Widget HTML Atas

Pinjaman KUR Mandiri Capai Rp 50 Juta Tanpa Jaminan, Minat? Simak Jenis, Manfaat dan Syaratnya

Pinjaman KUR Mandiri Capai Rp 50 Juta Tanpa Jaminan, Minat?

Pinjaman KUR Mandiri Capai Rp 50 Juta Tanpa Jaminan
Pinjaman KUR Mandiri Rp 10 Juta sampai Rp 50 Juta 

Halo sahabat pembaca mediabrita pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai Pinjaman Kredit Usaha Rakyat / KUR Mandiri Capai Rp 50 Juta Tanpa Jaminan Terbaru di Akhir tahun ini.

Pasalnya Bank Mandiri memberikan pinjaman untuk para sahabat pellaku Usaha Mikro Kecil & menengah biasa disingkat dengan UMKM.

Adapun untuk Pinjaman yang bakal diberikan ini tentunya merupakan program dari pemerintah, yaitu melalui kredit usaha rakyat (KUR). Tak hanya itu saja pinjaman yang akan diberikan oleh Bank Mandiri sendiri untuk program KUR ini yaitu mulai dari Rp 10 juta peminjaman sahabat juga bisa ditambah mencapai Rp 50 juta tanpa jaminan, apabila cicilan para sahabat itu tentunya lancar jaya. 

Dengan demikian tentunya dapat meringankan untuk sahabat para debitur. Karena pemerintah juga pun memberikan subsidi bunga hingga 3% bagi para debitur KUR Mandiri sebagian dari program untuk Pemulihan Ekonomi Nasional  atau biasa disingkat dengan PEN. Sebagai tambaan informasi yaitu Bunga 3 persen untuk KUR yang disalurkan oleh Bank Mandiri, BRI dan BNI ini berlaku hingga akhir Desember 2021.

Manfaat Pinjam KUR Bank Mandiri

Adapun Manfaat dari mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) dari Bank Mandiri bagi para sahabat pelaku UMKM, diantaranya sebagai brikut.

1. Pinjaman KUR ini dapat digunakan untuk menambah modal usaha supaya maju terus berkembang.

2. Dengan adanya bunga KUR yang Rendah ini di harapkan nantinya dapat menarik minat para pelaku UMKM supaya tertarik dan mengajukan pembiayaan ke Bank.

3. Dengan begitu masyarakat para pelaku UMKM dapat minat dan berdaya tarik untuk mengajukan pinjaman ke bank demi menambahkan untuk modal usahanya kelak.

4. Dengan adanya KUR ini dapat menjadikan sebuah solusi terhadap masyarakat semua khususnya bagi pelaku UMKM dalam menambah modal usaha alhasil dapat bertahan syukur-syukur dapat bangkit usahanya.

5. Melalui KUR yang disalurkan oleh bank milik negara Seperti adanya Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI dengan tidak dikenakan jaminan atau agunan.

Sementara itu untuk batas tinggi pinjaman uang tuk para UMKM capai Rp50 juta, akan tetapi kebiasaanya pemberian pinjaman awal diberikan sekitar Rp10 juta saja.

Jenis KUR Bank Mandiri

Berikut ini Jenis KUR Bank Mandiri sendiri, yakni mempunyai 5 jenis KUR diantaranya sebagai brikut

1.KUR Super Mikro, 2.KUR Mikro, 3.KUR Kecil, 4.KUR Khusus, 5.KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan KUR Khusus.

KUR / Kredit Usaha Rakyat ialah merupakan kredit atau pembiayaan yang diberikan melalui Bank kepada UMKM yang bersifat feasible tapi belum bankable.

KUR sendiri mempunyai tujuan untuk dalam meningkatkan dan memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, dan untuk menanggulangi kemiskinan.

Berikut ini terdapat 5 jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri diantaranya:

1.KUR Super Mikro

Melalui dengan batas pinjaman maksimal sampai dengan Rp10 juta rupiah per peminjam dan jangka waktu untuk Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) dengan maksimal 5 tahun.

2.KUR Mikro

Dengan melalui batas pinjaman diatas Rp 10 Juta maksimal sampai dengan Rp50 juta rupiah per peminjam dan jangka waktu untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimal 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.

3.KUR Kecil

Dengan melalui batas pinjaman diatas Rp 50 juta  rupiah sampai dengan batas maksimal Rp500 juta rupiah per debitur, dan jangka waktu untuk Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun

4. KUR Penempatan TKI

Dengan melalui batas kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta rupiah per debitur dengan jangka waktu paling lama sama dengan masa kontrak kerja dengan tidak melebihi jangka waktu paling lama yakni selama 3 (tiga) tahun.

