Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download, Contoh Tata Tertib Musrenbang Desa RKP Desa 2022

Download, Contoh Tata Tertib Musrenbang Desa RKP Desa 2022

Download, Contoh Tata Tertib Musrenbang Desa RKP Desa 2022
Contoh Tata Tertib Musrenbang Desa RKP Desa 2022

Halo Sahabat pembaca MEDIABRITA pada postingan kali ini kami akan membagikan Download, Contoh Tata Tertib Musrenbang Desa RKP Desa 2022

Namun sebelum sahabat pembaca MEDIABRITA mendownload nya alangkah baiknya simak dahulu kutipan dari isinya, sedangkan jika Sahabat berminat silahkan download dibawah artikel ini.

Sementara itu, perlu diketahui bersama bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang selanjutnya disebut Musrenbang Desa adalah musyawarah antara BPD, Pemerintah Desa, dan unsur masyarrakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhhan Pembangunan Desa yang didanai oleh anggaran pendapattan dan belanja Desa, swadaya masyarakat Desa, dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten atau kota.

Nah, ketika tahapan persiapan musrenbang Desa dalam penyusunan prioritas kegiatan tahun 2022, panitia pelaksana musrenbang Desa dapat menyiapkan draft awal terkait tata tertib musrenbang Desa.

Karena, Penyepakatan mekanisme pelaksanaan Musrenbang Desa RKP Desa, bisa meliputi diantaranya sebagai berikut;

Pelaksanaan Musrenbang Desa dipimpin oleh Sekretaris Desa. Ketika Sekretaris Desa berhalangan hadir, harus memberitahukan ketidakhadirannya dengan alasan yang benar untuk selanjutnya diinformasikan kepada peserta Musrenbang Desa, dan posisi pimpinan Musrenbang Desa dapat digantikan oleh unsur perangkat Desa lainnya. Adspun dalam pelaksanaan Musrenbang Desa dipandu oleh ketua Panitia;

Sekretaris Musrenbang Desa adalah unsur perangkat Desa, kader atau Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD);

Panitia melakukkan pendaftaran peserta. Peserta yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Desa diwajibkan mengisi dan menandatangani daftar hadir;

Syarat Musrenbang Desa dimulai dan dibuka apabila peserta yang hadir telah memenuhi 2/3 (dua per tiga) dari peserta yang diundang, dan atau telah disepakati oleh para peserta Musrenbang Desa;

Panitia membaccakan susunan acara sebelum Musrenbang Desa;

Kemudian, Pimpinan musyawarah meminta persetujuan seluruh peserta yang hadir perihal susunan acara dan peserta musyaawarah berrhak mengajukan keberatan dan usulan perbaikan; dan

Jika susunan acara Musrenbang Desa sudah disetujui oleh peserta, sehingga musyawarah dapat dilanjutkan dipimpin oleh pimpinan Musrenbang Desa.

Dalam Tata Tertib Musrenbang ini yang dimaksud dengan:

Kewenangan yang dimiliki Desa meliputi diantaranya sebagaimana kewenangan di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa berdasarkan Kewenangan Hak Asal-Usul, Kewenangan Lokal Berskala Desa, dan Kewenangan lainnya yang ditugaskan kepada Desa. 

SDGs Desa ialah merupakan upaya terpadu Pembangunan Desa untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Prioritas program dan kegiatan ialah program dan kegiatan sesuai bidang sebagaimana tertera dalam rancangan RKP Desa tahun 2022 yang sudah tersusun peringkatnya berdasarkan hasil musyawarah mufakat ataupun melalui pemeringkatan penilaian.

Penyusunan prioritas program dan kegiatan ialah menyusun pemeringkatan program dan kegiatan sesuaai denggan skala prioritas yang mengacu pada kriteria sebagai berikut:

Kewenangan Desa.

Kewenangan yanng dimiliki Desa meliputi kewenangan di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa, dan Pemberdayaan Masyarakat Desa berdasarkan Kewenangan Hak Asal-Usul, Kewenangan Lokal Berskala Desa, dan Kewenangan lainnya yang ditugaskan kepada Desa.

Kesesuaian Laju Pencapaian SDGs Desa.

Penyesuaian prioritas pembangunan Desa berdassarkan hasil pencapaian SDGs Desa.

Kesesuaian dengan perencanaan kabupaten atau kota.

Penyesuaian prioritas pembangunan Desa berdasarkan tema pembangunan kabupaten yang dituangkan dalam prioritas dan sasaran pembangunan.

Ketersediaaan Sumber daya lokal Desa.

Penyesuaian priorritas pembangunan Desa berdasarkan ketersediaan sumber daya alam dan sumber daya manusia di desa.

Kesesuaian dengan prioritas penggunaan Dana Desa (khusus kegiatan yanng bersumbner dari DD dan mengacu pada Permendesa, PDTT tentang Pengunaan DD ialah penyesuaian prioritas pembangunan Desa berddasarkan prioritas pengunaan Dana Desa yang diatur pada Permendesa, PDTT.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Download, Contoh Tata Tertib Musrenbang Desa RKP Desa 2022, bagi sahabat yang saat ini sedang membutuhkan, dapat men download nya dibawah atau akhir postingan kali ini. Akhir kata kami ucapkan, Semoga bermanfaat dan salam merdesa! Source;ciptadesa

Download, Contoh Tata Tertib Musrenbang Desa RKP Desa 2022 DISINI