Widget HTML Atas

Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021

Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pad postingan kali ini kami berusaha menyediakan mengenai Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021.

Pasalnyanya, tepatnya pada tanggal 17 Juli 2021, kota palangkaraya bakal memperingati hari jadinya yang ke-64 Tahun.

Namun, sahabat sebelum itu alangkah lebih baiknya sahabat mengenal terlebih dahulu sejarahnya Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dilansir web resminya https://palangkaraya.go.id/selayang-pandang/sejarah-palangka-raya/ Provinsi Kalimantan Tengah terbentuk melalui proses yg cukup panjang, dan mencapai puncak-nya pada tanggal 23 Mei 1957 dengan dikuatkan dengan Undang-Undang Darurat Nomor 10 tahun 1957, yaitu tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah. 

Semenjak itu Provinsi Kalimantan Tengah resmi ,menjadi daerah otonom, juga sekaligus sebagai hari jadi / HUT Provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk tiang pertama Pembangunan Kota Palangka Raya dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia SOEKARNO tepat pada tgl 17 Juli 1957 dengan ditandainya peresmian Monumen/Tugu Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah di Pahandut yang mempunyai makna.

Selain itu juga, hari jadi kota palangkaraya dengan angka 17 itu melambangkan hikmah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, lalu ada Tugu Api berarti api tak kunjung padam, semangat kemerdekaan dan membangun, sedangkan ada Pilar yang berjumlah 17 berarti senjata untuk berperang, Segi Lima Bentuk Tugu melambanggkan Pancasila yg mengandung arti yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021
Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021

Kemudian, menurut UU No. 21 Tahun 1958 Ibu Kota Provinsi yang dulunnya Pahandut kini berganti nama dengan Palangka Raya.

Sejarah Palangka Raya

Sejjarah pembenttukan Pemerintahan Kota Palangka Raya ini merupakan bagiian integral dari pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah sesuai dengan Undang-Undang Darurat Nomor 10 Tahun 1957, lembaran Negara Nomor 53 berirkut penjelasannnya (Tambahan Lembaran Negara Nomor 1284) berlaku sejak tanggal 23 Mei 1957.

Kemudian selanjutnya disebbut Undang-Undang Pembentukan Daerah Swatantra Provinsi Kalimantan Tengah. Menurutt Undang-Undang No.21 Tahun 1958, Parlemen Republik Indonesia tangggal 11 Mei 1959 mengesahhkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959, yg menetapgkan pembagian Provinsi Kalimantan Tengah dlm 5 (lima)Kabupaten dan Palangka Raya sebagai Ibukotanya.

Nah, dgn berlakunya Undang-Undang No.27 Tahun 1959 dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tanggal 22 Desember 1959 Nomor : Des. 52/12/2-206 tersebutt, maka ditetappkanlah pemindahan tempat dan kedudukan Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah dari Banjarmasin ke Palangka Raya, hal itu terhitung sejak tanggal 20 Desember1959. 

Yang kemudian, Kecamatan Kahayan Tengah yg mempunyai kedudukan di Pahandut secarra bertahap mengalami perubahan dgn mendapat tambahan tugas dan fungsinya, yaitu mempersiiapkan Kotapraja Palangka Raya. Kahayan Tengah ini dipimpiin oleh Asisten Wedana, yg pada waktu itu dijabat oleh J. M. NAHAN.

Dengan adanya Peningkatan secara berrtahap Kecamatan Kahayan Tengah terrsebut, lebih nyata lagi setelah dilantikknya Bapak TJILIK RIWUT sebagai Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah pada tgl 23 Desember 1959 oleh Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI), dan Kecamatan Kahayan Tengah di Pahandut dipinndahkan ke Bukit Rawi yaitu 11 Mei 1960, dibentuk pula Kecamatan Palangka Khusus Persiapan Kotapraja Palangka Raya, yang dipimpin oleh J.M. NAHAN. 

Selanjutnya sejak tanggal 20 Juni 1962 Kecamatan Palangka Khusus Persiapan Kotapraja Palangka Raya dipimpin oleh W.COENRAD dengan sebutan Kepala Pemerintahan Kotapraja Administratif Palangka Raya.

Seiring dengan adanya Perubahan, peningkatan dan pembentukan yng dilaksanakan tuk kelengkapan Kotapraja Administratif Palangka Raya ini kemudian membentuk 3 (tiga) Kecamatan, dinataranya sebgai berikut:

  1. Kecamatan Palangka di Pahandut.
  2. Kecamatan Bukit Batu di Tangkiling.
  3. Kecamatan Petuk Katimpun di Marang Ngandurung Langit.

Kemudian pada awal-awal tahun 1964, Kecamatan Palangka di Pahandut dippecah menjadi 2 (dua) kecamatan, yakni:

  1. Kecamatan Pahandut di Pahandut.
  2. Kecamatan Palangka di Palangka Raya

Nah, sehingga dengan adanya hal tersebut Kotapraja Administratif Palangka Raya telah mempunyai 4 (empat) Kecamatan dan 17 (tujuh belas) kampung, hal ini berarti ketentuan serta persyaratan utk mjd satu Kotapraja yg otonom telah dapat dipenuhi serta disyahkannya Undang-Undang No. 5 Tahun 1965, Lembaran Negara No. 48 tahun 1965 tgl 12 Juni 1965, menetappkan Kotapraja Administratif Palangka Raya, sehingga terbentuklah Kotapraja Palangka Raya yang Otonom.  

Nah, agar lebih lengkapnya terkait sejarah kota palangka raya bisa anda baca di web resminya https://palangkaraya.go.id/selayang-pandang/sejarah-palangka-raya/ hal ini penting, sebagai generasi penerus bangsa, harus mengetahui silsilah berdirinya kota tercinta sahabat ini.

Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021

Kembali kepada topik awal pembahasan yaitu mengenai Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021, maka setelah sahabat mengetahui sejarahnya kini sahabat harus bisa berperan aktif dalam memajukan kota sahabat anda ini, salahsatu hal sederhananya yakni memasang dan membuat Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021, yang kemudian membagikannya di Medsos kesayangan sahabat.

Nah apabila anda masih belum memahami cara membuatnya silahkan disimak dahulu penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat/memasang Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021

1. Silahkan klik link Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64 yang disediakan

2. upload foto sahabat yang terkeren/tercantik he..he.

3. sesuaikan ukuran fotonya, dengan cara mencubitnya apabila anda menggunakan HP/android

4. jika dirasa sudah pas fotonya, lalu download dan siap dibagikan ke medsos sahabat

Setelah anda memahami cara membuat Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, yuk kini langsung dipraktekkan saja sahabat!

Kumpulan Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64

https://www.twibbonize.com/hutkotapalangkaraya2021

https://www.twibbonize.com/hutpalangkaraya

https://www.twibbonize.com/bpbdkotapalangkaraya

https://www.twibbonize.com/hutpalangkaraya2021

https://www.twibbonize.com/ucapanhutpalangkarayapan

Demikiannlah pada ulasan kali ini mengenai Twibbon atau Bingkai Foto Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021, semoga bermanfaat dan selamat ulang tahun atau hari Hari Jadi Kota Palangkaraya ke-64, 17 Juli 2021, salam sukses dan sehat!