Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Cara Mengubah Anak lebih baik dengan ungkapan kata-kata

Mediabritarakyat.my.id - Dalam sebuah merawat serta membesarkan sibuah hati dapat menjadi sebuah perjalanan penuh tantangan tatkala menjalankannya. 

Akan tetapi, berikut ini ada istilah ungkapan penting yang jangan sampai dilewatkan oleh anak. Kata-kata ini dapat mengungkapkan dan bisa mengubah hidup anak menjadi lebih baik, jadi cobalah untuk mengatakannya sesekali dan Anda akan menanamkan beberapa kearifan masa depan di dalam pikiran mereka.

21 Cara Mengubah Anak lebih baik dengan ungkapan kata-kata

Seperti dilansir hebeauty.co.id, beberapa istilah ungkapan yang harus dilakukan kepada sibuah hati :

1. Maafkan saya

Kata ini adalah sesuatu yang lebih sering dikatakan anak pada orang tua mereka. Tapi itu seharusnya menjadi sebuah pola dua arah. Meminta maaflah atas perbuatan Anda saat itu telah pasti terjadi dan mereka akan belajar untuk meniru perilaku ini.

2. Saya menyayangi kalian

ini kelihatannya seperti sesuatu yang terberi, tapi kadang-kadang sebagai orang tua kita tidak cukup banyak mengatakannya. Terutama dalam hal hubungan bapak dan anak laki-lakinya. Mengungkapkan kecintaan Anda secara rutin akan memperkuat ikatan itu.

3. Saya bangga pada kamu

Anak-anak selalu mencari pembenaran dan membuat orang tua mereka kagum segalanya bagi mereka. Maka, tunjukkanlah jika pencapaian mereka adalah sesuatu yang berarti dengan mengatakan betapa bangga Anda akan hal itu – itu adalah sebuah pemotivasi yang hebat.

4. Saya membuat kesalahan

Mengakui kesalahan-kesalahan Anda akan mendorong anak untuk melakukan hal yang sama dan juga untuk mengakui bahwa kesalahan adalah hal yang tak terhindarkan dalam hidup.

21 Cara Mengubah Anak lebih baik dengan ungkapan kata-kata
ilustrasi/pixabay

5. Saya akan selalu ada di sini untuk kamu

Dukungan adalah segalanya. Beberapa aspek dari masa kanak-kanak, seperti sekolah, dapat membuat mereka merasa sangat terasing. Pemahaman jika mereka memiliki orang tua sebagai penyokong dalam perjalanan mereka adalah penting.

6. Kamu sangat menarik secara apa adanya

Kita memiliki sangat banyak standar kecantikan yang aneh di seluruh dunia, yang dapat membuat anak-anak merasa mereka tidak terlahir menarik. Dengan mengabaikan standar-standar ini dan mengingatkan anak Anda atas daya tarik mereka, kepercayaan diri mereka akan tumbuh.

7. Saya salah

Beberapa anak mengira orang dewasa tak pernah melakukan kesalahan. Kita tahu jika itu tidak benar. Sebuah pengakuan jika telah melakukan kesalahan akan membuat mereka mengerti jika Anda tidak sempurna, dan melakukan kesalahan bukanlah sebuah masalah besar. Kita melakukan hal yang sama!

8. Mari kita bicarakan hal itu

Komunikasi adalah hal yang penting dalam membangun relasi yang baik dengan anak Anda, seperti halnya mengajarkan keahlian komunikasi dan cara untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. Ini juga akan mengajarkan mereka untuk lebih menghargai pembicaraan dibandingkan kekerasan.

9. Saya tak akan menghakimi kamu

Kita semua telah menghadapi penghakiman sepanjang hidup kita, baik dari dalam keluarga, atau dari orang luar. Dengan menyadari jika orang tuanya tak akan menghakimi akan membantu anak untuk merasa lebih aman dalam kerentanan dan menjadi jujur tentang pengalaman mereka.

10. Hal-hal ini selalu terjadi

Sesekali, kehidupan melemparkan jeruk pada Anda, dan Anda hanya harus membuat sari jeruk kapan pun itu mungkin. Mengajarkan hal ini pada anak adalah signifikan – adakalanya hal-hal tidak berjalan sesuai rencana dan kita harus mengikuti arus.

