Widget HTML Atas

Contoh Surat Keterangan Ahli Waris dan Kuasa Ahli Waris Terbaru, Format Ms Word

Mediabritarakyat - Halo sahabat perangkat desa di manapun berada, kali ini kita akan membahas tentang surat keterangan ahli waris.

Surat Kuasa Ahli Waris Bank yaitu surat keterangan yang bisa digunakan jika Almarhum/almarhumah Keluarga terdekat mempunyai simpanan dari tabungan di bank bank tertentu seperti uang pensiunan atau uang tabungan haji, dan tabungan lainya. 

Meski begitu Kemudian Ketika pihak keluarga atau Ahli Waris dari Almarhum/Almarhumah akan mengambil sisa tabungan yang ada, sayangkan kalau tidak diambil. 

Sehingga, untuk ketentuan yang bisa mengambil adalah Suami/Istri dari almarhum/Almarhumah.

Maka dari itu jika Ahli waris akan menarik tabungan almarhum bisa dengan membuat surat kuasa Ahli Waris dari Bank, anda juga bisa membuatnya sendiri dan biasanya sih sudah disediakan kita bisa meminta langsung format tersebut dari pihak Bank dimana tempat almarhum menabung.

Sementara itu, Surat kuasa Ahli Waris Bank yaitu surat kuasa yang digunakan untuk mengambil tabungan atau simpanan di Rekening Tabungan Bank milik Almarhum/Almarhumah oleh keluarga ahli waris.

Ilustrasi

Nah disini akan dibagikan nContoh Surat Keterangan Ahli Waris, pasalnya dalam hal ini tentunya akan menjelaskan tentang siapa saja ahli waris dari seseorang pewaris, sehingga harta peninggalan dari pewaris menjadi jelas akan jatuh ke tangan siapa. 

Sehingga jikalau pun anda saat ini sedang mencari referensi untuk membuat surat keterangan ahli waris ini, silahkan simak terus halaman karena akan dibagikan di akhir artikel, format juga dalam ms word agar mudah diedit.

Selain itu, perlu dipahami juga bahwa ternyata Surat keterangan ahli waris ini sebenarnya cukup penting Dalam membuktikan bahwa seseorang memang benar ahli waris yang sah dari pewaris. 

Meskipun demikian, bagi anda yang belum mempunyai surat ini untuk segera bisa mengurusnya ke pihak yang berwenang. Biasanya pengurusan surat ini dilakukan mulai dari bawah di tingkat RT hingga ke kecamatan ataupun ke Kepolisian.

Ternyata dalam Pembuatan surat ini sebenarnya bertujuan supaya bisa mengantisipasi ketika kedepan terjadi suatu perselisihan terkait dengan harta warisan yang ditinggalkan oleh pewaris. 

Karena Dengan adanya surat ini maka harta yang tinggalkan akan jelas menjadi hak siapa dengan bagian-bagian yang sudah diatur baik menurut hukum Islam, Adat ataupun Hukum Perdata.

Cara Mengurus Surat Keterangan Ahli Waris

Adapun cara mengurus Surat Keterangan Ahli Waris adalah sebagai berikut:

  • Membuat surat pengantar dari RT /RW setempat;
  • Siapkan fotokopi KK dan KTP semua ahli waris;
  • Siapkan fotokopi surat kematian (wajib);
  • Siapkan fotokopi surat nikah Orang Tua yang telah dilegalisir oleh KUA setempat (Apabila yang mengurus anak);
  • Membuat Surat Keterangan Waris yang ditanda tangani oleh semua ahli waris di atas Materai Min. Rp10.000 dan diketahui dan ditandatangani oleh para saksi, yakni Ketua RT /RW setempat.untuk menentukan dimana anda akan membuat surat keterangan ahli waris ini maka sangat ditentukan oleh beberapa hal berikut ini:
  • Bagi WNI, surat keterangan ahli waris tersebut ditulis di bawah tangan, dan ditandatangani oleh ahli waris dan ada dua orang saksi serta diketahuai oleh Lurah dan Camat.
  • Pembuatan surat yang didahului oleh sengketa ahli waris, maka pembuatan suratnya dilakukan oleh pengadilan Agama dalam bentuk fatwa waris.
  • Pembuatan surat di bawah tangan tidak membutuhkan pengecekan wasiat terlebih dahulu, dan dalam surat keterangan tersebut juga tidak dicantumkan seberapa besar bagian untuk setiap ahli waris. Namun pada fatwa waris dimuat bagian untuk masing-masing ahli waris.
  • Bagi WNI berketurunan Cina ataupun Eropa, maka pembuatan suratnya dilakukan oleh Notaris serta dilakukan pengecekan wasiat terlebih dahulu di kantor pusat daftar wasiat Kemenkumham.
  • Bagi WNI keturunan India dan Arab, maka surat tersebut dibuat oleh Balai Harta Peninggalan (BHP).

Nah bagi anda saat ini Sedang mencari contoh surat keterangan ahli waris bisa anda dapatka dibawah artikel. Semoga bermanfaat dan salam merdesa.

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.

AMBIL DISINI CONTOH SURAT KETERANGAN AHLI WARIS DAN KUASA AHLI WARIS, MS WORD