5. KUR Khusus

Dengan melalui batas sampai dengan Rp500 juta rupiah diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama-sama dalam bentuk klaster dgn memakai mitra usaha dalam komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, atau komoditas sektor produktif lain yang dapat dikembangkan untuk menjadi KUR Khusus.

Dalam KUR Khusus ini, mempunyai jangka waktu KUR khusus yaitu Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 4 tahun, disisi lain dalam Kredit Investasi (KI) mempunyai jangka waktu maksimal 5 tahun.

Manfaat KUR Bank Mandiri

Berikut ini adala Manfaat KUR jika sahabat menjadi meminjam uang di Bank Mandiri diantaranya adalah

1. KUR di Bank Mandiri Proses mudah dan cepat

2. KUR di Bank Mandiri memiliki Persyaratan kredit yang ringan

3. KUR Bank Mandiri Agunan adalah berupa objek yang dibiayai

4. KUR Bank Mandiri memiliki Suku bunga 6% efektif per tahun

5. Untuk Agunan tambahan KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil sd Rp 100 Juta, dan KUR Penempatan TKI tidak dipersyaratkan, sementara itu untuk KUR Kecil > Rp 100 Juta dipersyaratkan berupa tanah dan/ atau bangunan atau kendaraan bermotor sesuai dengan ketentuan bank.

KUR mempunyai target market, yakni sebagai berikut:

1. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;

2. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang bepenghasilan tetap atau bekerja sebagai pekerja migran Indonesia.

3. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari pekerja migran indonesia yang pernah bekerja di luar negeri;

4. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di wilayah perbatasan dengan negara lain;

5. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Tentara Nasional Republik Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia dan/atau pegawai pada masa persiapan pensiun;

6. Kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang meliputi :

7. Kelompok Usaha Bersama (KUBE);

8. Gabungan Kelompok Tani dan Nelayan (Gapoktan), atau Kelompok usaha lainnya.

9. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja;

10. Calon Pekerja Migran Indonesia yang akan bekerja di luar negeri; dan/atau

11. Calon Peserta Magang di luar negeri;

12. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari ibu rumah tangga.

Syarat Pinjam KUR Bank mandiri

Nah apabila para sahabat sudah merasa tertarik KUR, inilah syarat pengajuan KUR ke Bank Mandiri mesti melengkapi beberapa dokumen sebagai berikut diantaranya:

1. KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus

Adapun syarat KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus adalah:

Nomor Induk Berusaha disingkat NIB atau Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil / SKU yang diterbitkan oleh RT/RW, kelurahan/desa, atau pejabat yang berwenang dan/atau surat keterangan yang dipersamakan lain nya sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dapat dibuktikan melalui kartu identitas berupa e-KTP atau Surat Keterangan /Suket Pembuatan e-KTP. NPWP untuk limit diatas Rp 50 Juta.

2. KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia

Adapun syarat KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia adalah sebgai berikut:

Nomor Induk Kependudukan atau NIK) yang dapat dibuktikan melalui kartu identitas berupa e-KTP atau Surat Keterangan/ Suket Pembuatan e-KTP, Perjanjian penempatan Pekerja Migran Indonesia yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia.

Perjanjiian Kerja dgn pengguna bagi Pekerja Migran Indonesia baik yng ditempatkan oleh pelaksana penempattan tenaga kerja dan/atau tennaga magang Indonesia, Pemerintah atau Pekerja Migran Indonesia yang bekerja secara perseorangan.

Berikut syarat pengajuan KUR Mikro dan KUR Ritel diantaranya:

1. Calon Debitur/ Debitur tidak mempunyai kredit atau

2. Calon Penerima KUR Mikro dan Kecil dapat sedang menerima kredit/pembiayaan yaitu KUR pada penyalur yang sama, kredit kepemilikan rumah, kredit/leasing kendaraan bermotor, kartu kredit, dan resi gudang dengan kolektibilitas lancar.

3. Dalam hal Calon Debitur/ Debitur masih mempunyai baki debet Kredit Produktif dan/ atau Kredit Program di luar KUR tetapi yang bersangkutan telah melunasinya, sehingga diperlukan Surat Keterangan Lunas/ Roya dgn lampiran cetakan rekening Koran darri Bank Sebelum nya.