11. Saya memaafkan kamu

Pemberian maaf adalah sebuah masalah penting dalam relasi, baik dalam relasi dengan orang tua, orang tersayang atau teman. Permintaan maaf adalah penting, tapi pemberian maaf juga sama pentingnya. Itu akan membebaskan seseorang dari beban perbuatan mereka dan memberikan mereka apa yang harus mereka dengar dari Anda, bahkan jika Anda telah melupakannya.

12. Saya percaya kamu

Kadang-kadang Anda hanya membutuhkan seseorang di sisi Anda untuk mendukung dan mengingatkan jika anda telah memiliki hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan banyak hal, mulai dari pelajaran renang sampai ke pameran sains.

13. Kamu butuh pelukan?

Adakalanya kita “menyiksa” anak dengan pelukan saat itu lebih untuk kebutuhan kita daripada kebutuhan mereka sendiri. Jika Anda menemui anak-anak terlihat murung, tanyakan mereka jika sebuah pelukan akan membuatnya lebih baik. Tak ada yang lebih memberikan rasa nyaman dibandingkan pelukan orang tua.

14. Kamu adik/kakak yang baik

Kenapa anak-anak terkadang menjadi monster satu sama yang lainnya? Karena kita membenturkan mereka satu sama lainnya dan menempatkan mereka dalam jeda atau menghukum mereka saat berkelahi. Tapi merayakan momen-momen positif adalah sama pentingnya dengan mendorong sesama saudara kandung untuk saling berbuat baik.

15. Kita melakukan ini bersama-sama

Orang tua adalah penyokong terkuat dari anak-anak. Bahkan jika kapal yang mereka naiki tenggelam (mereka mengalami perundungan, berjuang dengan pubertas atau memiliki masalah dengan gurunya), mengatakan pada mereka jika Anda berada pada sisi mereka dapat membuat sebuah perbedaan besar.

16. Besok akan menjadi hari yang baru

Hari yang buruk itu menyebalkan, tapi hari selanjutnya akan menjadi sebuah lembaran baru. Menanamkan mentalitas ini pada anak Anda dapat sangat membantu dalam mengubah mereka menjadi pribadi yang optimis mereka tak akan terjebak pada hal-hal tertentu dan akan melihat fajar yang menyingsing sebagai sebuah kesempatan baru untuk berusaha dengan lebih baik.

17. Ada yang bisa saya bantu?

Orang tua sering membebankan terlalu banyak tekanan pada anak-anak mereka tanpa melakukan sebuah pengecekan kesehatan mental. Menanyakan pertanyaan sederhana ini dapat membantu Anda untuk mengenali buah hati Anda dengan baik, membuat Anda lebih dekat dengan mereka pada akhirnya.

18. Kamu harus menjadi orang yang sempurna

Kesempurnaan adalah sesuatu yang diajarkan banyak orang tua pada anak mereka, tapi sebenarnya itu sebuah standar yang tidak realistis. Tak ada orang yang sempurna dan semakin dini Anda mengajari mereka hal itu pada mereka, semakin cepat mereka mengembangkan identitas diri mereka.

19. Menjadi berbeda bukanlah masalah

Saat Anda masih anak-anak, kelihatannya hal yang terpenting ialah penyesuaian diri. Tapi perbedaan tetaplah sesuatu yang harus diapresiasi. Saat orang tua Anda menerima hal ini, itu akan membuat perasaan tidak aman mereka berkurang dan membuat mereka bangga atas keunikan yang mereka miliki.

20. Kamu pantas dihargai

Mengajari anak kita tentang fondasi dari penghargaan adalah hal yang penting dalam mengajari mereka tentang pentingnya mendapatkan penghargaan dalam relasi, demikian juga untuk berperilaku dengan penghargaan atas orang-orang di sekeliling.

21. Saya di sini untuk mendengarkan kamu

Orang tua berbicara pada anak pada sepanjang waktu, tapi seberapa sering mereka benar-benar mendengarkan? Bimbingan konseling tidaklah cukup – dengarkan kesenangan dan perjuangan anak Anda dan lakukanlah dengan bersemangat.

Nah itulah beberapa kata-kata yang bisa mengubah sibuah hati kita menjadi lebih baik. Memang sedikit tabu untuk diucapkan namun, silahkan dicoba dan lihat hasilnya!