Widget HTML Atas

√Tips Menabung yang Benar di Masa Pandemi

√Tips Menabung yang Benar di Masa Pandemi

Halo sahabat pembaca Mediabrita pada postingan kali ini kami akan memberikan sedikit mengenai Tips Menabung yang Baik di Masa Pandemi

Namun sebelum kita ketopik pembahasan terkait Tips Menabung yang Baik di Masa Pandemi, alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa itu menabung, tujuan dan manfaatnya.

Arti dari Menabung merupakan beberapa cara dalam mengelola uang anda dengan mempunyai maksud dan tujuan sebagai persiapan dana-dana cadangan di kelak nanti. Uang Tabungan juga mempunyai peranan cukup penting dalam menjaga stabil atau tidaknya keuangan, apabila anda mengalami hal yang tidak terduga dimasa depan. Nah dalam artian tidak langsung, dengan menabung bisa memperoleh serta mengevaluasi terkaait yang menjadi prioritas dalam maslah keuangan.

Tips Menabung yang Benar di Masa Pandemi
√Tips Menabung yang Benar di Masa Pandemi

√Tips Menabung yang Benar di Masa Pandemi

Ketika anda akan melaksanakan pelaksanaannya menabung sebagai alur keuangan, seperti anda yang baru saja bekerja dan pertama kali menghasilkkan uang. Akn tetapi, pelaksanaan dalam menabung tidak segampang yang anda bayangkan, namun kali banyak manfaatnya demi masa depan anda kelak nanti. Karena belum terbiasabnya dalam menabung.

Dalam menabung kuncinya bukan berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan. Akan tetapi menabung adalah tentang mengubah kebiasaan secara terus-terusan dan terpenting adalah konsistensinya. Ada banyak tips menabung yang mudah anda temui baik di internet, Koran ataupun majalah, akan tetapi hingga ini Anda masih saja mengalami kesulitan dalam menyisihkan uang, coba periksa dan instropkse diri mungkin ada yang salah dengan tips Anda menabung.

Beberapa hal belum tepatnya dalam tips menabung dengan baik, berikut ini yang bisa anda koreksi sejak sekarang, diantaranya.

Apa Rekening Tabungan Sudah Terpisah Dengan Rekening Tabungan Harian Anda

Apbila rekening tabungan milik anda masih menjadi satu dengan rekening tabungan harian anda, hal tersebut bisa dikatakan bahwa cara menabung Anda belum tepat. Dikarenakan dengan masih menjadi satu uang tabungan dan uang belanja akan membuat saldo rekening semakin besar. 

Nah, Hal tersebut justru mendorong dapat mendorong kita untuk melakukan pengeluaran yang lebih besar lagi. Bukannya menabung, yang ada jumlah tabungan makin berkurang karena berbelanja di luar anggaran bulanan anda.

Apa Rekening Tabungan Sudah Stabil

Apbila Anda sudah memiliki rekening tabungan yang sudah terpisah, tahap selanjutnya adalah memastikan bahwa tidak ada aktifitas lain dalam rekening selain menabung. Mempunyai jumlah tabungaan dengan nominal besar dapaat mendorong Anda untuk sessekali membelanjakannya.

Dalam keadaaan darurat dan mendesak, Anda masih dapat memakai uang tabungan. Dengan cataatan nilainya tidak lebih besar dari jumlah yangg Anda tabung setiap bulannya. Apabila tidakk dalam keadaan darurat, akan tetapi Anda masih sering menggunakan uangg tabungan untuk belanja kebutuhan tertsier atauu barang mewah dapat dipastikan ada yang salah dengan cara menabung Anda. 

Jumlah Persentase Tabungan Belum Sepadan

Sebelum menerima gaji, ada baiknya Anda merinci anggaran untuk menentukan porsi tabungan, belanja, dan kegiatan sosiall lainnnya. Nah untuk itu alangkah baiknya Anda sisihkan sekitar 10%-15% utk alokasi tabungan. Idealnya, untuk persentase tabungann tidaak lebih kecil dari persentase tesebut.

