanjutnya proses pencetakan dilakukan oleh peramban web dan jenis printer lokal/jaringan yang dimiliki.  

Untuk melakukan proses pencetakan adalah dengan cara sebagai berikut :

  • Klik Cetak
  • ilih salah satu opsi Cetak yaiut Halaman Saat Ini atau Laporan Lengkap
  • Yang dimaksud dengan Halaman Saat Ini adalah pencetakan dilakukan terhadap halaman data yang tampil di layar monitor komputer.  Sedangkan yang dimaksud dengan Laporan Lengkap adalah pencetakan dilakukan terhadap seluruh data yang aktif dari baris awal sampai dengan akhir data.
  • Pilih opsi Diwarnai yaitu Hitam dan Putih atau Warna Lengkap

Yang dimaksud dengan Hitam dan Putih adalah hasil pencetakan hanya berwarna hitam dan putih walaupun terdapat warna lain selain hitam dan dilakukan dengan menggunakan printer warna.  Sedangkan yang dimaksud dengan Warna Lengkap adalah hasil pencetakan sama persis dengan warna yang ditampilkan di layar monitor jika menggunakan printer warna.

  • Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini.
  • Untuk mencetak ke printer, tekan secara bersamaan di papan ketik Ctrl dan P
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut (tergantung jenis peramban webnya) :
  • Pilih printer yang sudah tersedia dan terpasang di komputer dengan cara :
  • Klik Name (Mozilla Firefox)
  • Klik Ubah (Google Chrome)
  • Klik OK (Mozilla Firefox) atau Klik Simpan (Google Chrome)

Ekspor Data

Pada menu Ekspor data adalah fitur aplikasi yang berfungsi sebagai pengkonversi data dari format HTML menjadi format Microsoft Excel.  

Jika proses ekspor data ini berhasil berarti sistem telah melakukan proses pembuatan file dalam format Microsoft Excel yang dapat didownload (unduh) dan dilihat di komputer secara lokal.  

Untuk melakukan ekspor data yang aktif di layar komputer dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik XLS pada gambar di bawah ini.
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu status kemajuan ekspor data dan memproduksi file Microsoft Excel. Lamanya proses ekspor data ini tergantung pada besarnya ukuran data. 
  • Jika telah selesai akan muncul pesan “File berhasil dibuat” dan menampilkan menu seperti di bawah ini
  • Selanjutnya file tersebut dapat di download (unduh) untuk disimpan di komputer lokal dengan cara klik Download
  • Untuk keluar dari proses ekspor data, klik Kembali

Cara Mengisi Data Dasar Keluarga di Prodeskel

Pada Modul Data Dasar Keluarga (DDK) merupakan modul yang berfungsi untuk menyimpan data yang berhubungan dengan Kepala Keluarga (KK), salah satu diantaranya yang paling berkaitan adalah data Anggota Keluarga (AK).  

Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa jika tidak ada data KKmaka semua data DDK tidak dapat dientri ke dalam sistem.  

Modul DDK dapat diaktifkan dengan cara sebagai berikut :

  • Taruh kursor diatas menu DDK
  • Dari daftar submenu yang muncul, Klik Entri Data

Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK sebagai berikut :

Entri Data Kepala Keluarga (Kk)

Entri data KK dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik tombol KK Baru
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam bentuk Form sebagai berikut :
  • Isi data semua kolom yang sudah tersedia mulai dari Kode Keluarga sampai dengan Sumber Data
  • Tanda asterik merah menandakan kolom/field yang wajib diisi data
  • Gunakan tombol Tab untuk pindah antar kolom, kecuali kolom Alamat dan Sumber Data

Kolom Alamat dan Sumber Data dapat diperbesar atau diperkecil dengan cara :

  • Klik dan tahan pojok kanan bawah
  • Diseret sesuai dengan keinginan
  • Setelah selesai dengan pengisian data di semua kolom, Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses entri data

Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK dalam bentuk Grid sebagai berikut : Jika menginginkan entri data KK Baru, ulangi proses entri data di atas secara berurutan

Cara Edit Data Kepala Keluarga (Kk)

Edit data KK yang sudah terdapat dalam sistem dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon (kolom KK) yang sebaris dengan data KK yang akan di-edit
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan data KK yang akan di-edit
  • Perbaharui data di kolom yang diinginkan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman daftar KK

Cara Hapus Data Kepala Keluarga (Kk)

Hapus data KK yang sudah terdapat dalam sistem dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon hapus data pada (kolom KK) yang sebaris dengan data KK yang akan di-hapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan data KK yang akan di-hapus
  • Klik tombol Hapus

Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :

  • Klik tombol Oke
  • Data KK akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya
  • Catatan : Jika menghapus data KK, maka data AK secara otomatis juga ikut terhapus dari basisdata.

