Widget HTML Atas

Cara Mudah Menginput Usulan Desa di Aplikasi SIPD

Mediabritarakyat -- Program Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) adalah suatu Sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.

Dikutip dari bone.go.id, Data SIPD terdiri dari 8 kelompok data (Data Umum, Sosial Budaya, Sumber Daya Alam, Infrastruktur, Ekonomi, Keuangan daerah, Politik/hukum/Keamanan dan Insidensial), 31 jenis data dan 2691 Elemen data.

Hal ini sebagai diamanatkan dalam Pasal 274 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa Perencanaan Pembangunan Daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Data atau informasi merupakan salah satu bahan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah serta bahan penentu/perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah, karena pada saat ini data-data pembangunan dipandang belum lengkap sehingga diperlukan suatu upaya untuk melengkapi dan senantiasa untuk memperbaruinya dengan pengumpulan data secara bertahap dengan mekanisme merubah dari pola secara manual ke pola elektronik.

Sedangkan SIPD sendiri memiliki manfaat untuk menyediakan data dan informasi yang akurat yang terbaru untuk perencanaan pembangunan daerah, menjadi sistem penunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Kemendagri dalam pengendalian dan penyerasian pembangunan daerah, menjadi gerbang data dan informasi pembangunan daerah, serta merupakan akses data dan informasi berbagai kepentingan.

Cara Mudah Menginput Usulan Desa di Aplikasi SIPD
Tampilan Aplikasi SIPD

Tahapan Input Usulan Tingkat Desa

  1. Pembuatan user desa oleh TAPD Bappeda
  2. Membuat kamus usulan oleh TAPD Bappeda
  3. Membuat jadwal input usulan desa oleh TAPD Bappeda
  4. Input usulan desa oleh user atau akun desa
  5. Verifikasi oleh TAPD Bappeda
  6. Verifikasi oleh OPD tujuan akun setara kasubid
  7. Verifikasi oleh Kecamatan akun setara Kasi PMD
  8. Verifikasi oleh Mitra Bappeda akun Kepala Bidang
  9. Usulan Disetujui atau ditolak

Langkah Menginput Usulan Tingkat Desa di SIPD

  1. Masuk Link : https://tasikmalayakab.sipd.kemendagri.go.id/daerah atau sesuai dengan daerah masing-masing. Dengan menggunakan browser Google Chrome, Mozzila Firefox dengan versi terbaru.
  2. Masuk ke halaman dashboard portal SIPD
  3. Pilih menu sistem informasi pembangunan daerah
  4. Masukan “user” dan “password” masing-masing akun desa
  5. Pilih pembangunan tahun 2022 atau tahun depannya.
  6. Setelah terbuka halaman dashboard sistem informasi pembangunan daerah misalnya kab. Tasikmalaya, kemudian pilih setrip 3 sebelah kiri lalu pilih usulan pembangunan kelurahan/desa
  7. Lalu pilih kolom pengajuan desa klik tambah usulan desa atau “+usulan desa” tujuannya untuk menginput usulan desa masing-masing.
  8. Kemudian akan muncul form usulan desa
  9. Pada form usulan desa, pilih tujuan pengajuan akan dikirim kemana misal provinsi atau kab./kota
  10. Pilih jenis usulan yang sudah tersedia beberapa jenisnya.
  11. Kemudian pilih permasalahan, pada kolom ini tulis secara detail isinya seperti contohnya terdapat 2 rumah tidak layak huni dengan rusak berat.
  12. Pilih peta lokasi yang akan diusulkan pembanguan tersebut.
  13. Lalu masukan alamat usulan pengajuan pembangunan tersebut.
  14. Pilih surat proposal, Masukan/upload Surat Proposoal dengan format PDF maksimal ukuran 2MB ini khusus “Untuk usulan Bankeu Wajib Upload Document Proposal”
  15. Pilih foto lokasi, Pada kolom ini, masukan/upload Foto lokasi yang akan di usulkan “Foto Lokasi usulan wajib diupload”untuk semua usulan ini khusus bankeu, sedangkan untuk usulan dengan melalui musrenbang bisa tidak usah memasukan foto cukup upload foto berita acara hasil musrenbang kepada grup WA Bappeda masing-masing daerah.
  16. Setelah selesai diisi semua kemudian klik simpan.
  17. Setelah selesai simpan, centang hasil usulan yang akan diajukan.
  18. Kemudian lihat kearah kanan ada tombol lalu klik ajukan usulan
  19. Jika sudah simpan maka usulan akan muncul pada tab pengajuan.
  20.  Usulan yang sudah dikirim secara otomatis akan masuk Menu Tab Monitor. Pada tab Monitor, dapat dilihat status usulan yang sudah dikirim.

