Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100 Twibbon Hari Raya Waisak 4 Juni 2023, Cocok Share ke Medsos Lengkap Sejarahnya

MEDIABRITA - Peringatan Hari Raya Waisak atau Waisak 2567 BE tahun ini bertepatan jatuh pada hari senin tanggal 4 Juni 2023. Dalam rangka menyemarakkannya Anda dapat memposting ke medsos foto berupa twibbon hari Waisak 2023 supaya lebih meriah.

Namun tenang dalam postingan ini kami akan menyajikan deretan link twibbon hari raya Waisak 2023 khusus untuk Anda yang sedang merayakannya. 

Pasalnya Hari Raya Waisak ialah merupakan momen sakral dalam perayaan yang diperingati oleh umat Budha di seluruh dunia pada tiap tahunnya.

Penetapan Hari Raya Waisak berdasarkan pada penanggalan kalender Buddha atau Buddhist Era (BE). Dan pada tahun 2023 ini, penanggalan Buddha telah memasuki tahun ke-2567 BE.

Tak hanya itu, Waisak juga disebut dengan nama lain Trisuci Waisak pasalnya disana menggambarkan 3 peristiwa yang amat penting bagi umat Buddha.

Diantaranya yakni, pertama kelahiran Sidharta Gautama sang pendiri ajaran agama Buddha, kemudian diangkatnya Siddharta menjadi Buddha, sampai dengan wafatnya Buddha Gautama.

Membuat bingkai foto Twibbon Hari Raya Waisak tahun 2023 untuk postingan media sosial hingga aplikasi penghasil uang ialah sebagai kiriman ucapan merupakan salahsatu bentuk toleransi antar umat beragama.

Sementara itu, dimana beragam link Twibbon Hari Raya Waisak tahun 2023 dapat anda diunggah secara gratis.

Twibbon Hari Raya Suci Waisak 2023 ini pas bangat untuk dijadikan sebagai kartu ucapan ke medsos di status Intagram maupun apk penghasil uang milik anda. 

Adapu untuk Bingkai foto ucapan ini menjadi salah satu cara sederhana dalam merayaknnay, sebagai ucapan yang disertai dengan foto bernuansa hari besar dan juga foto pribadi kita.

Umat Buddha sendiri bakalan mempringati hari besar yang suci yang disebut Waisak atau Tri Suci. Waisak atau Tri suci ini bakalan disemarakan pada hari Minggu 4 Juni 2023 Tahun Masehi atau 2567 Buddhist Era. Waisak sendiri mempunyai beberapa sebutan bagi beberapa negara yang memeluk ajaran Buddha.

Supaya lebih dapat memaknai Hari Raya Waisak 2023 ini marilah disimak terlebih dahulu sejarah singkatnya Waisak sendiri dibawah ini.

Waisak dirayakannya setiap Mei untuk tepatnya pada waktu terang bulan atau jika istilah lain yaitu Purnama Sidhi untuk meryakannya Trisuci Waisak yaitu ada 3 peristiwa penting, yaitu kelahiran, penerangan agung, dan kematian Buddha Gautama.

1. Lahir Pangeran Siddharta

Pangeran Siddharta ialah merupakan seorang putra dari pasangan Raja Sudodhana dan Ratu Mahamaya yyang lahir di Taman Lumbini pada ttahun 623 sebelum Masehi.

Kelahiran Pangeran Siddharta ini sendiri bertujuan untuk menjadi seorang Bodhisattva yaitu calon Buddha yang bakal menccapai kebahagiaaan tertinggi.

2. Pangeran Siddharta menccapai Penerangan Agung

Ketika saat di usia 29 tahun, Pangeran Siddharta perrnah pergi meningggalkkan istana untukk mencari kebebbasan dari umur tua, sakit dan mati.

Lebih tepattnya ketika memasuki Purnama Sidhi bulan Waisak yang jattuh tepat pada tahun 588 sebelum Masehi (SM), Pangeran Siddharta menncappai Penerangan Agung serta memproleh gelar sebagai Buddha.