Cara Entri Data Anggota Keluarga (Ak)

Dalam bagian halaman daftar KK tersebut di atas, di sebelah kiri terdapat kolom dengan nama AKKK dan DDK yang berisi aikon dan di bagian atas terdapat tombol KK BaruKolomPengurutanCetakXLS, dan Pengelompokan.

Entri data Anggota Keluarga (AK) dapat dilakukan dengan dua cara yaitu klik aikon di kolom DDK atau klik aikon di kolom AK sebaris dengan data KK yang akan di-entri data AK-nya.  

Agar proses entri data AK lebih cepat maka sebaiknya menggunakan cara :

  • Klik aikon  pada (kolom AK)
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam sebagai berikut 
  • Klik tombol AK Baru

Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam sebagai berikut :

  • Isi data semua kolom yang sudah tersedia mulai dari Tanggal sampai dengan Lembaga Ekonomi yang Diikuti
  • Tanda asterik merah menandakan kolom/field yang wajib diisi data
  • Gunakan tombol Tab untuk pindah antar kolom
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses entri data
  • Selanjutnya sistem kembali menampilkan halaman daftar AK dalam bentuk Grid.  

Misalnya kita telah melakukan entri data AK lengkap untuk KK atas nama Contoh nama, maka halaman daftar AK yang ditampilkan adalah sebagai berikut :

  • Edit Data Anggota Keluarga (Ak)
  • Edit data AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data AK yang akan di-edit
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data AK yang akan di-edit
  • Perbaharui data di kolom yang diinginkan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman daftar AK

Cara Hapus Data Anggota Keluarga (Ak)

Untuk mengHapus data AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data AK yang akan di-hapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data AK yang akan di-hapus
  • Klik tombol Hapus

Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :

  • Klik tombol Oke
  • Data AK akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya

Karena keterbatasan layar monitor, maka data AK tidak dapat ditampilkan secara keseluruhan.  

Jika ingin melihat rincian data AK adalah dengan cara sebagai berikut:

  • Klik aikon pencarian sebaris dengan data AK yang ingin dilihat
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan rincian data AK sebagai berikut :
  • Klik tombol Cetak untuk mencetak rincian data AK atau
  • Klik tombol Kembali untuk kembali halaman sebelumnya (Daftar AK)

Cara Entri Kuesioner DDK

Pada isian Kuesioner DDK merupakan data yang diperoleh setelah melakukan survey di lapangan dan seluruhnya berhubungan langsung dengan Kepala Keluarga.  

Oleh karena itu untuk dapat meng-entri data kuesioner DDK terlebih dahulu harus melakukan entri data Kepala Keluarga.  

Cara Entri data kuesioner DDK dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di menu DDK
  • Dari Submenu yang muncul, pilih Entri Data

Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut (misalnya sudah ada data Kepala Keluarga ) :

  • Klik aikon isi kuesioner yang sebaris dengan Kepala Keluarga
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu pohon sebagai berikut :
  • Halaman awal tersebut diatas menunjukkan Kepala Keluarga yang akan di-entri data kuesioner DDK-nya dengan urutan isi menu pohon sesuai dengan urutan data dalam kuesioner DDK.  Misalnya kita ingin meng-entri data penghasilan, maka :
  • Klik Penghasilan (1.1 – 1.3)
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman grid data sebagai berikut :
  • Klik tombol Data Baru
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form entri data sebagai berikut :
  • Kolom Tanggal secara otomatis terisi dengan tanggal saat ini tapi masih bisa diedit atau disesuaikan
  • Isi kolom-kolom pertanyaan mulai dari Jumlah Penghasilan/Bulan sampai dengan Peserta BPJS/Jamkesnas/Jamkesda
  • Setelah selesai entri data, klik tombol Simpan. 
  • Jika ingin mebatalkan proses entri data, klik tombol Batal
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman grid data sebagai berikut :
  • Entri data harus dilakukan menggunakan tanggal yang berbeda dengan data yang sudah ada, jika tidak maka sistem akan menolak untuk menyimpannya.  Jika diatur proses entri data dilakukan setiap setahun sekali, maka akan menghasilkan data riwayat penghasilan Kepala Keluarga per Tahun.

