Widget HTML Atas

Free Download SK Dasawisma Desa Terbaru! 4 Tugasnya Bikin Lancar Fungsi PKK

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh SK dasawisma desa yang terbaru dan terupdate.

Dengan adanya SK dasawisma mestinya memperhatikan 4 tugas para pengurusnya dasawisma di desa.

Pasalnya, jika 4 tugas pengurus dasawisma dikerjakan dengan baik dan konsisten, hal tersebut dapat melancarkan serta mempermudah tugas dan fungi PKK desa.

Free Download SK Dasawisma Desa Terbaru! 4 Tugasnya Bikin Lancar Fungsi PKK

berawal dengan adanya kesetaraan gender jenis kelamin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga dipandang perlu dibentuknya dasawisma Desa dalam proses kelangsungan pembangunan Desa.

Arti Pengurus Dasawisma

Adapun untuk pengurusan Dasawisma di desa ialah merupakan sebuah kelompok ibu-ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga, hal ini tujuannya demi mempermudah berjalannya sebuah program yang sedang dilaksanakan. 

Sebagai contoh yang sering dilaksanakan yakni adanya pengumpulan dana, kuisioner, tertib administrasi yang merupakan salahsatunya tanggungjawab ketua dasa wisma desa yang nantinya bakalan diteruskan kepad ketua PKK desa.

Secara harfiah, Kelompok Dasa Wisma ialah sebuah Kelompok yang terdiri beranggotakan dari 10 s.d 20 KK (kepala keluarga) dalam satu buah dusun, nah ketika telah terbentuknya kelompok tersebut, maka nantinya bakal diangkatnya satu orang yang mempunyai tanggungjawab sebagai anggota.

Tujuan kelompok dasawisma

Berikut ini beberapa tujuan kelompok dasa wisma ialah membantu untuk kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK desa. 

Dalam melakukan kegiatan ditujukan terhadap kepada peningkatan kesehatan keluarga. Adapun bentuk pelaksanaan kegiatan diantaranya yang sederhana misalnya adanya arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran)

Nah, bagi para sahabat yang saat ini kebetulan sedang membutuhkan contoh seperti apa sih, SK dasawisma ini silahkan dipahami dan bisa di download pada akhir artikel ini.

Latarbelakang dibentuknya pengurus dasawisma yaitu bahwa dalam rangka meningkattkkan kedudukan peran sertta perempuan, sertta upaya memasyarakatkkan dan kesetaraan gender dalam kehidupan bermassyarrakat, berbanngsa dan bernegara perlu melakukan pembentukan kelompok dasawisma untuk seluruh proses pembaanngunan;

bahwa dalamm upaya mengiinspirasiikan pembangunan dimaksud pada huruf a, makkka perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa tenttang Kelompoook Dasawisma Desa

Tugas Pengurus Dasawisma sebagai mana dimaksud diktum KESATU ialah:

1.melakukkan pendataaan ibu hamil, melahirkan, nifas, kelahiran dan kematian bayi & balita;

2.melakukan pendataan lampid (lahir, meninggal, pindah, datang);

3.melakukan penggerrakan kepada anggota dasawisma padda kegiatan kemasyarakkatan;

4.berperan aktif dalam penyamppaian informasi kepada anggota dasawisma dengan mengaksses media sosial TP-PKK dan pusat data dan inforrmasi keluarga:

Segala biaya yang berkennaan dengan pelaksanaan tugas sebagaimanna dimaksud  dibebankan pada Anggaran Pendappatan dan Belanja Desa dan Swadaya Desa.

Keputtuusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabbiila terdapat kekeliruaan didalamnya akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Segala biaya yang berkenaaan dengan pelaksanaan tugas sebagaimana dimmaksud dibebbbankan pada Anggaran Pendapatttan dan Belanja Desa dan Swaddaaya Desa.

Keputusan ini berlaku semenjak tanggal ditetapkkan, dengan ketentuan apabila terdappat kekeliruan didalammnya akan diadakkan perbaikaan sebagaimaana mestinnya.

Demikian lah pembahasan kali ini mengenai free download SK dasawisma, berikut ini adalah dibagikan contoh Surat Keputusan (SK) Kepala Desa tentang Pembentukan Kelompok Dasawisma Desa dengan bisa edit untuk disesuaikan sesuai kondisi daerah masing Desa dan kewenangan desa yang telah diatur dalam perundang-undangan, SK Pembentukan Kelompok Dasawisma Desa bisa sahabat dapat free download secara gratis dalam MEDIABRITA ini. Sekian semoga bermanfaat dan salam merdesa!

Download SK dasawisma desa terbaru