Jika naik gajinya lalu adanya tambahan bonus, nilai tabungan maupun persentasennya sebaiknya mengalami kenaikan juga. Apabila nominal uang yanng Anda tabung masih sangat kecil, sementara pendapatann mengalami kenaikan, mungkiin ada yang salah dengan anggaran belanja Anda.

Atur menjadi Automatic Debit ke Rekening Tabungan 

Dikutip dari website GoBankingRates Farnoosh Torabi, ia adalah seorang penulis dan ahli keuangan menunjukan bahhwa menabung dengan cara transfer secara otomatis ilah cara yang paling efektif. Torabi pula merekomendasiikan setidakknya 10% dari gaji Anda sebaiknya ditransfer secara otomatis debet ke rekening tabungan. Sehingga demikian, Anda tidaak akan memiliki alasan lupaa menabung. Hal tersebut juga bertujuan agar menghindari Anda terrgoda untuk membelanjakan pendapatan sebelum dimasukkkan ke dalam tabungan.

Lalu pikirkanlah jumlah transfer dan tanggal transfer secaara konsistenn yang langsung dialihkan ke rekeniing tabungan. Dengan begitu, Anda telah belajar cara untuk disipllin menabung dengan cara mudah.

Mulai dr Jumlah Kecil lebih dulu

Sementara iru, sendiri Menurut Clark Howard, ia juga seorang ahli pakar konsumen, menabuung sebaiknya dimulai dari jumlah yg kecil lebih dahulu akan tetapi harus rutin dilakukan. Tak banyak orang yyang bisa menabung dengan jumlah yang besar, oleh karenanya mulailah dari yang paling kecil.

Apabila Anda belum memiliki kebbiasan dengan mengalokasikan tabungan anda sbesar 20% dari gaji, bisa juga dngn memulai dengan 2% dari gaji. Akan tetpi, pastikan bahwa jumlah persentasennya naik setiap bulan hingga mencapai minimal 20% dari gaji. Bahkan juga Howard mengungkapkan bahwa first jobber haruslah mampu- mampu untuk hidup dari setengah gaji dikarenakan belum mempunyai banyak tanggungan dan pengeluaran.

Biasakan Mengumpulkan dan Menyimpan Uang Kembalian

Ric Edelman yang merupakan Ketua dan CEO Edelman Financial Services membagikan tips khusus agar bisa menabung dengan benar. Pasalnya menurutnya, dengan mengumpulkan uang kembalian dalam bentuk recehan bisa digunakan untuk belanja barang dengaan nilai yang besar juga.

Seperti, uang hasil kembalian sesudah berbelanja di supermarket mall ataupun pasar, apbila dikumpulkan dapat digunakan untuk membeli kopi dan makan siang. Sehingga demikian Anda dapat menghemat pengeluaran lifestylle dan berhasil menyelamattkan alokasi uang tabungan. Uang retceh ini secara tidak langsung bbakalan membantu Anda mengurangi penggunaan kartu debit dan kartu kredit untuk membayar sebuah lifestyle.

Membuat dan Memilih Rekening Terpisah

Ligwina Hananto, seorangg perencana keuangan yang dilansir dari Womantalk, meneggaskan bahwa pentingnya memisahhkan rekening simpanan dengan rekening harian. Dengan begitu kalau sudah memisahkan rekening tabungan, Anda sudah menyelamattkan uang untuk dipakai dalam keadaan darurat di kemudian hari. Anda bisa memilih jenis rekening yang khhusus tabungan, misalnya saja Rekeneing A dan B hal ini bisa jadi merupakan solusi untuk bisa menabung. 

Menetapkan Tujuan dari Menabung

Ligwina menjelaskkan bahwa dengan menyisiihkan uang tanpa tujuan merupakan hal yang mudah diilakukan. Selain itu juga, harus bisa mententukan tujuan Anda dlm menabung. Mulailah menabung untuk hal2 yang Anda sukai terlebih dahulu. Misalkan untukk pergi travelling, ibadah haji, atau untuk membelii sesuatu. Saat kebiasaaan menabung telaah berhasil terbentuk, akan lebih mudah dalam menetapkan tujuan. 