Cara Edit Data Kuesioner DDK

Untuk mengEdit data penghasilan dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan di-edit
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-edit
  • Perbaharui data di kolom yang diinginkan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya

Cara Hapus Data Kuesioner DDK

Cara mengHapus data penghasilan dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon penghapus yang sebaris dengan data yang akan di-hapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-hapus
  • Klik tombol Hapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
  • Klik tombol Oke
  • Data akan terhapus dan sistem akan kembali ke halaman sebelumnya

Cara Menyalin Satu Baris Data (1 Record)

Untuk Menyalin satu baris data dapat dilakukan terhadap data yang sudah ada dalam basisdata terutama untuk data yang jumlah kolomnya banyak sedangkan perubahannya terjadi di beberapa kolom saja.   

Misalnya kita akan menyalin data tentang Pemanfaatan Air, Aset Rumah DLL  seperti gambar di bawah ini :

Untuk dapat menyalin data adalah dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan di-salin
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman form data yang akan di-salin sebagai berikut ini :
  • Perbaharui/ubah kolom Tanggal menjadi tanggal saat ini
  • Perbaharui/ubah data di kolom-kolom yang mengalami perubahan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses salin data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya, dimana data yang disalin sudah terdapat dalam basisdata seperti di bawah ini.

Cara Input Mutasi Keluar Anggota Keluarga

Pada menu Mutasi keluar AK adalah proses dimana terdapat satu orang AK yang meninggal dunia atau pindah alamat.  

Proses mutasi keluar AK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di Mutasi è Keluar Desa/Kelurahan
  • Pilih submenu AK Pindah atau Meninggal seperti gambar di bawah ini
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar AK seperti berikut ini :
  • Pilih AK yang akan dimutasikan dengan cara :
  • Klik aikon mutasi yang sebaris dengan AK yang akan dimutasi, misalnya nam seseorang
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
  • Pilih Jenis Mutasi dengan cara klik tombol radio yang sesuai
  • Jika jenis mutasi adalah Meninggal Dunia, maka langkah selanjutnya adalah memilih penyebab kematian dengan cara klik tombol radio yang sesuai.
  • Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi AK
  • Setelah langkah diatas, maka secara otomatis data AK tidak ditampilkan dalam basisdata
  • Jika Jika jenis mutasi adalah Pindah Alamat, maka sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
  • Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang menjadi tujuan kepindahan AK
  • Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi AK
  • Setelah langkah diatas, maka secara otomatis data AK dipindahkan ke desa/kelurahan tujuan dan tidak ditampilkan dalam daftar AK desa/kelurahan asal mutasi
  • Di desa/kelurahan tujuan data AK hanya ditampilkan dalam daftar mutasi masuk data AK

Agar data AK dapat ditampilkan dalam daftar AK desa/kelurahan tujuan, maka desa/kelurahan tujuan harus melakukan Mutasi è Masuk Desa/Kelurahan è Proses Mutasi AK

Cara Input Mutasi Keluar Kepala Keluarga

Mutasi keluar KK adalah sebuah proses dimana KK dan seluruh anggotanya pindah alamat.  

Proses mutasi keluar KK dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di Mutasi è Keluar Desa/Kelurahan
  • Pilih submenu KK Pindah Alamat seperti gambar di bawah ini
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar KK seperti berikut ini :
  • Pilih KK yang akan dimutasikan dengan cara :
  • Klik aikon mutasi yang sebaris dengan KK yang akan dimutasi, misalnya Nama seseorang
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
  • Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang menjadi tujuan kepindahan KK
  • Kode Keluarga Sementara secara otomatis muncul jika kita klik Desa/Kelurahan Tujuan
  • Isi Alamat Lengkap Tujuan, RW Tujuan dan RT Tujuan
  • Klik tombol Proses untuk melakukan mutasi KK
  • Setelah langkah diatas, maka secara otomatis data KK dipindahkan ke desa/kelurahan tujuan dan tidak ditampilkan dalam daftar KK desa/kelurahan asal mutasi
  • Di desa/kelurahan tujuan data AK hanya ditampilkan dalam daftar mutasi masuk data KK

Agar data KK dapat ditampilkan dalam daftar KK desa/kelurahan tujuan, maka desa/kelurahan tujuan harus melakukan Mutasi è Masuk Desa/Kelurahan è Proses Mutasi KK

Data KK dan Anggota Keluarga

Pada menu bagian KK dan Anggota Keluarga adalah bentuk lain penyajian data kependudukan yang merupakan gabungan antara data KK dan AK dalam bentuk grid.  

Fasilitas ini diberikan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan peng-editan data KK dan AK yang sudah terdapat dalam basisdata.  

