Widget HTML Atas

√5 Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja Perfect Terbaru 2022, Ini Kata Pakarnya!

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA, ketika sahabat akan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar ialah merupakan sesuatu hal yang tak pernah dipelajari di bangku sekolah ataupun meja kuliah. 

Namun, ini menjadi penting dipelajarinya ketika sahabat memulai ingin mendapat pekerjaan di sebuah kantor atau pabrik.

Di jaman era digital macam sekarang, di google sudah banyak sediakan langkah-langkah ketika membuat Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran kerja.

√5 Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja Perfect Terbaru 2022, Ini Kata Pakarnya!

Akan tetapi, bahwa contoh surat lamaran yang bertebaran di blog pribadi maupun website itu bukan hanya untuk di copy paste namun hanya dijadikan referensi sahabat saja.

Nah, ketika sahabat mendarat di postingan MEDIABRITA ini, sudah tepat sekali dan teruskan membaca sampai habis, karena disini bakal dikupas lebih dalam mengenai hal apa saja yang mesti diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja agar bisa diterima sejumlah perusahaan bonafit.

Seperti dilansir dari detik.com, pakar karier dari Harvard Extension School, Linda Spencer berpendapat bahwa pada intinya ada dua kunci supaya surat lamaran terlihat baik dan benar.

Kesatu, sampaikan dengan jelas bahwa sahabat itu adalah pelamar adalah orang yang tepat untuk posisi sedang dicari.

Kedua pelamar mestinya berikan nilai-nilai tambah kepada perusahaan, hal tersebut dilansir dari laman Harvard Extension School.

Menurutnya, manajer atau tim HRD hanya bakal melihat surat lamaran tersebut selama 7 detik, ingat hanya sebentar saja, makanya disarankan ketika membuat surat lamaran atau CV mestinya secara padat dan jelas. 

Adapun cara membuat surat lamaran yang baik dan benar menurut Linda dari Harvard Extension School, diantaranya sebagai berikut:

Buatlah Dokumen Padat dan Jelas

Menurut Linda dari Harvard Extension School menekankan akan pentingnya mengetahui bahwa resume dan surat lamaran ialah merupakan dokumen pemasaran. Sehingga, perlu digaris bawahi bahwa rata-rata manager atau tim HRD mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 7 detik saja dalam meninjau dokumen tsbt.

Manager dan Tim HRD hanyalah membaca sekilas saja, untuk itu para pelamar mesti menuliskan dengan jelas subjek lamaran ditujukan dan posisi yang mau dilamar.

Jangan Terlalu Panjang

Salah persepsi apabila surat lamaran kerja harus yang panjang-panjang. Surat lamaran bisa berisi 1 atau 2 halaman yang menampilkan pencapaian tertinggi atau seputar pengalaman yang terdahulunya adalah paling baik dan sudah cukup.

Hindarkan Pemakaian Kata 'Saya' yang Berlebihan

Linda dari Harvard Extension kembali menyarankan agar tidak memakai kata 'saya' yang sangat banyak pasalmnya dapat menunjukan bahwa pelamar ialah merupakan orang yang egois.

Lebih lanjut, ia juga menganjurkkan supaya pelamar tidak terlalu membahas mengenai diri sendiri akan tetapi lebih difokuskan kepada yang dapat diberikan kepada perusahaan.

Tunjukan Antusiasme

Ia juga menambhakn ketika membuat surat lamaran pekerjaan, tidak boleh lupa dengan menunjukan rasa antusiasme untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut. Jelaskan pula bahwa apa yang sahabat dituju terhadap masa depan, mempunyai visi misi serupa dengan apa yang bakal sahabat kerjakan di perusahaan yang bakal dilamar.

Format Rapih dan Mudah Dipahami

Nah, cara membuat surat lamaran kerja terakhir yakni, buatlah format supaya lebih mudah dipahami dan pastinya rapih, apabila bisa, surat lamaran kerja mestinya memiliki bentuk dan ukuran tulisan yang tetap yakni sama dan dapat dimuat dalam satu halaman. Nah. Apabila sahabat membuat surat lamaran dalam format pdf, usahakan dokumen itu dapat diterima dengan baik dan benar.

Demikianlah sekilas mengenai Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar kata Pakar Harvard, semoga di tahun ini sahabat mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang layak, bisa-bisa juga memperoleh jabatan tinggi yang selalu diidamkan para sahabat. Good Work, Good Health (jangan nanya artinya bingung, haha).