Widget HTML Atas

Jangan Anggap Sepele, Inilah 2 Penyebab Mesin Motor Sahabat Ngejim/Macet, Sehingga Tak Dapat Diengkol

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA ketika sahabat mempunyai sepeda motor kendaraan bermotor beroda 2 alangkah baiknya lebih dahulu memahami bagaimanakah cara sepele dalam merawat sepeda motor.

Maka dari itu, janganlah dianggap sepele apa yang terjadi pada sepeda motor kita, pasalnya kalau yang sering di pakai sebagai penunjang kegiatan harian rusak/ mogok ditengah perjalanan apalagi ketika jauh dari rumah, tentulah hal ini bakal merepotkan dalam perjalanan kegiatan tersebut. Sungguh terlalu!

Banyak faktor hal tersebut bisa terjadi yuo, salahsatu nya dikarenakan jarangnya perawatan, bisa bisa mesin sepeda motor sahabat itu dapat macet atau biasa disebut ngejim.

Sebagaimana MEDIABRITA artikel yang ditayangkan oleh otojurnalisme.com yang memiliki judul "Penyebab Motor Ngejim Tidak Bisa Diengkol ", yuk pahami apa saja dengan kejadian seperti itu:

Terlepas kita sebagai oran awan soal mesin, namun kita bisa menemukan dengan ciri khas ketika motor bakal ngejim/macet awal mulanya ditandai dengan suara mengelitik terlebih dahulu, kemudian baru terdengar suara seperti tumpukan besi yang saling beradu, juga parahnya bakal disertai dengan matinya mesin motor.

Jangan Anggap Sepele, Inilah 2 Penyebab Mesin Motor Sahabat Ngejim/Macet, Sehingga Tak Dapat Diengkol

Ketika hal ini terjadi biasanya juga motor tidak bakal lagi merespon apabila sahabat mau menghidupkan motor kembali.

Pasalnya, menurut laman resmi Ate Breaker, hal tersebut karena kruk as tidak dapat bergerak samasekali sehingga membuat komponen  mesin yang lainnya ikut diam, lain ceritanya jika terjadi pada beberapa motor matic lawas, starter elektrik ada yang masih bisa bekerja karena terpisah, akan tetapi kompresi yang hilang membuat motor itu tetap tidak dapat hidup.

Nah pada biasanya, macet ini terjadi pada komponen piston, pen piston dan silinder, bahkan ada juga beberapa komponen pada bagaian head ikut rusak juga 

Perlu diketahui bersama, bahwa kejadian macet atau ngejim ini dapat di akibatkan salahsatunya oleh pelumasan yang tidak optimal pada bagian mesin, bisa karena oli seret, ataujuga kendaran roda dua / motor sahabat mengalami overheat. Akan tetapi, oli seret umumnya yang menjadi tersangka utamanya.

Pasalnya, jika oli habis, gesekan antar komponen piston dan dinding silinder terjadi meningkat, hingga dapat menyebabkan panas yang berlebih.

Tidak sampai disitu juga, pen piston yang semestinya berguna mendukung gerak piston juga terhambat.

Sebagai akibat tidak adanya pelumasan dari oli, gesekan piston semakin membesar dan memperlambat lajunya, yang pada puncak tertingginya dapat merusak dinding silinder.

Mah, Pabila sudah terjadi begitu, halnyang dimungkinkan ada 2, yaitu pertama dinding silinder ambrol, yang kedua bagian piston yang tergerus. Sehingga disana terjadi adanya mesin macet.

Penyebab utama mesin macet pada umumnya terjadi oleh seret nya oli mesin.

Karena pada prinsipnya Oli mempunyai tugas sebagai melumasi setiap komponen mesin, dengan tujuan mengurangi gesekan antar komponen.

Selain itu juga, oli juga mempunyai tugas tuk mencegah suhu tinggi pada mesin motor.

Maka dari itu apabila oli kurang atau habis, berakibat gesekan antar komponennya semakin meningkat.

Terutamanya di bagian silinder dan piston yang akan sangat membutuhkan oli.

Selain adanya akibat dari seret, disinyalir oli yang tidak naik ke bagian head dan silinder juga dapat menjadi hal lainnya mesin mati.

Ini umumnya diakibatkan pompa oli yang tidak berfungsi seperti biasanya, atau dapat juga lubang/jalur oli tersendat oleh kotoran.

Kemudian hal lainnya adanya kelebihan suhu panas (overheat) diduga juga dapat menjadi salahsatu faktor penyebab mesin mati, karena overheat dapat meningkatkan gesekan antar komponen mesin. Sumber: Jabodetabek.pikiran-rakyat