Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bantuan PIP Program Indonesia Pintar Apa dan Berapa Besaran Bantuannya di tahun 2020

Ilustrasi-kompas


Mediabritarakyat.my.id
- Pemerintah memberikan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, dan SMA.

Pengertian PIP Program Indonesia Pintar

D kutipan dari laman Indonesia Pintar Kemdikbud, Program Indonesia Pintar merupakan program kerja sama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Program ini bertujuan membantu anak usia sekolah yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Mereka yang merupakan penerima PIP dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diberikan sebagai penanda / penerima bantuan pendidikan PIP.

Kartu tersebut memberikan jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan.

Berikut tanya jawab seputar PIP dan cara mengecek penerimanya melalui laman https://pip.kemdikbud.go.id/ .

Sasaran program PIP tahun 2020

Sasaran utama dari program ini antara lain :

  1. Peserta didik pemegang KIP
  2. Peserta didik dari keluarga miskin / rentan miskin dengan pertimbangan khusus
  3. Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

Berapa besaran bantuan yang diterima?

rincian besaran bantuan PIP tahun 2020

1. Peserta didik SD / MI / Paket A mendapatkan Rp 450.000 / tahun

2. Peserta didik SMP / MTs / Paket B mendapatkan Rp 750.000 / tahun

3. Peserta didik SMA / SMK / MA / Paket C mendapatkan Rp 1.000.000 / tahun.

Detil jumlah untuk kelas akhir di setiap jenjang dapat dibaca di Petunjuk pelaksanaan PIP Kemendikbud Tahun 2016.

Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

kewajiban peserta didik penerima dana PIP

Kewajiban-kewajiban peserta didik yang menerima dana PIP antara lain:

1. Menyimpan dan menjaga KIP dengan baik

2. PIP merupakan bantuan pendidikan, yang dana manfaatnya harus digunakan untuk keperluan yang relevan

3. Penerima terus belajar dan bersekolah (tidak putus sekolah) dengan rajin, disiplin dan tekun.

Baca juga: Seperti Ini Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Indonesia Pintar

Bagaimana jika KIP hilang atau rusak

Kartu menjadi tanggung jawab masing-masing penerima.

Jika KIP hilang atau rusak, pemilik kartu dapat segera menghubungi kontak pengaduan PIP.

Untuk penggantian kartu baru, pemilik wajib memberitahukan nomor KIP dan menyertakan identitas diri.

Cara jika KIP hilang atau rusak

Kartu menjadi tanggung jawab masing-masing penerima.

Jika KIP hilang atau rusak, pemilik kartu dapat segera menghubungi kontak pengaduan PIP.

Untuk penggantian kartu baru, pemilik wajib memberitahukan nomor KIP dan menyertakan identitas diri.

cara mengecek penerima PIP

Masyarakat dapat mengecek penerima bantuan melalui laman yang telah disediakan

Dalam pengecekannya, dibutuhkan informasi seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

Berikut caranya:

1. Akses laman pip.kemendikbud.go.id/index/ceknisn

2. Masukkan data NISN, tanggal lahir, dan nama ibu kandung

3. Klik "Cek Data"

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/17/143232765/tanya-jawab-program-indonesia-pintar-dan-cek-penerima-di-pipkemdikbudgoid?amp=1&page=2