Widget HTML Atas

Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai? Berikut Jawaban Gus Menteri!

Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai? Berikut Jawaban Gus Menteri!

Halo sahabat, pembaca MEDIABRITA pada postingan kali ini kita akan membahas tentang batas akhir pendataan SDGs desa 2021, lalu banyak yang bertanya Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai? Berikut Jawaban Gus Menteri!

Seperti kita ketahui bahwa Pendataan SDGs Desa Tahun 2021 memiliki jadwal yaitu mulai dari tanggal 1 Maret hingga 31 Mei 2021, akan tetapi masih banyaknya desa yang belum bisa menyelesaikan pendataan SDGs, sehingga banyak perangkat desa Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai? Berikut Jawaban Gus Menteri!

Belum lama ini, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Dr. (Hc) Abdul Halim Iskandar atau yang lebih akrab disapa Gus Menteri di Pertemuan Halal Bihalal 2021 kemarin yang digelar secara virtual bersama para Pendamping Desa di seluruh Indonesia via Zoom Meeting, pada hari Rabu (19/05/2021) lalu.

Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai? Berikut Jawaban Gus Menteri!
Ilustrasi

Mendes atau Gus Menteri dalam kesempatan itu kepada peserta zoom meeting menegaskan bahwa bakalan memberikan penghargaan kepada Desa yang sudah selesai melaksanakan Pendataan SDGs Desa sesuai jadwal yang sudah ditentukan yaitu batas terakhir tanggal 31 Mei 2021.

Selain itu juga, Gus Menteri berharap supaya Desa yang sudah finish melaksanakan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa di akhir 31 Mei 2021.

Agar supaya dapat segeralah berlapor kepada Kemendesa PDTT, hak tersebut bertujuan untuk diberikan Piagam Penghargaan Tingkat Utama dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.

"Yang sudah selesai 31 Mei 2021 nanti tolong dilaporkan karena akan segera kita kirim piagam penghargaan Utama dalam menyelesaikan pemutakhiran desa berbasis SDGs desa, bagi desa yang selesai bulan juni dan juli nanti kita kasih juga piagamnya untuk memotivasi tapi nanti Grade nya bukan utama." Ungkap Gus Menteri.

Lebih lanjutnya, Gus Menteri mengungkapkan harapannya kepada para Pendamping Desa supaya bisa sampaikan kepada Kepala Desa masing-masing untuk terus mengebut penyelesaian pendataan dan pemutakhiran data berbasis SDGs desa di akhir bulan Mei 2021 ini.

Nah, lalu banyak pertanyaan dari para petugas SDGs Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai?

Kemudian Gus Menteri menjawab bahwa apabila tidak bisa menyelesaikan pendataan SDGs di akhir Mei 2021 ini, nanti bisa dilanjutkan pada bulan Juni atau bahkan sampai bulan Juli 2021.

Nah, dengan pernyataan tersebut artinya ada kelonggaran atau tambahan waktu (dateline) yang diberikan oleh Menteri Desa atau Gus Menteri biasa disapa, pelaksanaan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa 2021 ini sebelumnya sesuai pada jadwal yakni akan berakhir pada 31 Mei 2021.

Dengan adanya tambahan waktu atau kelonggaran yang diberikan oleh Gus Menteri itu, memang sangatlah wajar dan tentunya mendapat apresiasi yang sangat baik oleh Desa dan relawan SDGs yang belum bisa menyelesaikan pendataan sesuai jadwal yaitu akhir Mei 2021.

Tidak menutup kemungkinan, memang ada Desa yang bisa menyelesaikan pendataan SDGs Desa tepat waktu atau lebih awal sebelum tanggal 31 Mei, admin ambil contoh seperti Desa Pulosari dan Desa Pakel yang berada di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Kedua Desa ini merupakan Desa tercepat dalam menyelesaikan pemutakhiran data desa berbasis SDGs Desa.

Lalu Bagaimana dengan Desa lainnya? Ada juga yang sudah bisa menyelesaikan pada bulan Mei, namun ada juga beberapa Desa yang belum bisa menyelesaikan pada bulan Mei ini, hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor yang menyebabkan belum terselesaikan pekerjaan pendataan SDGs Desa sesuai target.

Penyebab belum terselesaikannya pendataan SDGs Desa, antara lain karena kondisi medan yang cukup sulit untuk menjangkau rumah warga, adanya beberapa daerah yang sedang mengalami bencana alam seperti gempa bumi dll, dan yang paling sering dikeluhkan oleh para petugas pemutakhiran data adalah lemahnya signal jaringan (lemot) serta susahnya untuk masuk atau login ke link/aplikasi SDGs itu sendiri.

Akhir kata dalam postingan Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai? Berikut Jawaban Gus Menteri!

Dengan begitu maka bisa ditarik kesimpulan mengingat banyaknya desa yang belum bisa menyelesaikan pendataan SDGs Desa, maka batas akhir pendataan pemutakhiran data SDGs Desa akan DIPERPANJANG atau DILONGGARKAN hingga bulan JULI 2021 yang akan datang!

Demikian pembahasan postingan kali ini tentang Bagaimanakah Jika Pendataan SDGs Desa Lewat Akhir Mei 2021 Belum Selesai? Berikut Jawaban Gus Menteri!, Semoga dengan ada jawabannya seperti diatas dapat lebih bersemangat lagi dalam pendataan SDGs Desa. Salam merdesa!