Widget HTML Atas

Cara Mudah Pengisian DDK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA

Cara Mudah Pengisian DDK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA

Cara Mudah Pengisian DDK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA
Cara Mudah Pengisian DDK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA

Halo sahabat pembaca mediabrita selamat datang, baiklah pada postingan kali ini kami akan sedikit berbagi tutorial mengenai Cara Mudah Pengisian DDK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA.

Seperti diketahui bersama bahwa aplikasi PRODEKSEL ialah merupakan kepanjangan dari profil desa dan kelurahan. 

Sedangkan PRODESKEL sendiri ialah Sistem Informasi dengan validitas yang akurat sebagai salah satu sistem perencanaan perujukan dalam pembangunan desa dan kelurahan pada semua sendi pembangunan yang ada di desa dan kelurahan.

Hal tersebut telah diatur sebagaimana dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, dalam pasal 86 dikatakan bahwa Pemerintah pusat yakni Pemeritahan Provinsi memberikan fasilitas ke pihak pemeritah desa untuk semua pendayagunaan serta sumber daya desa dan kelurahan dengan menyajikan sebuah profil desa dan kelurahan atau PRODESKEL.

Cara Mudah Pengisian DDK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA

Tak hanya itu saja, peraturan tersebut tentunya sesuai sudah diatur oleh Permendagri Nomor:12 Tahun 2007.

Tujuan dan manfaat PRODESKEL 

Adapun tujuan dan manfaat dengan adanya PRODESKEL ialah sebagai berikut;

Profil Desa dan Kelurahan merupakan informasi penting dgn meliputti data ygn ada di desa dan kelurahan seperti kependudukan dan beberapa peranan keberadaan suatu sektor yang mempunyai potensi untuk dikembangkan.

Meningkattkan sumberdaya yang berada diruang lingkup pemeritahan desa PEMDES dan kelurahan makanya bakalan menjadi motivasi bagi kelanjutan investasi desa dan kelurahan.

Pengembangan sumber daya alam yang ada di Desa dapat mudah ditingkatkan lebih maksimal, seperti pada suatu desa mempunyai potensi sumber alam berupa kampungnya pengrajin bambu maka pemeritahan desa di sisi lain harus bisa menargetkan suatu badan agar sebutan kampung pengrajin bambu, dan hal ini akan menjadi pariwisata, hal itu selain tempat mencari nafkah untuk warga juga akan mempunyai nilai lebih sebagai pemasukan keuangan dengan tambah bidang usaha kepariwisataan.

Pengembangan sumber daya alam yang berada dan tingkat tercapainya keberhasilan didukung semua pihak dalam melakukkan pembangunan yg kesinambungan.

Nah, untuk itu pengisian data-data penting dalam aplikasi PRODESKEL ini harus segera diisini dengan baik. Namun kali ini untuk pengisian aplikasi PRODESKEL merupakan salahsatu syarat dalam pengajuan pencairan Penghasilan Siltap (SILTAP) perangkat desa.

Sehingga, bagi desa yang belum mengisi data pada aplikasi PRODESKEL ini harus cepat mengingat waktu yang dibutuhkan sudah dekat.

Maka dari itu, kami akan berusaha memberikan Cara Mudah Pengisian DKK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA, karena terbukti pada hitungan jam sudah bisa menginput sampai ratusan bahkan sampai ribuan Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga.

Penasaran yuk simak berikut ini penjelasannya!

Aplikasi SIDEKA

Bagi sebagian desa mungkin ada yang sudah mengenal adanya aplikasi milik BP2Dk ini yakni SIDEKA atau singkatan dari Sistem Informasi Desa dan Kawasan. Selain Itu, Aplikasi Sideka-NG merupakan aplikasi yang dibangun oleh Kementerian Kominfo untuk meningkatKkan pelayanan dan transformasi digital terhadap pemerintahan desa danadapat mendorong tata kelola desa melalui pemanfaaatan TIK.

Dilansir dari laman resmi dashboar dengan alamat https://monitor.sideka.id/ sudah hampir 7.268 Desa yang sudah bergabung dengan aplikasi SIDEKA di seluruh Indonesia. 

Nah bagi desa anda yang sudah bergabung dengan aplikasi SIDEKA dapat mudah dalam melakukan proses input DDK atau data keluarga dengan mudah dan cepat.

Pasalnya, dalam aplikasi SIDEKA terdapat sebuah layanan data yang sudah diinput dalam aplikasi SIDEKA dapat langsung di Sinkronkan dengan aplikasi PRODESKEL.

Kemudahan lainnya dalam Aplikasi SIDEKA yakni, untuk proses data kependudukan misalnya memiliki layanan bisa langsung IMPORT data file EXEL. Sehingga data kependudukan yang sudah dimiliki masing-masing desa berupa file Ms EXEL bisa langsung di Import ke Aplikasi SIDEKA.

Yuk mending langsung saja praktekkan Cara Mudah Pengisian DKK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA.

Cara Mudah Pengisian DDK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA

Aplikasi SIDEKA

Pertama, siapkan file Ms Exel data kependudukan masing-masing desa. Format susunan bisa diambil disini, harus sesuai karena akan error saat import jika tidak sesuai. AMBIL DISINI.

Kedua, Buka aplikasi SIDEKA milik desa masing-masing, kemudian masukan username dan pasword. Jika belum mempunyai silahkan ambil disini https://github.com/ghk/sideka-electron/releases/download/v2.2.0/Sideka-Setup-2.2.0.exe namun perlu di ingat silahkan di update dahulu karena SIDEKA sudah versi 2.3.6

Ketiga, Klik kependudukan lalu pilih ekspor dan masukan file Ms Exel data kependudukan desa anda.

Keempat, kalau sudah terupload semua data kependudukan anda, silahkan cek keseluruhan jumlah datanya sama atau tidak dengan file Ms Exel anda.

Kelima, Jika sudah masuk semua data kependudukan anda, silahkan klik di bawah ada yang namanya PRODESKEL.

Aplikasi SIDEKA

Keenam, jika sudah kemudian klik bagian atas Login PRODESKEL dengan cara memasukan username dan pasword Prodeskel desa anda.

Ketujuh, jika sudah maka akan tampil bagian atas ada tombol SINKRONISASI dan SINKRONISASI SEMUA, tinggal pilih saja sinkronisasi semua, kalau ingin semua data di upload ke PRODESKEL.

Kedelapan, Tunggu sampai proses sinkronisasi selesai. Jangan membatalkan ketika proses berlangsung karena akan membuat data anda tidak akan sesuai atau error.

Catatan : ketika proses sinkronisasi selesai kemudian cek di aplikasi PRODESKEL, disana akan disebutkan sumber data upload misalkan sumber data dari SIDEKA.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Mudah Pengisian DKK Otomatis PRODESKEL Melalui Aplikasi SIDEKA, jika anda kurang memahami silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Akhir kata semoga bermanfaat dan salam merdesa!