Widget HTML Atas

Siap-siap! Setelah Bantuan UMKM 2,4Juta Kini Bantuan BSIMU 3,5Juta. Ini syaratnya!

Ilustrasi/pikiran-rakyat.com

Mediabritarakyat - Anda gagal memdapat bantuan UMKM Rp2,4 juta, eits tenang coba bantuan sebesar Rp 3,5 juta.

Berikut Ini cara dapat Bansos Rp3,5 Juta dari Kemensos meskipun tidak dapat BLT UMKM Rp2,4 juta, sama-sama untuk pelaku UMKM.

Informasi terkait Bansos Modal Usaha senilai Rp3,5 Juta dari Kemensos ini telah dikonfirmasi oleh Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara.

Ia menjelaskan bahwa tujuan pemberian bantuan ini adalah agar penerima bantuan nantinya bisa mandiri. Program ini selain diberikan untuk mengatasi dampak pandemi juga merupakan program reguler Kemensos RI.

"Ini prinsipnya, bantuan untuk usaha kecil itu kan sudah ditangani kementerian tersendiri ya. Bantuan program kewirausahaan Kementerian Sosial menyasar target yang spesifik, yakni para KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha," kata Menteri Ari.

Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan wirausaha sosial kepada 10.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Graduasi yang memiliki rintisan usaha mikro terdampak pandemi Covid-19.

Tak tanggung Total anggaran bantuan dari Kemensos ini mencapai Rp5 miliar, sebagai Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU) yang dibagikan masing-masing Rp500.000.

syarat dan cara bantuan Rp 3,5 juta Kemensos

Adapun syarat dan cara untuk mendapatkannya, Anda harus memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan.

Syarat-syarat khusus bagi penerima bansos bantuan modal Rp 3,5 Juta dari Kemensos ini adalah yang pertama merupakan warga miskin atau rentan miskin.

Yang kedua adalah anggota KPM PKH yang sudah digraduasi oleh data Kemensos, KPM PKH Graduasi yang dimaksud adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan namun graduasi karena beberapa komponennya tidak memenuhi.

Dan syarat ke-tiga tentunya memiliki rintisan usaha ultra mikro di bidang tertentu.

Setelah itu, penerima bantuan akan diseleksi dan akan menerima pendampingan dan bantuan sosial modal usaha sebesar Rp3,5 juta per KPM untuk mengembangkan usahanya.

Calon penerima bantuan ini dapat segera mengecek apakah terdata atau tidak dengan login di dtks.kemensos.go.id.

Program pelaksanaannya pencegahan langsung oleh tenaga kerja kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), jika Anda telah terdaftar dalam dtks.kemensos.go.id, Anda dapat mendatangi kantor kecamatan tempat Anda tinggal.

Selain menerima pelatihan, Kemensos menghubungkan KPM PKH Graduasi dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Sedangkan cara mendaftar bantuan ini, pihak Kementerian sosial melakukan seleksi terhadap KPM PKH yang sudah di kelulusan, dan jika Anda lolos akan diinfokan oleh pendamping PKH.

Ini berarti tidak ada data baru, melainkan ini diambil dari data keluarga penerima manfaat yang sudah digraduasi oleh Kemensos.

Sebagai informasi tambahan, untuk bisa masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ini masyarakat (fakir miskin) yang berada di Desa / Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK. Sumber https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/amp/pr-361004257/tidak-dapat-blt-umkm-rp24-juta-pelaku-umkm-bisa-dapat-bansos-modal-usaha-rp35-juta-ini-caranya?page=3