Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Menghindari Hutang dengan Gali Lubang Tutup Lubang Terbaru

Ilustrasi


Mediabritarakyat.my.id
- setidaknya Ada beberapa kebiasaan buruk yang seringkali kita lakukan dalam hal mengelola keuangan. Kebiasaan tersebut antara lain kebiasaan gali lubang tutup lubang dan kebiasaan gaji sudah habis bahkan sebelum waktunya.

Gali lubang tutup lubang adalah peribahasa untuk menggambarkan orang yang membayar hutang dengan cara hutan lagi ke orang lain. Untuk jangka pendek mungkin solusi ini cukup tepat untuk diaplikasikan namun dalam jangka panjang kebiasaan ini akan menjadi duri dalam daging keuangan anda.

Sementara itu kebiasaan gaji sudah habis sebelum waktunya mungkin gak jelek jelek amat kayak gali lubang tutup lubang. Tapi tetap saja kebiasaan ini tidak sehat dan harus dikurangi.

Tips menekan kebiasaan gali lubang tutup lubang

Berikut ini tips tips yang dapat anda aplikasikan untuk menekan kebiasaan gali lubang tutup lubang dan kebiasaan gaji sudah habis sebelum waktunya:

Catat semua pendapatan dan pengeluaran anda.

Sebenarnya membicarakan keuangan terutama pada diri sendiri itu tidak menyeramkan loh. Malah hal ini akan sangat membantu anda ketika keuangan anda sedang susah.

Dengan mencatat semua pendapatan dan pengeluaran anda, anda dapat mengevaluasi kondisi keuangan anda dengan mudah baik dalam evaluasi rutin bulanan maupun evaluasi di saat yang memang dibutuhkan. Contoh ketika anda sedang terlilit hutang, anda bisa melihat catatan keuangan anda dan bisa jadi anda menemukan asuransi yang dapat anda cairkan untuk membantu pembayaran hutang tersebut.

Dalam konteks kebiasaan gaji habis sebelum waktunya, anda bisa menggunakan catatan ini untuk melihat ke mana sajakah anda selama ini membelanjakan uang? Apakah anda sudah membelanjakannya untuk hal hal yang memang anda butuhkan atau banyak uang yang anda keluarkan hanya untuk gaya hidup?. Dengan demikian anda mengerti sektor apa sajakah yang harus dikurangi agar keuangan anda bulan depan lebih baik.

Jadikan pembayaran hutang sebagai prioritas nomor satu dan pilihlah sumber hutang secara bijak.

Hutang, terutama hutang kartu kredit harus anda jadikan prioritas utama pengeluaran anda. Sebab jika anda tidak segera membayar hutang tersebut, beban suku bunga hutang akan membuat hutang anda membengkak.

Kalaupun anda melakukan pinjaman dari sanak saudara, anda tetap harus membayar hutang anda sesegera mungkin. Karena hutang kepada sanak saudara yang tidak segera dibayar berisiko pada hubungan anda dan saudara anda tersebut.

Selain itu anda juga harus memilih sumber hutang secara bijak. Saat ini banyak pinjaman pinjaman online yang memiliki suku bunga sangat tinggi dan tidak terdaftar secara legal di OJK.

Menurut pengalaman penulis dan rekan penulis, anda dan sanak saudara anda akan dihubungi terus menerus dan bahkan dicaci maki oleh pihak pengelola pinjol. Padahal suku bunga pinjol umumnya diatas suku bunga bank dan terus berkembang dari hari ke hari.

Seperti yang telah disebut diatas, hutang disini bukan hanya hutang dalam arti literal seperti meminjam uang pada teman,, melainkan juga hutang dalam bentuk kartu kredit. Salah satu cara untuk menghindarkan anda dari tutup lubang gali lubang adalah dengan memakai fasilitas kredit dan pay later (bayar nanti) untuk barang barang yang memang sangat anda butuhkan atau barang barang yang anda gunakan sebagai alat produksi seperti motor jika anda ingin daftar menjadi Ojol atau Laptop jika pekerjaan anda memang menuntut laptop baru.

Pahami kebiasaan anda menggunakan uang serinci mungkin

Cara menghindari anda gali lubang tutup lubang

Salah satu cara untuk menghindarkan diri anda dari gali lubang tutup lubang adalah dengan cara memahami kebiasaan anda memakai uang sedetail mungkin. 

contoh kebiasaan kecil buruk berdampak hutang Gali Lubang Tutup Lubang

  1. Kebiasaan langsung belanja setelah gaji cair;
  2. Kebiasaan menggunakan kartu kredit atau uang cash sebagai alat pembayaran;
  3. Kebiasaan belanja sambil memegang catatan belanja atau tidak;
  4. Kebiasaan mencatat daftar belanjaan setelah belanja ada atau tidak;
  5. Kebiasaan membayar hal hal penting seperti membayar hutang, membayar uang kost atau KPR;

Kebiasaan menabung.

Setelah anda mengerti kebiasaan anda tersebut, pilihlah mana kebiasaan jelek yang harus anda hilangkan demi kemampuan membayar hutang yang lebih besar.

Hidup dibawah kemampuan anda

Pernahkah anda merasa bahwa semakin tinggi pendapatan anda maka semakin besar pula pengeluaran anda?. Jika memang anda merasa demikian, maka alangkah baiknya jika anda mulai untuk menerapkan kebiasaan hidup dibawah kemampuan anda.

Artinya jika pendapatan anda naik dari Rp. 1.500.000.,00/bulan ke Rp. 3.500.000.,00/bulan maka gaya hidup anda lebih baik sama seperti ketika pendapatan anda Rp. 1.500.000.,00/bulan. Mungkin bisa lebih sedikit misal dari yang awalnya hanya makan di luar sebulan empat kali menjadi sebulan lima kali atau enam kali selama peningkatan gaya hidup tersebut tidak terlalu berlebihan.

Dapatkan pendapatan tambahan

Cara terakhir untuk menghindarkan anda dari gaya hidup gali lubang tutup lubang adalah dengan cara mendapatkan pendapatan tambahan. Cara ini bisa anda gunakan untuk menghindari penambahan hutang sekaligus bisa anda pakai untuk memperbesar kemampuan anda membayar hutang.

Pendapatan tambahan ini bisa anda peroleh dengan berbagai cara seperti menjual barang bekas d irumah anda sampai menjadi pekerja lepas (freelancer). Terlebih saat ini sudah banyak laman laman yang memfasilitasi anda untuk menjual barang bekas dirumah anda dan memfasilitasi anda untuk menjadi pekerja lepas.

Anda tidak perlu risau soal waktu. Mungkin anda akan dibayar sedikit lebih rendah daripada yang seharusnya, tetapi anda bisa mengerjakan pekerjaan tersebut kapanpun dan di mana pun yang anda mau termasuk sepulang anda bekerja atau di akhir minggu.

Mengusahakan kebiasaan kebiasaan yang baik untuk menjaga keuangan kita ttap sehat bisa jadi memang susah dan perlu waktu. Namun perlu diingat bahwasanya susah bukan berarti tidak bisa dan tidak ada salahnya membicarakan keuangan kepada diri anda sendiri maupun pasangan anda. Selamat Mencoba!

Artikel Terkait

Dikenal Sebagai Cara Melunasi Utang, Apa itu Debt Snowball?

Cara Melunasi Utang Menggunakan Strategi Debt Stacking

Tip-Tip Tetap Bertahan Menghadapi PHK

Mengapa Beberapa Bisnis Lebih Berhasil Dibandingkan Yang Lain?

Sumber : https://www.simulasikredit.com/cara-menghindari-gali-lubang-tutup-lubang/