Jadwal Pengusulan Desa di SIPD

Untuk jadwal pengusulan desa ini perlu diperhatikan oleh teman-teman semua karena hal ini sangat penting untuk setiap pengajuan usulan desa. Jadwal pengusulan desa dimulai tanggal 22 Januari 2021 s/d tanggal 29 Januari 2021, Pukul 23.59 WIB.

Mekanisme pengusulan Desa di SIPD

  1. Urutan input berdasarkan urutan prioritas
  2. Maksimal 3 (tiga) Usulan per Desa diluar Bantuan Keuangan
  3. Usulan BANKEU dari Desa diinput melalui aplikasi SIPD
  4. Untuk usulan BANKEU WAJIB melampirkan dokumen proposal yang sudah ditandatangani oleh Kepala Desa dan diketahui serta diverifikasi oleh Camat dalam bentuk PDF dengan maksimal ukuran 2 MB (koordinasi lebih lanjut mengenai mekanisme pengusulan BANKEU akan diinformasikan oleh Dinas Sosial PMDP3A, masing-masing daerah)
  5. Substansi proposal paling sedikit memuat hubungan antara kegiatan yang diusulkan dengan RPJMDes dan Rancangan RKPDes Tahun 2022 (RPJMDes dan Rancangan RKPDes dilampirkan), Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang ditandatangani oleh Kepala Desa, Take of Sheet (Perhitungan Bahan Material), Desain Gambar
  6. Semua usulan wajib melampirkan foto lokasi pada SIPD dalam bentuk JPG, JPEG dengan maksimal ukuran 2 MB
  7. Mengirim Berita Acara Musrenbang Desa yang berisi prioritas usulan desa yang sudah ditandatangani dalam bentuk PDF via WhatsApp masing-masing tim pendamping SIPD Bappeda

Kamus usulan desa di aplikasi SIPD

Urusan Perdagangan

  1. Pelatihan dagang online (e-commerce), contoh input permasalahan Terdapat ……pelaku usaha perdagangan yang membutuhkan pelatihan dagang oniline (e-commerce)
  2. Revitalisasi Pasar, Contoh input permasalahan : Terdapat pasar desa seluas …. Ha dengan jumlah los….m2, kios…..unit

Urusan Perindustrian

  1. Pelatihan IKM, Fasilitasi Sertifikasi PIRT, Fasilitasi Merek Dagang (HAKI), Fasilitasi Sertifikasi Halal. Contoh input permasalahan : (1) Terdapat ….pelaku IKM yang membutuhkan pelatihan peningkatan design produk, kemasan, pemasaran, (2) Terdapat …..produk IKM yang perlu mendapatkan fasilitasi sertifikaasi PIRT/Merek Dagang (HAKI/Halal.

Urusan Tenaga Kerja

  1. Pelatihan Kerja (menjahit, otomotif, service hp, pengolahan makanan, las listrik, teknologi informatika, instalasi listrik, anyaman, bangunan kayu, bangunan batu, Contoh input permasalahan : Terdapat ….. orang yang sedang mencari pekerjaan dan membutuhkan pelatihan peningkatan keterampilan.

