Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Diterima

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA, saat ini anda mencari Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Diterima untuk Pemula, iya anda sudah tepat mencarinya DISINI.

Pasalnya kami akan memberikan sedikit wawasan kami dalam menggunakan Trik Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Diterima bagi Pemula.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Diterima
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Benar dan Diterima

Namun perlu dipahami bersama bahwa, cara membuat lamaran kerja ini sendiri jauh dari kata sempurna masih perlu belajar lagi secara mendalam, dengan demikian ini lebih sebagai pengalaman pribadi saja dalam menerapkan Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Baik, Benar dan Diterima Perusahaan untuk pemula seperti penulis sendiri.

Tidak sampai itu saja sebelumnya kami minta maaf juga bahwasanya artikel ini jauh dari surat lamaran kerja yang berkualitas, dikarenakan disini hanya sebagai tempat belajar kami saja dalam menerapkan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Diterima untuk newbie.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Untuk Pemula

Riset Perusahaan yang dituju

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Diterima perusahaan ini perlu adanya penelitian lebih dahulu latar belakang, sejarah dan bergerak di bidang apa, itu akan menentukan beda beda dalam membuat surat lamaran kerja yang diterima. Dengan penelitian ini diharapkan kita akan mengetahui gaya seperti apa dalam penulisan surat lamaran kerja nya.

Jangan serupa

Cara membuat surat lamaran yang baik untuk Pemula selanjutnya yakni meniru mentah mentah alias di copy paste, alangkah baiknya dalam menulis surat lamaran kerja, utamakan dengan gaya bahasa sendiri, seperti contoh menulis surat lamaran kerja sesuai posisi yang dilamar.

Berikan informasi yang jujur

Cara Menulis Surat lamaran kerja yang baik, benar dan cepat diterima selanjutnya yaitu selalu memberikan informasi pribadi yang jujur apa adanya, jangan sekali kali berbohong, karena nantinya akan di test skill lebih dahulu. Kalau tidak bisa ketika di tanya, ya siap siap bakal dicatat suka berbohong dan tidak lolos.

Jangan bertele-tele

Cara menulis surat lamaran kerja pemula selanjutnya utamakan to the point saja, HRD males membaca jika isinya bertele-tele yang tidak perlu disampaikan itulah tidak penting. Utamakan cantumkan nama, asal, dan pengalaman kerja saja, dan apa alasan anda tepat mengisi posisi pekerjaan tersebut.

Cek tata bahasa dan kalimat

Cara membuat surat lamaran kerja mudah diterima selanjutnya, pastikan dahulu tata bahasa dan susunan kalimat jangan sampai rancu ketika dibaca. Atau menulis lamaran kerja yang diulang-ulang sebaiknya isinya singkat, jelas, padat dan mewakili keseluruhan surat lamaran kerja. Ini penting agar HRD tidak terasa bingung maksud dan tujuan surat lamaran kerja. Diharapkan dengan Menulis Surat lamaran kerja yang singkat, padat, dan jelas akan menambah integritas dan personality anda sebagai pelamar.

Itulah cara membuat surat lamaran kerja fresh graduated atau pemula yang dapat menjadi referensi anda ketika melamar sebuah pekerjaan.

Selain, itu perlu juga diperhatikan struktur penulisan surat lamaran kerja yang dapat anda pahami.

Tips menulis surat lamaran kerja diterima lainnya perlu memperhatikan struktur penulisan surat lamaran kerja, yuk simak apa saja dibawah ini:

Sistematika Penulisan Surat Lamaran Kerja

  • Salam pembuka
  • Nama kandidat dan tujuan mengirim surat
  • Latar belakang pendidikan terakhir
  • Keterampilan (skill) dan pengalaman yang dimiliki (jika ada)
  • Alasan melamar di posisi terkait
  • Kontak berupa email dan nomor HP
  • Salam penutup
  • Lampiran

Setelah mengetahui dasar dasar yang benar dalam membuat surat lamaran kerja pemula diterima, supaya mendapat sedikit gambaran kami sudah menyediakan contoh surat lamaran kerja fresh graduate lulusan SMA SMK ataupun sederajat.

Contoh surat lamaran kerja atau CV Lulusan SMA SMK 

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Alim rugi Indonesia

Dengan hormat, 

Perkenalkan, nama saya regina marthaliaar. Melalui surat ini, saya bermaksud menyampaikan ketertarikan saya untuk bisa bergabung di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Staff pemasaran. Saya mendapat informasi lowongan pekerjaan ini dari koran sapi kodok Karir PT Alim rugi Indonesia.

Saya merupakan lulusan Sekolah Menengah Pertama Kejuruan (SMK) jurusan Administrasi pemasaran. Selama menempuh pendidikan, saya memiliki ketertarikan di bidang administrasi. Saya dapat mengoperasikan komputer dan beberapa Microsoft Office dan Excel untuk keperluan surat-menyurat dan administrasi. Saya juga belajar mengenai etika dasar di kantor, cara mengangkat telepon, menyiapkan ruang rapat, dan memiliki kemampuan public speaking. Saya juga mengikuti pelatihan penggunaan Microsoft Office untuk meningkatkan kemampuan saya.

Meskipun saya masih merupakan lulusan baru, saya yakin dapat berkontribusi di perusahaan Bapak/Ibu dengan keterampilan yang saya miliki. Saat sekolah, saya sempat mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 3 bulan di bagian pemasaran selama 3 bulan. Selama kegiatan PKL, saya ditugaskan untuk melakukan penyortiran dan pendistribusian surat, memelihara dan menata perlengkapan kantor, melakukan pembukuan dasar, serta mempersiapkan ruang rapat atau konferensi. Saya senang belajar hal baru dan bisa bekerja dengan baik secara mandiri maupun tim.

Bersamaan dengan surat ini, saya lampirkan Curriculum Vitae (CV) sebagai pertimbangan Bapak/Ibu. Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk bisa bergabung di PT Alim rugi Indonesia. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Regina marthaliaar

012345678910

Reginamartha@gmail.com