4. Tidak termasuk Daftar Hitam Nasional Penarik Cek dan/ atau Bilyet Giro Kosong.

5. Usia Calon Debitur minimal 21 tahun atau telah menikah dengan dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau Akte Kelahiran/ Surat Kenal Lahir atau Kartu Keluarga (KK) atau Surat Nikah dari Instansi yang berwenang) dan saat kredit lunas usia maksimal 60 tahun.

6. Memiliki untuk usaha produktif dan layak yang sudah berjalan 6 (enam) bulan.

Berikut syarat untuk pengajuan KUR Penempatan TKI diantaranya:

1. Memiliki usia minimal 21 (dua puluh satu) tahun dengan dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau akte kelahiran/ Surat Kenal Lahir dari instansi yang berwenang.

2. Calon TKI dimungkinkan mempunyai usia minimal 18 tahun, akan tetapi mesti menyerahkan Surat ijin dari suami/ istri/ orang tua/ wali untuk bekerja di luar negeri.

3. Calon debitur/ debitur tidak mempunyai kredit atau memilikki kredit dgn kolektibilitas seluruhnya Lancar dan tidak termasuk Daftar Hitam Nasional Penarik Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong.

Cara Mudah Mengajukan KUR Bank Mandiri

1. Calon debitur dapat  menanyakan terlebih dahulu apa syarat atau dokumen dapat yang diperlukan, dapat bertanya via call ataupun media sosial resmi.

2. Sesudah persyaratan lengkap, calon debitur datang ke kantor cabang Bank Mandiri sesuai domisili

3. atau tempat tinggal dgn membawa persyaratan administrasi.

4. Silahkan sahabat untuk mengambil nomor antriian pda bagian customer service, lalu tunggu sampai dipanggil petugas.

5. Pihak Bank Mandiri bakalan meminta calon debitur untuk melengkapi formulir pengajuan KUR Bank Mandiri.

6. Pihak lending Bank Mandiri bakalan melakukan survey kelayakan ke lokasi usaha serta melakukan proses wawancara seputar usaha para sahabat.

7. Masa tunggu tuk proses persetujuan kredit biasanya dapat membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari kerja.

Menurut Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Siddik Badruddin dilansir Berita dari Antara News Bank Mandiri terus melanjutkan peran nya sbg agent of development dalam meningkatkan inklusi finansial dengggan menyalurkan kredit ke segmen UMKM, termasuk KUR, penyaluran KUR sejak Januari-September 2021 sudah mencapai Rp28,46 triliun kepada 291.257 debitur di seluruh Indonesia.

Sejalann melalui arahan dri pemerintah, penyaluran KUR tersebut utamanya disalurkan ke sektor produktif misalnya pertanian, perburuan dan perikanan sebesar Rp8,69 triliun serta industri pengolahan serta pertambangan senilai Rp2,3 triliun.

Lalu, sektor akomodasi makanan, minuman, dan transportasi turut disalurkan KUR sebesar Rp 3,62 triliun, juga untuk perdagangan dan jasa dan real estate Rp13,84 triliun.

Apabila dilihat dari wilayahnya, Siddik mengungkapkan bahwa KUR dapat menjangkau wilayah Sumatera dgn limit Rp7,8 triliun kpd 74.256 nasabah, Kalimantan Rp1,67 triliun tuk 20.481 nasabah, dan Sulawesi dengan limit Rp2,52 triliun dan 22.677 nasabah.

Sedangkan untuk Pulau Jawa mencapai Rp14,75 triliun tuk 159,002 nasabah, Bali dan Nusa tenggara Rp1,4 triliun dgn 11.389 nasabah, serta untuk Maluku dan Papua Rp325 miliar untuk 3.452 nasabah pertumbuhan kredit UMKM terstsbtebut diimbangi pula dengan perbaikan dari sisi kualitas kredit, yg tercermin dari posisi rasio kredit macet (NPL) gross Bank Mandiri secara konsolidasi per 30 September 2021 yang turun 37 basis poin (bps) jika dibandingkan akhir September 2020 ke level 2,96 persen.

Melihat deangan Besarnya animo masyarakat mengajukan KUR, membuat Bank Mandiri bakalan semakin gencar menyalurkan KUR di tahun ini. Meski NPL relatif menurun, perseroan tetap terus melakukkan peningkatan ratio pencadangan atau coverage ratsio sebesar 2.486 Badan Pusat Statistik BPD secara tahunan mjd 230,01 persen, siddika menambahkannya. Sumber PikiranRakyat