Disamping itu fasilitas lain yang terdapat didalamnya adalah pengaturan Kolom, Pengurutan data, ekspor data ke Microsoft Excel (XLS), Cetak data ke printer, pembuatan laporan rekapitulasi (Pengelompokan), navigasi halaman dan baris halaman serta Pencarian Cepat.  

Untuk dapat memanfaat fasilitas tersebut silahkan baca bab FITUR SISTEM.  Bentuk grid KK dan Anggota Keluarga adalah sebagai berikut :

Cara Laporan Data Dasar Keluarga

Data Dasar Keluarga yang telah di-entri dan tersimpan dalam basisdata dapat dibuat laporan rekapitulasinya dan tatacara pembuatannya silahkan baca bab Fitur Sistem

Misalnya kita ingin membuat laporan dari KK dan Anggota Keluarga yaitu dengan cara :

  • Klik tombol Pengelompokan
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan opsi pengelompokan
  • Pilih jenis pengelompokannya
  • Klik tombol Oke
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dengan tambahan tombol Rekapitulasi
  • Klik tombol Rekapitulasi untuk melihat laporan
  • Jika menginginkan dicetak di printer klik tombol Cetak
  • Jika menginginkan diekspor ke file Microsoft Excel, klik tombol XLS

Pembaharuan Data Potensi Dan Perkembangan

Pembaharuan data Potensi dan Tingkat Perkembangan hanya dapat dilakukan jika dan hanya entri data DDK sudah mencapai 100 %.  

Dengan adanya fasilitas ini maka kuesioner Potensi dan Tingkat Perkembangan yang berhubungan dengan DDK tidak perlu lagi di-entri secara manual, tetapi dapat dilakukan secara otomatis.  

Pengguna dapat melakukan pembaharuan secara keseluruhan atau per bagian sesuai kebutuhan dengan cara memilih ceklis.  

Untuk melakukan pembaharuan data dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di Menu DDK
  • Klik Pembaharuan Data
  • Setelah itu sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
  • Pilih/klik semua ceklis atau bagian data Potensi dan Tingkat Perkembangan yang akan diperbaharui
  • Klik tombol Proses Pembaharuan
  • Secara otomatis data Potensi dan Tingkat Perkembangan akan terisi dengan Tanggal yang sesuai dengan tanggal dilakukannya proses pembaharuan

Potensi Desa Dan Kelurahan

Pada Potensi Desa dan Kelurahan merupakan modul kedua dari Profil Desa dan Kelurahan secara keseluruhan.  Data Potensi Desa dan Kelurahan terdiri atas beberapa bagian yaitu :

  • Potensi Umum
  • Potensi Sumberdaya Alam
  • Potensi Sumberdaya Manusia
  • Potensi Kelembagaan
  • Potensi Prasarana - Sarana

Untuk mengaktifkan menu Potensi Desa dan Kelurahan ini adalah dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di menu Potensi
  • Klik Entri Data
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman beranda Potensi Desa dan Kelurahan dalam bentuk menu pohon sebagai berikut :
  • Klik menu yang ada untuk menguraikan sub-menu yang terdapat didalamnya
  • Menu pohon ini dapat disembunyikan atau diperlebar/diperkecil ukurannya, silahkan baca bab Fitur Sistem

Cara Entri Data di Prodeskel

Entri data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik Potensi Sumberdaya Alam, selanjutnya sistem akan menguraikan isi sub-menu yang terdapat didalamnya
  • Klik Iklim, Tanah dan Erosi
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar data sebagai berikut :
  • Dari gambar diatas dalam basisdata sudah ada datanya, untuk melakukan entri/menyisipkan data baru dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Klik tombol Data Baru
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam bentuk form sebagai berikut :
  • Isi kolom Tanggal sampai dengan Luas Tanah yang Tidak Ada Erosi (Ha)
  • Setelah selesai, klik tombol Simpan untuk menyimpan data yang sudah di-entri
  • Tanda asterik warna merah menunjukkan kolom yang wajib diisi atau tidak boleh dikosongkan
  • Selanjutnya sistem akan kembali menampilkan halaman daftar data termasuk data yang baru

Cara Edit Data Potensi Desa

Cara mengEdit data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan di-edit
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan di-edit
  • Perbaharui data di kolom yang diinginkan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya

Cara Hapus Data Potensi desa

Cara Hapus data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan dihapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan dihapus
  • Klik tombol Hapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
  • Klik tombol Oke untuk menghapus data atau
  • Klik tombol Batal untuk membatalkan proses penghapusan data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya

