Widget HTML Atas

√9 Langkah Pertolongan Pertama Ketika Mobil Mogok di Perjalanan Bagi Pemula, Dijamin Work!

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA , Dunia ini terasa sempit ketika di perjalanan entah itu sedang liburan, pelesir atau sedang dalam tugas kantor, tiba-tiba mobil mogok.

Lalu apa saja langkah pertama jika hal tersebut terjadi kepada sahabat?

Setelah membaca artikel di MEDIABRITA semoga sedikitnya bakal mencerahkan apa saja pertolongan pertama ketika mobil mogok di perjalanan terutama kita yang masih pemula atau awam.

Dengan adanya sedikit penjelasan di MEDIABRITA ini diharapkan sahabat tidak terlalu panik, apalagi jika mobil mendadak mogok di tengah jalan hutan- hutan yang jarang ada perumahan warga.

Setelah membaca langkah pertolongan pertama ketika mobil mogok ini, silahkan sahabat dapat mencoba berikut langkahnya untuk segera dipraktekkan sebagai berikut diantaranya:

1. Buruan Dorong Mobil ke Pinggir Jalan

Langkah pertama ini ketika mobil mogok tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Hal pertama ini penting dilakukan supaya tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, juga demi keselamatan baik sahabat maupun pengendara lainnya.

Lantas, apabila mobil mendadak mogok di tengah malam hari, alangkah baiknya nyalakan lampu hazard maupun penerangan lainnya. 

Hal ini bertujuan untuk memberikan tanda bahwa ada kendaraan yang mengalami masalah sehingga pengendara lain bakal lebih berhati-hati saat melintas. 

Jika terjadi siang harinya dapat memasang segitiga pengaman sebagai tanda darurat di bagian depan dan/atau belakang mobil dengan kira-kira jarak sekitar 3-10 meter maupun sebelum tikungan pabila mogok di jalanan berliku liku.

2. Segera Periksa Lampu Indikator 

Hal ini penting untuk Mengetahui Kondisi Mobil dengan mengecek lampu indikator mobil yang menjadi satu dengan speedometer mobil (odometer). 

Adapun Lampu indikator memuat banyak simbol, baik itu simbol aki, air radiator, oli, rem, bahan bakar, mesin, dan lainnya.

Nah, biasanya, lampu indikator bisa memberikan sahabat informasi apa ada kerusakan pada mesin, suhu radiator atau terlalu tinggi, bahan bakar habis, atau masalah lainnya di aki.

Jika mobil mogok karena mesin mengalami overheat, langkah nya tunggu selama beberapa waktu hingga suhu mobil jadi dingin. Lalu buka tutup radiator dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika oli habis lakukan hal yang sama, pabila ternyata masalah mobil mogok disebabkan oleh oli yang habis.

Sementara itu jika mobil mogok dikarenakan kehabisan bahan bakar. 

Sama hal ini ditandainya dengan indikator bensin yang tidak naik. 

Kemudian cek kembali terdapat tanda F atau E merah pada mobil. Fungsi indikator ini ialah untuk menampilkan jumlah sisa bahan bakar yang tersedia pada suatu mobil. 

Selain itu dilihat dalam bentuk indikator jarum, pada beberapa mobil, indikator bensin juga hadir dalam bentuk digital yang dibekali dengan tanda huruf F atau E. Huruf F menandakan Full. Sementara, huruf E menandakan Empty atau sisa bahan bakar pada mobil yang sudah mulai menipis.

√9 Langkah Pertolongan Pertama Ketika Mobil Mogok di Perjalanan Bagi Pemula, Dijamin Work!

3. Periksa Ketinggian Level Air Aki dan Kabel Aki

Apabila penyebab mobil mogok disebabkan oleh masalah pada aki, ketika mesin sudah dingin periksa level air aki dan kabel aki. 

Air aki yang kurang tinggi atau kurang penuh dapat mengakibatkan mesin tidak dapat menyala dengan baik.

Sehingga sahabat perlu mengganti atau mengisi ulang dengan air aki. Catatan, jangan pernah mengisi aki dengan air mineral ataupun air keran karena bisa merusak aki.

Kemudian, periksa kembali jika kabel aki mengalami kelonggaran atau kotor. 

Kencangkan kabel yang kendor dan bersihkan kabel. Kabel aki yang longgar dapat juga membuat aki jadi tidak mengisi dan tidak berfungsi secara optimal. 

Sebagai solusi lainnya jika mesin mobil masih tidak dapat distarter ialah dengan mengecas aki terlebih dulu, dapat didorong atau dipancing memakainya aki dari mobil lain.

4. Cek Sikring yang Terhubung dengan Mesin

Mesin mobil yang mendadak mati ketika sahabat melepas gas dapat disebabkan oleh sikring yang putus atau longgar. 

Sehingga Sikring yang terhubung dengan mesin apabila putus tidak dapat menyallakan mesin ketika sahabat memutar kunci kontak pada posisi on. 

Meskipun demikian umumnya masalah ini cenderung lebih sering terjadi pada mobil yang telah berusia lama, akan tetapi bukan berarti hal ini tidak dapat terjadi pada mobil barumu.

Biasanya, putus sikring ini terjadi karena disebabkan oleh tegangan arus listrik ke bagian koil mengalami penurunan drastis sehingga dapat berakibat proses pembakaran tidak berjalan sempurna. 