3. Pencapaian Parinibbana

Kemudian ketika usia 80 tahun, Sang Buddha wafat attau mencappai parinibbana di Kusinara padda 543 sebellum Masehi. Para pengikutt nya pun melakukkan sujud sebbagai benttuk penghormatan terakhhir kepada Sang Buddha.

3 peristiwa yang melandasi sejarah Hari Waisak ini diputuskkan dallam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists-WFB) di Sri Lanka pada 1950.

WFB tersebut mengesahkannya periangatan hari Waisak pada purnama perttama di Mei dan terus diperingati settiap tahunnnya di bulan sama, akan tetapi tanggal berbeda-beda disesuaikannya kalender lunar kuno Vesakha.

Sementara itu, untuk nama Waisak sendiri awal mulanya dari salah satu bulan penangggalan India kuno yyang juga disebut Vesakha, Vesak, atau Wesak.

Ada ragam perbedaan cara umat Buddha di berbaggai bellahan dunia dallam merayakkan Waisak hal itu sendiri bergantung tradisinya masing-masing. Di Indonesia pun, perayaan Waisak pada umumnya diselenggarakkan di komplek area Candi Borobudur.

Dalam acara rangkaiaan pelaksanaannya terddapat beberapa pokok Waisak yang meliputi diantanaya adalah:

Pengambilan air berkat yang ada di kawasan mata air Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah.

Menyallakkan obor yyang mengggunakan sumber api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

Melaksanakkan ritual Pindapatta denggan memberi dana makkanan kepadda para biksu dalam rangka melakukan kebajikan.

Samadhi padda detik-dettik puncak bulan purnama. Penenttuan bulan purnama ini ilaah merupakan berdasarkan perhitungan falak, sehhingga puncak purnama dappat terjadi pada siang hari.

Tidak hanya itu dalam kegiatan pokok, perayaan Waisak jjuga umumnya dimeriahkannya dengan pawai serta acara kesenian lain nya. Perayaan Waisak di Borobudur sellalu menjjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Di Nepal, dalam rangka perayaan Waisak dikkenal dengan sebutan Buddha Jayanti, umat Buddha dari bebrbagai penjuru dunia mengunjungi Lumbini ttempat kelahiran Buddha untuk sembahyang di kuil.

Sementara itu beda lagi di Thailand, Hari Waisak atau Visakha Bucha biassanya dilaksanakan di King's Grand Palace, Bangkok denggan menyalakkan ribuan lilin di sekitar patung Buddha.

Kemeudian yang ada di Korea Selatan, perayaan Waisak bakal dimulai seminggu sebelum hari-H. Umat Buddha Korea Selatan menddekorasi candi dan kuil dengan lentera warna-warni.

Ketika melakukan rakaian ibadah di kuil, umat Buddha Korea Selatan jjuga melakukkan tradisi menulis harapan dan menggantungkkannya di lentera.

Sementara itu, dalam sejarah Hari Waisak dan tanggal perayanya sendiri ini telah diresmikannya sebagai hari libur Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983.

Baiklah inilah deretan 100 link twibbon Hari Raya Waisak tahun 2023 yang sangat cocok untuk mempostinga langsung di Medsos Instagram, Twitter hingga aplikasi penghasil uang dengan link bingkai twibbon menarik lainnya.

Twibbon Hari Raya Waisak 2023>>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

Twibbon Hari Raya Waisak 2023 >>>

https://twb.nz/diesuns46

https://twb.nz/dirgahayuppni49

https://www.twibbonize.com/harlah63pmii

https://www.twibbonize.com/u/isramirajon2023

https://www.twibbonize.com/link-lebaran1444

https://www.twibbonize.com/link-idulfitri1444

https://www.twibbonize.com/diesuns46

https://www.twibbonize.com/link-harpancasila2023

Baca informasi lainnya

Demikianlah deretan ragam 100 Twibbon Hari Raya Waisak Tahun 2023 yang dapat kami rangkumkan yang terpopuler, untuk postingan media sosial Instagram Twitter hingga Aplikasi penghasil uang milik anda. Tunggu apa lagi ayo semarakan dengan menggunakan Twibbon, selamat mencoba.

Baca informasi lainnya