Cara Menyalin Satu Baris Data (1 Record)

Cara Menyalin satu baris data Potensi Desa dan Kelurahan misalnya Iklim, Tanah dan Erosi, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan disalin
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan disalin
  • Klik tombol Salin Data
  • Perbaharui/ubah kolom Tanggal menjadi tanggal saat ini
  • Perbaharui/ubah data di kolom-kolom yang mengalami perubahan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses salin data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya, dimana data yang disalin sudah terdapat dalam basisdata

Cara Menyalin Potensi desa Data Antar Tahun

Menyalin data Potensi Desa dan Kelurahan antar tahun dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di menu Potensi
  • Klik Salin Data Antar Tahun
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
  • Isi Dari Tahun dan Ke Tahun, dimana Dari Tahun nilainya harus lebih kecil dari Ke Tahun
  • Klik tombol Proses untuk melakukan penyalinan data antar tahun

TINGKAT PERKEMBANGAN DESA DAN KELURAHAN

Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan merupakan modul ketiga dari Profil Desa dan Kelurahan secara keseluruhan.  

Data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan terdiri atas beberapa bagian yaitu :

  • Perkembangan Kependudukan
  • Ekonomi Masyarakat
  • Produk Domestik Desa/Kelurahan Bruto
  • Pendapatan Per Kapita
  • Struktur Mata Pencaharian Menurut Sektor
  • Dan lain-lain

Untuk mengaktifkan menu Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan ini adalah dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di menu Perkembangan
  • Klik Entri Data
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman beranda Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan dalam bentuk menu pohon sebagai berikut :
  • Klik menu yang ada untuk menguraikan sub-menu yang terdapat didalamnya
  • Menu pohon ini dapat disembunyikan atau diperlebar/diperkecil ukurannya, silahkan baca bab Fitur Sistem

Cara Entri Data Perkembangan Desa

Cara mengEntri data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik Perkembangan Kependudukan, selanjutnya sistem akan menguraikan isi sub-menu yang terdapat didalamnya
  • Klik Penduduk dan Kepala Keluarga
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman daftar data sebagai berikut :
  • Dari gambar diatas dalam basisdata sudah ada datanya, untuk melakukan entri/menyisipkan data baru dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Klik tombol Data Baru
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman dalam bentuk form sebagai berikut :
  • Isi kolom Tanggal sampai dengan Jumlah Kepala Keluarga (Perempuan) Tahun Lalu (KK)
  • Setelah selesai, klik tombol Simpan untuk menyimpan data yang sudah di-entri
  • Tanda asterik warna merah menunjukkan kolom yang wajib diisi atau tidak boleh dikosongkan
  • Selanjutnya sistem akan kembali menampilkan halaman daftar data termasuk data yang baru

Cara Edit Data Perkembangan Desa Penduduk Dan Kepala Keluarga

Cara mengEdit data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan di-edit
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan di-edit
  • Perbaharui data di kolom yang diinginkan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses edit data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya

Cara Hapus Data Perkembangan Desa Penduduk dan Kepala Keluarga

Hapus data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan dihapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan dihapus
  • Klik tombol Hapus
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan menu konfirmasi sebagai berikut :
  • Klik tombol Oke untuk menghapus data atau
  • Klik tombol Batal untuk membatalkan proses penghapusan data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya

Cara Menyalin Satu Baris Data (1 Record) Perkembangan Desa

Menyalin satu baris data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan misalnya Penduduk dan Kepala Keluarga, dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Klik aikon pensil yang sebaris dengan data yang akan disalin
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang akan disalin
  • Klik tombol Salin Data
  • Perbaharui/ubah kolom Tanggal menjadi tanggal saat ini
  • Perbaharui/ubah data di kolom-kolom yang mengalami perubahan
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan dan mengakhiri proses salin data
  • Selanjutnya sistem akan kembali ke halaman sebelumnya, dimana data yang disalin sudah terdapat dalam basisdata

Cara Menyalin Data Antar Tahun Perkembangan Desa

Menyalin data Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan antar tahun dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Letakkan kursor di menu Perkembangan
  • Klik Salin Data Antar Tahun
  • Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman sebagai berikut :
  • Isi Dari Tahun dan Ke Tahun, dimana Dari Tahun nilainya harus lebih kecil dari Ke Tahun
  • Klik tombol Proses untuk melakukan penyalinan data antar tahun

Demikian sekilas tentang Cara Mengisi Prodeskel Bina Marga untuk dipraktekkan. Semoga bermanfaat salam merdesa.!