Alhasil pada pemantik api ini sulit memperoleh aliran listrik dan tidak mampu membuat mobil bekerja. Langkahnya silahkan sahabat kencangkan sikring yang longgar atau ganti dengan sikring baru untuk mengatasinya.

5. Periksa Pompa Bensin dan Karburator

Adapun pompa bahan bakar yang mati tentulah tidak bakalan bisa menghidupkan mobil, biasanya hal ini sering ditunjukkan pada indikator yang terletak di sebelah speedometer dengan nada terlihat oleh mata, bunyi dan lampu yang berkedip-kedip. 

Tak hanya itu saja pompa bensin, karburator juga dapat menjadikan penyebabnya, di karenakan banjir yang menyebabkan busi menjadi basah. Pasalnya Karburator merupakan komponen yang cukup penting di mesin mobil.

Dalam memperbaiki karburator, Sahabat mestinya membongkar dan membersihkannya, juga dapat membuang bensin yang ada di dalam karburator melalui baut pembuangan nya. 

Tidak hanya banjir saja, kekurangan bahan bakar juga dapat memicu masalah pada bagian karburator yang menyebabkan proses pembakaran tidak bisa berjalan sempurna. Klep yang terlalu kotor juga dapat menghambat aliran bahan bakar menuju ke karburator.

6. Bersihin Busi dan Kabel Busi

Apabila busi yang kotor dan kabel busi yang melonggar adalah salahsatu penyebab mobil jadi mogok, langkah utamanya sahabat mesti membuka semua busi. 

Layaknya menjadi penyebab busi motor yang hitam dan basah, sahabat jika diperlukan membersihkan busi mobil jika kotor dan cek kabelnya. Jangan lupa Kencangkan busi Pabila mengalami kelonggaran. 

Dalam membersihkan busi yang telah terlanjur kotor dapat memakai kunci busi kemudian siram bagian kepala busi dengan bahan bakar bensin sedikit saja. Lalu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat sampai dengan bersih. 

Lalu jika masih ada, siram kembali busi dengan bensin untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut.

Kemudian akhirnya, semprot busi dengan kompresor dan keringkan. Jika telah dirasa sudah kering, coba cek apakah masih bisa mengeluarkan api atau tidak. Jika api yang muncul masih bagus, berarti sahabt dapat Masih menggunakannya. 

Perlu dicatat, jangan merendam busi dengan bensin pasalnya dapat mengikis elektroda pada busi dan membuatnya cepat rusak. Juga mesti dipahami, untuk menghindari bersihkan busi dengan mengamplas bagian elektroda atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi pasalnya dikarenakan dapat membuatnya jadi cepat mati. Hal penting lainnya segera ganti busi pabila memang sudah mati atau tidak dapat memunculkan api lagi 

7. Cek Kondisi Koil Mobil

Rusaknya Koil mobil memang tidak terlalu sering mengalami masalah, bisa juga jika kabel putus atau lepas dari soket. Lalu koil juga bisa lemah dan akibatnya mati atau kurang setrum Pabila sudah keadaan panas dan bakal kembali normal ketika suhunya mendingin. 

Koil sendiri merupakan bagian dari sistem pengapian mesin yang mempunyai fungsi untuk menaikkkan tegangan dari aki dan diteruskan ke busi agar supaya dapat menghasilkan percikan bunga api di ruang bakar. Hal tersebut juga mampu menjadi salah satu tanda mobil mogok yang perlu buru-buru diperbaiki.

8. Dinamo Starter untuk Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan

Apabila penyebab mobil mogok yang sahabat alami bukanlah dikarenakan kondisi aki, koil, atau kehabisan bahan bakar, adapun bisa dimungkinan besar problemnya ada pada dinamo starter. Sahabat dapat mengecek terlebih dulu kabel yanng menyambunggkan dinamo starter dan periksa takutnya ada yang lepas. Lantas, apabila lampu indikator aki masih menyala ketika mesin hidup, itu mepunyai tanda tandanya dinamo tidak dapat mengisi. Oleh karena itu sahabat perlu buru-buru memperbaiki pasalnya dikhawatirkan tidak bakal muncul setrum aki.

9. Hubungi Mobil Derek dan Asuransi

Langkah terakhir yang dapat sahabat lakuin dan jalan buntunya yakni dengan menghubungi jasa derek terpercaya. Dengan menyimpan nomor jasa derek ini terbilang penting pasalnya supaya dapat membantu sahabat ketika sewaktu-waktu alami mobil mogok. 

Demikianlah pembahasan kali ini terkait tips atasi mobil mogok tiba-tiba di jalan, bagi kita yang masih pemula dan masih awam dengan mesin mobil nya.

Dengan mengenali terlebih dahulu yang menjadi penyebabnya, semoga bisa mengatasi sendiri dan kadang kala tidak menjadi sebuah kepanikan dikarenakan kita bisa mendeteksi terlelbih dahulu.

Sekian sahabat pembaca MEDIABRITA, disarankan setiap bepergian yang jauh agar selalu memastikan mobil dengan kondisi baik sebelum memakainya. Jika dirasa mampu silahkan sahabat bisa memakai jasa asuransi mobil terbaik di Indonesia. 

Pasalnya ada banyak manfaat dengan kita mengikuti asuransi kesehatan, asuransi mobil dapat memberi perlindungan dengan menanggung ganti rugi yang sahabat derita seperti kejadian tidak terduga kecelakaan atau bahkan pencurian mobil.