Sehingga dengan bisa menetapkan tujuan justru akan membuat strategi menabung Anda semakin jelas dan terarah. Bisa saja anda memiliki tujuan menabung jangka pendek dan jangka panjang. Ketika tujuan sudah anda bentuk, kini tingggal menyesuaiikan dengan jenis tabungan yang diambil. 

Tips Menabung yang Benar di Masa Pandemi

Menabung di rumah

Tidak saja sertamerta melulu menabung di bank, pada zaman sekarang sedang pandemi, Anda juga dapat menabung di rumah dengan mudah dan cepat. Namun terlbih dahulu harus mengetahui tips menabung di rumah dimasa pandemi:

Simpanlah tabungan anda di tempat tersembunyi

Menyimpan tabungan ditempat tersembunyi, dapat Anda lakukan ditujukan agar lupa mempunyai tabungan dan tidak khilaf membelanjakkan uang tabungan unttuk hal-hal yang tidak penting. Menyembunyikann tabungan berarti tabungan tersebut diletaknkan di sebuah tempat yang Anda sendiri harus berpikir berkali-kali untuk mengambilnya. Misallkan menaruhnnya di rekeningg bank laiin yang tidaakk terdaftar m-banking. Sehingga demikian membuat Anda malas mengambil uang karena harus ke ATM. Dengan begitu, Anda bakalan terhindar darii niat konsumtif.

Tuliskan tujuan finansial di kaleng atau celengan

Apbila Anda menabung dalam bentuk celengan di rumah, maka tuliskanlah tujuan finansial yang menjadi Anda bersemangat untuk menabung. Dengan begitu, setiap kali Anda tergiur utk mengambil uang tabungan, Anda bakalan membaca tulisan yang ada di celengan dan kembali tersadarrkan bahwa tujuan finansial Anda belumm tercapai sehingga harus lebih bijak menggunakan uang. Ingattlah mimpi dan cita-cita Anda saat menabung sehingga Anda tidak akan mudah khilaf ketika akan membuka celengan.

Jangann Remehkan Recehan

Dengan ketika menabung tidak hanya berupa uang bernominal besar, kini Anda juga bisa melatih diir anda dengan kebiasaan menabung dari uang receh yang Anda kumpulkan dalam celengan. ada dikatakan pepatah, "Sedikit-sediikit lama-lama jadii bukti". Nah Itulah yg terjadi ketika Anda menabung uang receh. Daripada hilang atau tidak sengaja terbuang, maka kumpulkan uang2 receh itu dalam celengan. Kemudian, tinggal tekuni dengan kebiasaan ini sehingga celengan penuh dan bisa menjadikannya uang ekstra demi digunakan sesuai kebutuhan.

Tetapkanla Tujuan darri Menabung

Menentukan apa yanng menjadi tujuan utama Anda menabung seperti masa depan yang sejahtra, ataukah Anda memiliki maksud menikahi si dia atau bisa juga demi mempunyai rumah, mobil sendiri ataupun lainnya. Dengan tips menabung seperti ini tentu saja bukan untuk memuaskan hassrat konsumtif. Dengan mempunyai tujuan yang jelas dimasa mendatang bakal menjadi penyemangat Anda utk menyisihkan uang demi cepat mencapaii tujuan tersebut.

Hindarilah Kebiasaan Buruk

Ada baiknya hindarkanlah aktifitas di duniamaya yg akan membawa Anda memiliki perilaku konsumtif berlebihan. Tak hanya itu juga ketika berbelanja keperluan, tetap pikirkanlah pada apa yang Anda butuhkan, bukanlah yang diinginkan.

Isitilahnya begini Janganlah membeli sesuatu hanya karrena pengaruh promo oleh influencer medsos anda. Padahal, Anda tiddak membutuhkannnya. Alangkah baiknyua anda untuk menemukan sektor mana yang membuat rekening ‘bleeding’. Biasaanya ada hal-hal kecil yang tidaak Anda sadari menjadi penyebabb utama keborosan. Setelahh menemukannnya, berkomittmenlah untuk tidak meneruskan kebiasaaan burukk tersebut.

