Widget HTML Atas

Download! Contoh Format Kartu Inventaris Barang (KIB) Desa Terbaru

Download! Contoh Format Kartu Inventaris Barang (KIB) Desa Terbaru

Contoh Format Kartu Inventaris Barang (KIB) Desa Terbaru
Contoh Format Kartu Inventaris Barang (KIB) Desa Terbaru

Halo sahabat pembaca mediabrita pada postingan kali ini kami akan memberikan Contoh Format Kartu Inventaris Barang (KIB) Desa, yang terbaru dan bisa di download dalam format ms exel.

Namun sebelum itu perlu diketahui dahulu apa itu KIB, Jenis KIB dan Manfaat dari KIB itu sendiri.

Biasanya dalam petugas pencatatan Kartu Inventaris Barang (KIB) di desa ini adalah oleh Kaur Tata Usaha dan Umum atau Kaur TU. Namun tidak ada salahnya lagi jika hal ini bisa bekerjasama dengan Kaur Perencanaan, hal ini karena erat kaitannya dengan proyek pembangunan dengan perencanaan yang ada di desa.

Definisi Kartu Inventaris Barang (KIB) 

Kartu Inventaris Barang (KIB) ialah kartu yang merupakan aset dari suatu organisasi, lembaga atau pemerintahan baik itu desa maupun sampai dengan provinsi, termasuk juga aset sekolah. 

Jenis Kartu Inventaris Barang (KIB)  

Kartu Inventaris Barang (KIB) mempunyai beberapa jenis yakni dapat dibedakan menjadi 6 (enam) Jenis diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Kartu Inventaris Barang (KIB) A (Tanah)
  2. Kartu Inventaris Barang (KIB) B (Peralatan dan Mesin)
  3. Kartu Inventaris Barang (KIB) C (Gedung dan Bangunan)
  4. Kartu Inventaris Barang (KIB) D (Jalan, Irigasi dan Jaringan)
  5. Kartu Inventaris Barang (KIB) E (Aset Tetap Lainnya)
  6. Kartu Inventaris Barang (KIB) F (Konstruksi dalam Pengerjaan)

Nah untuk setiap jenis Kartu Inventaris Barang (KIB) ini tentunya mempunyai manfaat dan kegunaan yang berbeda.

Manfaat dan Kegunaan Kartu Inventaris Barang (KIB)

Kartu Inventaris Barang (KIB) A ialah kartu inventaris barang merupakan yang dipakai khusus dalam menuliskan data/aset barang berupa aset tanah seperti nama barang, luas tanah, tahun perolehan, kepemilikan, letak tanah, status tanah, penggunaan, harga dan keterangan.

Kartu Inventaris Barang (KIB) B ialah kartu inventaris barang yang dipakai untuk menuliskan data inventaris berupa peralatan dan mesin seperti nama barang, merek/type, ukuran/cc, bahan, tahun perolehan, nomor rangka/mesin/stnk, harga, BAST, kontrak dan keterangan.

Kartu Inventaris Barang (KIB) C ialah kartu inventaris barang yang dipakai dipakai untuk mencatat atau menuliskan data barang inventaris berupa gedung dan bangunan nama barang, tahun perolehan, kondisi barang, konstruksi bangunan, luas lantai, alamat barang, dokumen gedung, luas tanah, penggunaan, status tanah, harga, BAST, kontrak dan keterangan.

Kartu Inventaris Barang (KIB) D ialah kartu inventaris barang yang dipakai untuk menuliskan data berupa jalan, irigasi, dan jaringan seperti nama barang, tahun perolehan, konstruksi, panjang, lebar, luas, letak/alamat, dokumen/tgl/nomor, status tanah, nomor kode tanah, cara perolehan, kondisi, harga, dan keterangan.

Kartu Inventaris Barang (KIB) E ialah kartu inventaris barang yang dipakai untuk mencatat atau menuliskan data aset tetap yang lainnya artinya data yang tidak masuk kedalam kategori ke dalam KIB A s.d D.

Kartu Inventaris Barang (KIB) F ialah kartu inventaris barang yang yang mempunyai kegunaan untuk mencatat data barang yang masih dalam tahap konstruksi dalam pengerjaan (pembuatan).

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Contoh Format Kartu Inventaris Barang (KIB) yang ada di Desa, semoga bermanfaat dan jika diantara para sahabat yang menginginkan Contoh Kartu Inventaris Barang (KIB) Terbaru silahkan download dibawah ini.

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.

AMBIL DISINI Contoh Format Kartu Inventaris Barang (KIB) Desa