Urusan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

  1. Pembinaan Koperasi, Contoh input permasalahan : Terdapat ….koperasi yang membutuhkan pembinaan
  2. Pelatihan pra koperasi, Contoh input permasalahan : Terdapat …..kelompok calon koperasi yang membutuhkan pelatihan pembentukan koperasi/pra-koperasi.
  3. Pelatihan Kewirausahaan, Contoh input permasalahan : Terdapat …...UMKM yang membutuhkan pelatihan kewirausahaan

Urusan Kepemudaan dan Olahraga

Bantuan Sarana dan Prasarana Olahraga, Contoh input permasalahan : Desa membutuhkan pembangunan lapangan olahraga seluas ….m2 dan peralatan olahraga….berupa…...sebanyak….paket

Urusan Pariwisata

  1. Bimtek Pengelolaan Desa Wisata, Contoh input permasalahan : Desa mempunyai daya tarik wisata desa berupa…., seluas….Ha dengan status tanah milik/desa/perhutani
  2. Pembinaan Ekonomi Kreatif Desa Wisata, Contoh input permasalahan : Terdapat…..pelaku usaha ekonomi kreatif yang mendukung pengembangan desa kreatif

Urusan Kelautan dan Perikanan

Bantuan Sarana Usaha Pengolahan Ikan, Contoh input permasalahan : Terdapat….....kelompok pengolahan ikan yang membutuhkan pelatihan dan bantuan sarana usaha

Urusan Pertanian

  1. Bantuan Benih Ternak (Ayam Petelur, Ayam Ras Kambing, Domba, Sapi), Contoh input permasalahan : Terdapat…..kelompok ternak yang membutuhkan bantuan bibit ternak ayam petelur/ayam ras/kambing/domba/sapi.
  2. Pembangunan Embung, Pengembangan Dam Parit, Pengembangan Irigasi Air Tanah Dangkal, Bantuan Sarana Produksi Budidaya Tanaman Pangan (Padi, Padi Organik, Porang, Palawija), contoh input permasalahan : (1) Terdapat…..ha sawah yang membutuhkan embung/dam parit/irigasi air tanah dangkal sebanyak…..unit; (2) Terdapat ….kelompok tani yang mengelola lahan pertanian seluas ….Ha yang membutuhkan bantuan sarana produksi

Urusan Pangan

  1. Peningkatan Pemanfaatan Lahan Pekarangan, contoh input permasalahan : Terdapat …...Kelompok Wanita Tani yang mempunyai anggota sebanyak ….orang dan lahan seluas …..Ha yang membutuhkan sarana produksi budidaya hortikultura.
  2. Pengadaan Rice Milling Unit (RMU)/Penggilingan Padi, contoh input permasalahan : Terdapat …...kelompok tani yang mempunyai lahan seluas….Ha dengan produksi…..ton/tahun yang membutuhkan mesin penggilingan pagi (rice milling unit) sebanyak …..unit

Urusan Pemerintah Bidang Umum dan Penataan Ruang

  1. Pembangunan Jaringan Irigasi, Rehabilitasi Jaringan Irigasi, contoh input permasalahan : Irigasi A sepanjang …meter kondisi rusak berat/sedang/ringan yang mengairi sawah seluas …Ha yang merupakan sentra produksi padi
  2. Rekontruksi Jalan, Pemeliharaan Rutin Jalan, Pemeliharaan Berkala Jalan, Pembangunan Jembatan, contoh input permasalahan : Ruas Jalan A sepanjang... KM yang menghubungkan antara dua pusat kegiatan ekonomi yaitu Kecamatan..... dengan Kec ….
  3. Pembangunan Drainase, contoh input permasalahan : Saluran Drainase sepanjang …M kondisi rusak/sedang ringan untuk menanggulangi genangan air
  4. Pembangunan dan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, contoh input permasalahan : Pembangunan/Pengembangan SPAM untuk ….. Sambungan Rumah guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  5. Penyediaan Sarana Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik, contoh input permasalahan ; Pembangunan MCK sebanyak …unit …..Sambungan Rumah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  6. Infrastruktur Kawasan Permukiman di Kawasan Strategis Daerah Kabupaten, contoh input permasalahan ; Pembangunan infrastruktur Jalan Lingkungan .Panjang …... M lebar…......Msebagai Jalur Penghubung Transportasi antar Lingkungan di Desa

