Widget HTML Atas

Ragam Twibbon Hari Jadi DKI Jakarta Tahun 2022 ke-495 Lengkap Dengan Ucapan Dirgahayu di Medsos

Halo saat ini anda sedang mencari Ragam Twibbon Hari Jadi serta ucapan selamat HUT DKI Jakarta akan menyambut dirgahayu pada tanggal 22 Juni 2022 esok.

Ragam Twibbon Hari Jadi DKI Jakarta Tahun 2022 ke-495 Lengkap Dengan Ucapan Dirgahayu di Medsos

Tahun 2022 ini DKI Jakarta memperingati Hari Jadi yang ke-495 dengan mengusung tema "Jakarta Hajatan".

Adapaun diantara cara sederhana yang dapat dilakuin dalam rangka untuk menyambut hari jadinya tersebut yaitu dengan mengunggah twibbon di media sosial.

Dengan mengunggah twibbon di medsos adalah merupakan bentuk ikut dan apresiasi masyarakat terhadap kota tercintanya.

Dalam postingan ini kami akan membagikan 14 twibbon disertai ucapan selamat untuk Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke 495.

Perlu memang diketahui, HUT DKI Jakarta jatuh pada 22 Juni 2022.

Sejarah singkat Jakarta

SEJAK 1956 silam, Hari Jadi Kota Jakarta diresmikan setiap 22 Juni. Jauh sebelum bernama Jakarta, kota ini telah lebih dulu mengalami banyak pergantian nama. 

Pada jaman dulu kota itu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527–1619), Batavia atau Jaccatra (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972). 

Sunda Kelapa (397-1527) 

Jakarta pertama kali dikenal sebagai salah satu pelabuhan kerajaan sunda bernama Sunda Kalapa yang terletak di mulut Sungai Ciliwung. Ibukota Kerajaan Sunda yang dikenal sebagai Dayeuh Pakuan Pajajaran atau Pajajaran (sekarang Bogor) dapat dicapai dari Pelabuhan Minggu Kalapa selama dua hari. Menurut sumber -sumber Portugis, hari Minggu Kalapa adalah salah satu pelabuhan milik Kerajaan Minggu selain pelabuhan Banten, Pontang, Cigede, Tamgara dan Cimanuk. Kerajaan Minggu itu sendiri merupakan kelanjutan dari kerajaan Tarumanagara pada abad ke -5 sehingga pelabuhan ini diperkirakan sejak abad ke -5 dan diperkirakan di ibukota Tarumanagara yang disebut hari Minggu. Pada abad ke -12, pelabuhan ini dikenal sebagai pelabuhan lada yang ditempati. Kapal -kapal asing dari Cina, Jepang, India Selatan dan Timur Tengah berlabuh di pelabuhan ini membawa barang -barang seperti porselen, kopi, sutra, kain, parfum, kuda, anggur dan pewarna untuk ditukar dengan rempah -rempah yang telah menjadi pertukaran produk pada waktu itu.

Jayakarta (1527-1619) 

Portugis adalah negara pertama Eropa yang akan datang di Jakarta. Pada abad ke -16, Surawissa, Raja Minggu, meminta bantuan Portugis ke Malaka untuk mendirikan benteng di hari Minggu Kelapa sebagai perlindungan terhadap kemungkinan serangan lilin yang akan terpisah dari kerajaan hari Minggu. Upaya untuk meminta bantuan Surawissa kepada Portugis di Malaka dikhususkan pada hari Minggu dalam sejarah seloka Mundinglaya Pantun di rumah. Surawissa dianimasikan dengan nama judulnya, Mundinglaya. Tetapi sebelum penciptaan benteng, Cirebon, yang dibantu oleh Demuk, segera menyerang pelabuhan. Minggu menyebutkan bahwa kejadian ini adalah sebuah tragedi, karena serangan itu membakar kota pelabuhan dan membunuh banyak hari Minggu, termasuk pelabuhan pelabuhan. Penentuan ulang tahun Jakarta pada 22 Juni oleh walikota Jakarta Sudiro pada tahun 1956 berdasarkan tragedi pendudukan pelabuhan Kalapa Sunda oleh Fatahillah pada tahun 1527. Fatlahillah mengubah nama kota di Jayakarta yang berarti Kota Kemenangan. Selain itu, Sunan Gunung Jati dari Sultanat Cirebon memberikan pemerintah Jayakarta kepada putranya, Maulana Hasanuddin de Banten yang menjadi Sultan di Kesultanan Banten.

