Widget HTML Atas

8 Link Twibbon Hari Hansip Tanggal 19 April 2022 Desain Keren dan Lucu, Lengkap Dengan Tugas dan Sejarahnya!

Halo Saat ini anda sedang mencari link twibbon selaat Hari Pertahanan Sipil disingkat Hari Hansip 19 April 2022, sudah tepat DISINI, lengkap juga dengan sejarahnya.

8 Link Twibbon Hari Hansip Tanggal 19 April 2022 Desain Keren dan Lucu, Lengkap Sejarahnya

Twibbon ucapan selamat Hari Hansip 2022 tanggal 19 April 2022 ini hadir dengan design keren dan lucu, yang cocok unggahan postingan medsos maupun aplikasi penghasil uang milik anda.

Tidak hanya itu pula, twibbon ucapan selamat Hari Hansip 2022 ini dapat di download secara gratis dan sangat mudah untuk memasannya.

Namun tahukah sejarahnya Hari Hansip? Dan juga punya tugas dan tanggungjawab berat, penasaran? Yuk simak dulu ini penjelasanyya.

Dilansir dari situs tirto.id, Pertahanan Sipil disingkat Hansip ialah merupakkan organisasi pertahanan yyang dibentuk pemerintah ddengan tujuan untuk menjaga keamanan di lingkungan masyarakat. 

Namun dengna berkembangnya jaman, kini hansip berrubah nama menjjadi Perlindungan Masyarakat (Linmas). 

Dalam pelaksanaanya, hansip berjjalan berdasarkan Ketettapan Presiden Nomor 128 Tahun 1962 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, Koordinasi dan Pengawasan Pertahanan Sipil (Hansip) dan Perlawanan Rakyat (Wanra). 

Selain itu pula mengacu terhadap Keputusan Wakil Menteri Pertama Urusan Pertahanan/Keamanan Nomor MI/A/72/62 tanggal 19 April 1962 tenttang Peraturan Pertahanan Sipil. 

Maka dari itu, sampai dengan sekarang setiap tanggal 19 April diperingati sebagai Hari Pertahanan Sipil. 

Melansir dari lamindaku, hansip mempunyai sejarah yyang cukup amat panjang. Diketahui, organisasi ini ttelah ada sejak tahun 1939, dimana pada jaman pemerintahan Hindia Belanda, yang berfungsi unttuk menghadapi serangan dari Jepang. 

Awalnya Hansip berrnama LBD (Lucht Bescherming Dients), dan punyai tugas menjadi tim dalam bergerak cepat unttuk memberikan informasi serta melindungi masyarakat dari serangan udara. 

Pada tahun 1934, ketika Jepang berkuasa, kemuddian dibenttuk organisasi yang mirip dengan LBD, bernama Pertahanan Sipil (Hansip). Addanya organisasi ini, dimanfaattkan untuk menjaga keamanan, mengumpulkan dana, mengatur distribusi bahan makanan, dan lain-lain. 

Tugas Hansip Cakupan dari hansip pun kian berkkembang luas. Hansip ditemukkan di tingkat pusat sampai tingkat daerah, denngan dikoordinir oleh para Aparatur Sipil Negara. 

Pada massa pemerinttahan Jepang, hansip dibentuk hinggga lingkungan masyarakat terkecil ddalam bentuk Gumi atau Rukun Tetangga (RT). Dengan berbaggai perubahhan pemerintahan yang ada, berubah pula nama Hansip yyang kemudian ditettapkan menjjadi Perlindungan Masyarakat atau Linmas pada tahun 2002. 

Meskipun beda dalam penyebutan, akan tetapi tugas pokoknya tettap sama, yakkni untuk membantu dallam menciptakan keamanan lingkungan, misalnya membina ketertiban masyarakat dan sosial masyarakat. 

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 tahun 2004, pembinaan Linmas disserahkan pada Pemerintah Daerah melallui Satuan Pamong Praja (Satpol PP). Ketentuan ini mengattur tentang urusan wajib yyang menjadi kewenangan Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota, meliputi penyelenggarraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat termasuk di dallamnya perlindungan masyarakat. 

Sehingga dengan begitu, kewenangan Linmas berrada di bawah tanggung jawab Bupati dan Gubernur, selaku Pemerintah Daerah. Keberadaan Linmas di lingkungan masyyarakat masih sangat diperlukkan. 

Mulai dari acara kecil, namun acap kali keterlibatan Linmas seringkkali juga diikuttsertakan dalam berbagai acara besar. Beberapa kegiatan yyang masih membutuhkkan Linmas di lingkungan masyarakat, antara laiin hajatan, pemilihan kepala desa, ronda, dan masih banyak lainnya. 

Adapun Upah yang ditterima seorang Linmas tiddaklah sebanding dengan tanggung jawab yang diemban. Sebab, upah tersesbut didapattkan dari atau desa mereka masing-masing. 

Seperti dikettahui, tidak semua daerah memilliki dana desa yang cukup besar. Hal inilah yang menyebabkkan upah Linmas di tiap daerah berbeda-beda. meskipun sama-sama menjaga keamanan, tettapi Linmas tidak mendapatkan gaji yang llayak seperti Satpol PP atau polisi.

Itulah sekilas mengenai agaimana sejarah serta tugas-tugas dan lainnya mengenai HANSIP.

Setelah mengetahui sejarah hansip ada baiknya kita sebagai warga masyarakat ikut serta dalam memperingati hari Hansip tahun 2022 ini dengan segala cara.

Salah satunya, dengan mengunduh twibbon ucapan selamat Hari Hansip 19 April 2022, ingat jangan malu untuk meng upload di status media sosial dan apk penghasil kalian agar semakin semangat dalam menjaga keamanan dan ketertian lingkungan masyarakat kita.

Nah biar makin semarak yuk pasang twibbon Hari Hansip yang dapat pula dibagikan ke rekan, teman dan warga netizen di seluruh Indonesia, inilah Link Twibbon Hari Hansip diantaranya:

1. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/harihansip122

2. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/harihansip2022

3. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/harihansip125

4. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/harihansip126

5. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/harihansip22022

6. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/uha2022

7. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/khangded

8. Link Twibbon Hari Hansip 2022

https://www.twibbonize.com/harihansip124

Demikianlah, Link Twibbon Hari Hansip 2022, diperingati tanggal 19 April tiap tahunnya, yang lengkap dengan sejarah berdirinya yang dapat diunduh secara gratis, cocok untuk unggahan postingan media sosial dan aplikasi penghasil uang, semoga manfaat dan selamat mencoba.