Urusan Pemerintahan Bidang Perumahan Dan Kawasan Permukiman

  1. Rumah Layak Huni Bagi Korban Bencana dan Relokasi Program Pemerintah, contoh input permasalahan : Pembangunan RTLH sebanyak…unit  untuk korban bencana dan realokasi program pemerintah
  2. RTLH untuk Pencegahan terhadap Tumbuh dan Berkembangnya Permukiman Kumuh, contoh input permasalahan : Pembangunan RTLH sebanyak…unit  untuk pencegahan kawasan kumuh
  3. RTLH Huni untuk Pencegahan terhadap Tumbuh dan Berkembangnya Permukiman Kumuh diluar Kawasan Permukiman Kumuh, contoh input permasalahan : Pembangunan RTLH sebanyak…unit  untuk Pencegahan terhadap Tumbuh dan Berkembangnya Permukiman Kumuh diluar Kawasan Permukiman Kumuh.
  4. Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum di Perumahan untuk Menunjang Fungsi Hunian Belum menyeluruh. Jenis PSU (Jalan Lingkungan, Drainase, Air Limbah, PJU/PSU, RTH, Pemakaman, Air Bersih), contoh input permasalahan : Pembangunan  PSU Jalan Lingkungan/ Drainase, Air Limbah/PJU/PSU, RTH/Pemakaman/ Air Bersih untuk Meningkatkan Kualitas PSU di Lingkungan Perumahan.

Urusan Pemerintahan Bidan Perhubungan

Fasilitas perhubungan (PJU, rambu-rambu, guardrail, warning light dan marka jalan, terminal dll) di Kabupaten Tasikmalaya, contoh input permasalahan : Pengadaan/Rehabilitasi PJU/ rambu-rambu/ guardrail/warning light/ marka jalan/ terminal untuk meningkatkan kelancaran trasfortasi darat

Sosial

Penyediaan Permakanan, Penyediaan Sandang, Penyediaan Alat Bantu bagi Lansia dan Disabilitas,peningkatan pelayanan puskesos, contoh input permasalahan  : belum optimalnya pemenuhan kebutuhan dasar (permakanan, sandang dan alat bantu) bagi lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas terlantar, perlu adanya peningkatan pemberian layanan rujukan dan akses layanan pendidikan dan kesehatan dasar bagi khususnya bagi PMKS melalui Puskesos

Pemberdayaan Masyakarat Desa

Revitalisasi Posyandu, Pembangunan Gedung Posyandu, contoh input permasalahan : belum optimalnya peningkatan kapasitas dan penyediaan sarana prasarana

Pendidikan

Rehabilitasi Ruang kelas, Pembangunan RKB, Peningkatan Sarana dan Prasarana, contoh input permasalahan : masih banyaknya ruang kelas yang belum memadai,rehab sedang SD masih di atas 1080 ruang kelas, smp 180 ruang,

Kebudayaan

  1. Pengelolaan Kebudayaan, Pelestarian Kesenian Tradisional,Penguatan Lembaga Adat, contoh input permasalahan : belum adanya pendampingan sisi adat dan budaya, belum ada data hasil verifikasi kebudayaan lokal di kabupaten tasikmalaya
  2. Pembinaan Kesenian Masyarakat Pelakunya dalam Daerah Kabupaten, contoh input usulan : belum adanya pendampingan kesenian, belum ada data hasil verifikasi kebudayaan lokal di kabupaten tasikmalaya
  3. Pengelolaan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten, contoh input permasalahan : belum ada kajian terhadap gedung / bangunan penetapan cagar budaya di kabupaten tasikmalaya

Kesehatan

Pembangunan Gedung Puskesmas/ Puskesmas Pembantu, Pembangunan Gedung Rumah Sakit, Rehabilitasi Gedung Puskesmas/Puskesmas Pembantu, Pengadaan dan Peningkatan Kendaraan Kesehatan, contoh input permasalahan : masih banyak nya puskesmas dan pustu yang tidak memadai beserta kelengkapan sarana dan prasarana.

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.

Demikian cara menginput usulan desa melalui aplikasi SIPD, semoga bermanfaat! Merdesa. 

Penulis : Iman/PanduDesa