Tentukan Nilai Tabungan

Ketikka sesudah mendapattkan gaji bulanan, janganlah langsung dipakai untuk belanja. Hal perrtama yg perlu dilakukan ialah menyisihhkan dann menentukan berapa uang yg bisa Anda sisihkan untuk ditabunng dlm waktu seminggu. Pada umumnya, uang yang disisihkan untuk ditabung sekitar 10% atau lebih setiap bulannya. Setelah itu, dari 10% Anda bisa membagi 4 minggu.

Manfaatkanlah Fitur Perbankan

Di zaman masa milenial ini, kita dapat menemukan berbagaai aplikasi dengan fiitur yang dapat mengontrol pengeluaran kita. Anda juga bisa memilih, aplikasii perbankan mana yang kira-kiira dapat mengendaliikan keuangan kita dengan baiik. Terutama, jika sudah berniiat untuk menabung.

Selain itu juga, bisa dengan menguncii tabungan. Apabila Anda termasuk orang yang mepunyai penghasilan di luar pekerjaan utama, pisahkan pendapatan-pendapatan itu di dari rekening yang berbeda. Alhasil, Anda dapat mengendaliikannya dengan lebih mudah.

Cashless/Batasi Uang Cash

Cashless/Batasi Uang Cash dlm saku atau dompet dengan memperhitungkannnya terlebih dahulu. Berapa kira-kira totnal pengeluaran Anda dalnam bentukk tunai dalam sehari. Dana yang ‘paas-paasan’ dalam saku, dapat mengontrol Anda agaar tidak terlalu ‘ringan tangan’, dalaam merogoh kocek.  

Seiring maraknya berbagai gerbang pembayaran digital, ‘cashless’ memang menjaadi sebuah gaya hidup baru baagi orang-orang di era ini. Naamun, tetaplaah bijak. Banyaknkya promosi yang ditawarrkan terkadang bukan membuaat kita menjadi lebih hemat, malaah semakin borooos.  

Mintalah Dukungan terhadap Orang Terdekat

Kemudian Tips selanjutnya yang dapaat menjadi penyeemangat untuk tetap fokus menabung ialah dengan memberitahukan niat Anda pada orang-orang terdekat, sepertii orangtua, kakaak atau adik dan lainnyaa. Sehingga dengan demikian, mereka juga bisa berperan dalam memberi dukungan agar niat baik Anda mudah tercapai.

Apalagi, apabila tujuan dari masa depan seperti menikahhi gadis pujaan anda misalnya, atau membeli rumah. Sehingga dengan begitu, ada orang lain yaang dapat selaalu mengingatkan agar Andaa tidak mengeluarkaan uang demi hal yang tidak terlalu penting, daan tetap fokus pada tujuan.    

Konsissten adalah Kunci Utama Kesuksesan Menabung

Rencanakanlah dengan menabung yang matang, sebab ini dapat banyak yang bisa diraih dari manfaat menabung, misalnya kondisi keuangan akan tetap aman, akan tercapai tujuan menabung. Akan tetapi, semua itu bakalan tercapai dengan mudah apbila ada niat yang teguh dan konsistensi.

Anda termasuk anak muda usia 20an tapi masih susah menabung?

Tips menabung kali ini yaitu untuk anak muda usia 20an diantaranya ialah sedabagi berikut:

  • Coba Tambah Pemasukkan dan Kuranggi Pengeluaran
  • Mulailah Memprioritaskan Kemanakah Uang anda Harus Dialokasikan
  • Investasikkan Sediikit Demii Sedikit
  • Hitunng Efek Compounding Investasi Anda
  • Hindarii Penggunaan Kartu Kreedit
  • Mauu Mengajukan Utang? Mikir seribu kali!
  • Pentingnnya Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Demikian lah pembahasan mengenai Tips Menabung yang Benar di Masa Pandemi, semoga bermanfaat dan bisa menabung dengan baik dan benar terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Salam menabung!