Widget HTML Atas

[YUK SIMAK] Cara Mudah Mengisi Aplikasi EPDESKEL Untuk Desa

Mediabritarakyat -- Pemerintah melalui Kemendagri sudah melaunching aplikasi EPDESKEL beberapa waktu lalu.

Apakah Aplikasi EPDESKEL itu?

Aplikasi EPDESKEL atau epaluasi desa dan kelurahan milik Kemendagri adalah aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan guna menentukan status tingkat perkembangan desa. 

Aplikasi EPDESKEL


Dasar hukum aplikasi EPDESKEL

Pada Aplikasi EPDESKEL ini merupakan alat untuk mempermudah bagi pemerintah desa mengevaluasi diri nya masing-masing seperti diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015.

Hal tersebut telah diamanatkan dalam Permendagri Nomor 81/2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan ini, bahwa setiap desa wajib melakukan penilaian (evaluasi diri) dengan cara mengisi formulir yang sudah ditetapkan sebagaimana Lampiran II Permendagri tersebut.

Aplikasi EPDESKEL Kemendagri sendiri ini dirilis dan dibuat oleh Kementerian Dalam Negeri, merupakan manifestasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa.

Melalui aplikasi ini menggunakan basis web sehingga data yang ditampilkan adalah data real atau data saat ini yang bersifat realtime, kemudahan aplikasi ini bisa diinput kapan, dan dimana saja selama ada jaringan internet. 

Meski begitu, Aplikasi EPDESKEL ini bisa di akses melalui PC atau perangkat mobile. Aplikasi ini menggunakan data base sql dan bahasa pemrograman menggunakan php, karena berbasis web. 

Dalam aplikasi EPDESKEL ini pun telah disesuai dengan ketentuan PMDN 81 Tahun 2015 yang mana ada 3 indikator yang harus diinput dalam aplikasi ini, yaitu indikator Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

Sementara itu, Aplikasi EPDESKEL dapat diakses menggunakan web browser, baik web browser yang berbasis Windows (microsoft edge, Mozzila firefox, google chrome, UC browser, Opera dll) atau berbasis Linux, atau bahkan ios sekalipun (Safari).

Namun, untuk performa kinerja aplikasi ini kami rekomendasikan menggunakan google chrome dan mozzila firefox.

Nah, Untuk mencoba aplikasi ini bisa dibuka di web browser, ketikan di web alamat di http://epdeskel.kemendagri.go.id 

Kami mencoba mengisi dan kemudian dilanjutkan mereview aplikasi ini, cara atau langkah menggunakan aplikasi Epdeskel memang cukup mudah, yang penting mengetahui profil desa. 

Baik tentang secara umum dan khusus terkait desa anda sendiri.

Namun alangkah baiknya sebelum kita mencoba login dan menginput di aplikasi EPDESKEL disarankan membuka lampiran Permendagri Nomor 137 Tahun 2017 tentang kode wilayah Desa dan Kelurahan Tahun 2017, agar kita langsung mengetahuinya.

Pasalnya, kode PUM ini nantinya akan digunakan sebagai user untuk login di aplikasi tersebut. Untuk mudahnya disini kita akan mencoba bersama sama.

Cara mengisi aplikasi EPDESKEL untuk desa

  1. Buka aplikasi browser yang sudah terkoneksi dengan internet, kemudian ketikkan http://epdeskel.kemendagri.go.id
  2. Lalu tampilan aplikasi EPDESKEL akan terbuka, dan diminta memasukkan username dan pasword desa masing-masing.
  3. Kemudian setelah masuk sukses atau login, kita akan masuk ke tampilan awal menu Desa/Kelurahan. Perlu diketahui bahwa kelebihan aplikasi EPDESKEL, jika masuk dengan akun desa maka kuisioner pun akan disesuaikan dengan kuisioner desa tapi kalau kita login sebagai kelurahan maka kuisioner pun akan sesuai dengan jenis pemerintahannya.
  4. Setelah masuk aplikasi EPDESKEL, pilih menu Pengaturan untuk input Data Umum Desa dan SOTK Desa. Seperti nama desa , alamat dan nama perangkat desa yang lengkap termasuk nomer HPnya.
  5. Jika sudah menginput data umum dan SOTK Desa selesai, lalu kita mulai menginput data tentang Evaluasi Perkembangan Desa, pilih Menu Entry Data. Nah disini kita akan dihadapkan beberapa pertanyaan seperti indikator Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.
  6. Kemudian Klik Menu Tambah yang berwarna biru untuk memulai input data, kemudian pilih Tahun untuk mengisi data tahun berapa yang akan diisi.
  7. Klik Indikator yang disamping kiri untuk mengisi indikator mana yang akan pertama kali kita input, setelah di klik indikatornya kita akan diarahkan untuk mengisi kuisioner yang ada dengan cara klik tombol "Radio button" artinya kita hanya tinggal memilih.
  8. Pastikan jawaban kuesioner, sesuai dengan kondisi desa anda sekarang.
  9. Ingat jawaban kuesioner anda akan menentukan kondisi status desa anda, seperti tertinggal, berkembang, cepat berkembang, atau maju dan mandiri.
  10. Jika sudah mengisi semua kuesioner, jangan lupa untuk menyimpannya, klik simpan.
  11. Terakhir untuk melihat hasilnya klik laporan dan cetak. 
  12. Tara....!!!! Penilaian desa pada tahun saat ini akan langsung dinilai.

Demikian uraian cara mengisi Aplikasi EPDESKEL. Semoga bermanfaat salam perangkat desa. Merdesa..!!!