Batavia (1619-1942)

Belanda datang ke Jayakarta menjelang akhir abad ke -16, setelah berhenti di Banten pada tahun 1596. Jayakarta pada awal abad ke -17 diatur oleh Pangeran Jayakarta, salah satu kerabat Sultanat Bantena. Pada 1619, VOC dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen menduduki Jayakarta setelah mengalahkan kesultanan pasukan Banten, kemudian mengubah namanya di Batavia. Selama kolonialisasi Belanda, Batavia menjadi kota yang penting dan penting. Untuk pengembangan kota, Belanda mengimpor banyak budak sebagai pekerja. Sebagian besar dari mereka berasal dari Bali, Sulawesi, Maluku, Cina dan Côte de Malabar, India. Pada 9 Oktober 1740, ada kerusuhan di Batavia dengan pembunuhan 5.000 orang Cina. Dengan kerusuhan ini, banyak orang Cina tidak memiliki kota dan melawan Belanda. Dengan selesainya Koningsplein (Gambir) pada tahun 1818, Batavia berkembang di selatan. Pada tanggal 1 April 1905, di ibukota Batavia, dua kota atau gemente dibentuk, yaitu Gemeente Batavia dan Meester Cornelis. Pada tahun 1920, Belanda membangun kota Taman Menteng. Wilayah ini adalah tempat baru bagi pejabat Belanda untuk menggantikan Molenvliet di utara. Pada tahun 1935, Batavia dan Meester Cornelis (Jatontoa) diintegrasikan ke dalam wilayah Grand Jakarta. Pada tanggal 1 Januari 1926, pemerintah Belanda India Timur menerbitkan peraturan untuk pembaruan sistem desentralisasi dan dekonsentrasi yang lebih luas. Di pulau Jawa, pemerintah otonom provinsi dibentuk. Baca juga: Sejarah Monumen Nasional di Provinsi Provinsi Jawa Barat adalah provinsi pertama yang dibentuk di wilayah Jawa yang diresmikan oleh dekrit pada 1 Januari 1926 dan diumumkan di Staatsblad (Gazette Negara) 1926 No. 326, 1928 No. 27 Jo No. 28, 1928 No. 438 dan 1932 no. 507. Batavia telah menjadi salah satu tempat tinggal di provinsi Jawa Barat selain Banten, Buitenzorg (Bogor), Priangan dan Cirebon.

Jakarta (1942-sekarang)

Kolonialisme dengan Jepang dimulai pada tahun 1942 dan mengubah nama Batavia menjadi Djakarta untuk menarik penduduk Perang Dunia Kedua. Kota ini juga merupakan tempat di mana proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 dan diduduki oleh Belanda sampai pengakuan kedaulatan pada tahun 1949. Nama Jakarta dikonfirmasi lagi pada 22 Juni 1956 di bawah pemerintahan Jakarta Le Maire Sudiro (1952-1960). Sebelum 1959, Djakarta adalah bagian dari Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 1959, status kota Djakarta mengalami perubahan kotamadya di bawah walikota untuk ditingkatkan ke area tingkat satu (DATI I) yang dipimpin oleh gubernur. Pada tahun 1961, status Jakarta berubah dari tingkat pertama ke ibukota (DKI). Penentuan 22 Juni ketika ulang tahun Jakarta didasarkan pada momen fatlahillah berhasil mengusir Portugis Sunday Kelapa pada 22 Juni 1527. Ini ditunjukkan dalam dekrit parlemen kota sementara No. 6 / d / k / 1956. Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta ditentukan oleh PP N ° 2 dari Hukum Juncto 1961 N ° 2 PNP 1961. (Mediaindonesia)

Dalam menyemarakan HUT DKI Jakarta yang tahun ini berusia 495 tahun, dengan membagikan ucapan ke media sosial.

Tertulis pula di logo resmi peringatan HUT DKI Jakarta bertuliskan "Jakarta Hajatan, Celebrate Jakarta dengan slogan Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi" merupakan tema ulang tahun ibukota Indonesia.

Berikut ini deretan 14 ucapan selamat HUT DKI Jakarta yang dihimpun tim redaksi dari berbagai sumber:

1. Pembangunan yang menyejahterakan semua warga adalah hal yang diidam-idamkan pada momen HUT ke-495 Kota Jakarta ini. Selamat hari ulang tahun, Kota Jakarta tercinta!

