Widget HTML Atas

Pemerintah Kecamatan Karangnunggal Gelar Pembinaan Kader Posyandu di Desa Cikupa

Ketua TP-PKK Karangnunggal Ny Lilis Agustini, S.Pd, menyampaikan materi

Mediabritarakyat.my.id - Keberadaan posyandu sangatlah berperan penting dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan di masyarakat.

Beberapa kegiatan oleh kader posyandu yang melibatkan langsung partisipasi masyarakat sebagai upaya pelayanan kesehatan dari, oleh, dan untuk masyarakat, telah cukup dalam memberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.

Oleh karenanya, untuk menambah wawasan dan kemampuan para kader posyandu, Pemerintah Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menyelenggarakan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Tingkat Kecamatan Tahun 2020, yang bertempat di Aula Desa Cikupa, Selasa(17/11/2020).

Ketua tim penggerak PKK Kecamatan Karangnunggal Ny Lilis Agustini, S.Pd menjelaskan, Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu bertujun untuk lebih meningkatkan kualitas kader, kegiatan ini juga dijadikan sarana menambah wawasan, edukasi ke masyarakat terkait bidang kesehatan.

Hal ini penting lanjutnya, karena Kader Posyandu adalah garda terdepan pejuang kesehatan dan paling dekat dengan masyarakat, sehingga ketika melakukan sosialisasi kepada Ibu hamil, kesehatan ibu dan anak, bisa langsung terapkan secara langsung.

Ny Lilis Agustini, S.Pd mengatakan bahwa dirinya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kader posyandu sebagai ujung tombak pejuang kesehatan bagi masyarakat, khususnya di Desa Cikupa.

Pembinaan Kader Posyandu di Desa Cikupa, Tasikmalaya

Pembinaan kader ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuannya harus menjadi motor penggerak dalam pemberdayaan kesehatan di masyarakat, seperti penanggulangan stunting, pembinaan gizi dan kesehatan ibu dan anak, serta pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan melalui PSN, dan mengajak masyarakat berperilaku hidup bersih (PHBS), serta menghimbau tata cara pencegahan covid-19, seperti selalu cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, menjaga jarak serta menggunakan masker.

“Dimasa pandemi Covid -19, diharapkan kader menjadi garda terdepan dan pejuang kesehatan dalam memberikan pengarahan, cara pencegahan penularan wabah corona, dengan menerapkan PHBS sesuai dengan ketentuan protokal kesehatan, kegiatan ini tidak serentak, tapi di bagi beberapa zona dan desa, sehingga tidak menimbulkan adanya kerumunan masa,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya menghimbau khususnya warga Desa Cikupa, umumnya Kecamatan Karangnunggal sebentar lagi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya, pada tanggal 9 Desember 2020, hadir ke TPS masing-masing untuk menyalurkan hak pilihnya.

Dengan begitu dirinya berharap, Karangnunggal tingkat kehadiran Pemilu bisa tinggi, disini Kader Posyandu harus berperan aktif dalam memberikan sosialisasi Pilkada tahun 2020, jangan sampai ada warga yang tidak mengetahui adanya pilkada.

“diharapkan peran aktif kader bisa memberikan sosialisasi Pilkada tahun 2020, agar jangan sampai warg tidak mengetahui adanya Pilkada ini,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Camat Karangnunggal Asep M Dahliana, dirinya mengapresiasi dan penghargaan pada kader sebagai pahlawan, perjuangan mereka berdampak mengurangi angka kematian anak, angka kematian ibu hamil, dan kesehatan masyarakat semakin meningkat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, kami sampaikan terimakasih serta mengapresiasi kader posyandu. Semoga menjadi amal ibadah, perjuangan mereka tanpa pamrih. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 peran kader posyandu dan PKK sangat kami rasakan, semoga masyarakat sadar dan bisa bekerjasama dengan ibu-ibu kader posyandu, TP-PKK dalam meningkatkan kesadaran kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Kader Posyandu, Entin Supartini, mengatakan Kader Posyandu memiliki tugas dan jadwal rutin setiap bulannya. Yakni melakukan pelayan kesehatan di tiap kedusunan dengan jadwal yang berbeda-beda. Ia berterimakasih kepada Pemerintah Kecamatan dan semua pihak dengan adanya pembinaan kader posyandu ini, semoga bisa menambah pengetahuan dalam penanganan kesehatan.

“Terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya pembinaan ini. Semoga kedepan kapasitas dan keterampilan kader posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat, semakin baik," pungkasnya.

Penulis : Iman/PanduDesa