2. Selamat HUT ke-495 Jakartaku tercinta, semoga di usia yang semakin matang ini, Kota Jakarta dapat menjadi kota yang maju dan membahagiakan warganya.

3. Selama 495 tahun berdiri, tentu saja Kota Jakarta ini menyimpan banyak cerita di setiap sudutnya. Selamat ulang tahun ke-495, Kota Jakarta!

4. Beli soto betawi di Gondangdia, jangan lupa minumnya es kelapa. Dirgahayu DKI Jakarta, semoga maju kotanya, sejahtera warganya.

5. Selamat Ulang Tahun ke-495 Kota Jakarta! Teruslah maju dan berkembang untuk memberi kesejahteraan bagi seluruh warga di tiap sudutnya!

6. Selamat HUT ke-495 Kota Jakartaku tercinta. Usia yang telah matang untuk menjadi kota yang tak hanya modern, namun mampu menjadi penghidupan yang baik bagi setiap warganya.

7. Dirgahayu Kota Jakarta! Bersama kita bisa bangkit dan menjadikan kota ini nyaman bagi tiap warganya.

8. Selamat ulang tahun untuk ibu kota negara tercinta DKI Jakarta, yang ke-494 tahun. Semoga selalu sejahtera dan maju bersama!

9. Bang Somat ke kota tua, beli baju bareng si Maya. Selamat ulang tahun DKI Jakarta, semakin maju dan tetap jaya!

10. Mari kita bersama-sama menjaga Jakarta tercinta. Selamat Ulang Tahun ke-495 Kota Jakarta!

11. Selamat hari jadi ke-495 Kota Jakarta! Semoga selalu menginspirasi dan menjadi panutan bagi kota-kota di Indonesia untuk berkembang bersama.

12. Ke Kwitang naik kereta, mampir dulu ke Gondangdia. Selamat ulang tahun Kota Jakarta, semoga maju dan selalu bahagia!

13. Dalam usia yang ke-495, semoga Kota Jakarta selalu diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menjadi rumah yang nyaman bagi tiap warganya. Aamiin ya robbal 'alamin.

berikut kumpulan ucapan selamat HUT DKI Jakarta 2022 dalam Bahasa Inggris, cocok dijadikan status di WhatsApp dan Instagram.Jakarta.

1. Happy birthday Jakarta! As your name reflected your birth history as the 'City of Victory' 495 years ago, may you continue to be a solid, healthy, and prosperous.

2. Happy Birthday Jakarta! It's been 495 years, Jakarta has transformed to one of the busiest city in the world. Hope the pandemic will end soon.

3. Happy 495th anniversary to the city that never sleeps, Jakarta!

4. Jakarta is not just a place to wander, it's a feeling that I always try to put in words but can't. It is chaotic, yet beautiful. Happy birthday our capital city!

5. Happy 495th anniversary to our beloved capital! Jakarta has come a long way from its days as the metropolitan city of Indonesia, a city that never sleeps, the center of government, business and cultural.

6. Wish you many years of success and innovations. Happy anniversary!

7. Keep up the good work to make Jakarta a safe and comfortable city to stay in. Happy 495th anniversary Jakarta.

8. Happy Birthday For Djakarta City. Hopefully More Advanced, Modern and Glorious.

Inilah 14 ucapan selamat HUT DKI Jakarta yang pas pisan dibagikan ke media sosial: Facebook, Twitter, Instagram atau tiktok

Dilansir MEDIABRITA dari laman Twibbonize.com, berikut ini link twibbon HUT DKI Jakarta ke-495 tahun 2022.

Link 1: https://www.twibbonize.com/hajatann

Link 2: https://www.twibbonize.com/hut495dkijakarta

Link 3: https://www.twibbonize.com/hutdkismpn45jkt

Link 4: https://www.twibbonize.com/6272627

Link 5: https://www.twibbonize.com/urlthabad2022

Link 6: https://www.twibbonize.com/hutdkijakartalubna

Link 7: https://www.twibbonize.com/abrhajatan495dkijakarta22juni

Link 8: https://www.twibbonize.com/panduan495

Link 9: https://www.twibbonize.com/dirgahayujakarta495

Link 10: https://www.twibbonize.com/jakarta495

Link 11: https://www.twibbonize.com/hutjkt495

Link 12: https://www.twibbonize.com/hutdki495

Link 14: https://www.twibbonize.com/hutdkijkt495th