Widget HTML Atas

Pahami! 9 Ciri Hardisk Bakal Rusak pada Komputer PC atau Laptop, Ini Dia Solusi dan Sebabnya!

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pada postingan artikel saat ini kami akan membahas mengenai ciri hardisk yang bakal rusak, dan yang menjadi penyebabnya.

Perlu dipahami dahulu bahwa pada perangkat komputer baik itu PC maupun Laptop, Hardisk (HDD) sebagai salahsatu komponen yang cukup vital seperti di komputer PC maupun Laptop. Saking vitalnya hardisk, sehingga diharuskan pemilik komputer supaya dapat merawat hardisk nya. 

Nah untuk itu perlu dipahami dan dimengerti jika hardisk yang bakal rusak itu tentunya mempunyai ciri-ciri gejala yang bisa timbul dan dilihat dari tampilan layar pc nya.

Sebelum hal itu terjadi, hardisk memang diperlukan perhatian yang cukup ekstra bagi pemiliknya, pada artikel ini kami telah menuliskan beberapa ciri hardisk yang kemungkinan bakal segera rusak, apa saja itu?

Pahami! 9 Ciri Hardisk Bakal Rusak pada Komputer PC atau Laptop, Ini Dia Solusi dan Sebabnya!

Seperti dikutip dari liputan6 ada beberapa gejala hardisk bakal rusak diantaranya adalah sebagai berikut: 

1.StartUp dan Shutdown Bakalan Terasa Lama

Untuk gejala hardisk bakal rusak yang satu ini mudah diketahui, sahabat coba menghidupkan dan matikan komputer PC atau Laptop, jika terasa lama prosesnya itu karena adanya penurunan peforma kecepatan pada saat shutdown, itu dimungkinkan perlu perhatian khusus kepada hardisk ini.

2.Loading hardisk sering melambat dan kadang terjadi error

Adapun ciri yang nampak terlihat ketika hardisk laptop rusak adalah kinerja komputer sistem mulai melambat. Kondisi ini adalah sebuah peringatan dini terkait adanya tanda2 permasalahan pada hardisk komputer pc sahabat.

Pada kebiasaannya, kondisi ini bakalan terasa banget ketika sahabat tengah mengakses sistem seperti membuka suatu program, mencari file, maupun menyimpan dokumen. Pada beberapa kasus, perangkat ini cenderung mengalami melambatnya secara keseluruhan.

Jika saat kondisi pada fase ini terjadi di hardisk sahabat, maka dari itu segera lakukan tindakan dalam cek and ricek.

3.Adanya Bunyi Suara Aneh di Hardisk

Adapun ciri hardisk baik komputer pc maupun laptop yang bakal rusak lainnya adalah terdapat bunyi/ suara yang aneh. Kita sbg pengguna, tentulah bisa mengenali muncul nya bunyi bunyian yang bising dari dalam hardisk secara tiba-tiba.

Nah jika sahabat mendengar suara aneh yang seperti itu apabila akan menggunakan komputer, maka kemungkinan besar adanya yang salah pada hardisk. Segeralah hentikan penggunaan sementara waktu hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan menjadi lebih parah. Dan jika hal itu terjadi maka buruan matikan perangkat sebelum komputer atau laptop mati total.

4.Data maupun File Alami Kerusakan

Adapun ciri hardisk baik komputer pc maupun laptop yang bakal rusak lainnya yang gampang sekali diketahui ialah data atau file rusak. Adanya data file kita secara mendadak rusak dan tidak bisa dibuka walalupun sahabat tidak melakukan lainnya, ialah salahsatu ciri yang dapat diketahui kasat mata ketika hardisk sahabat laptop bakal rusak.

Pada sebagian kasus tersebut, pada umumnya para pengguna bakal mencoba dalam memperbaikinya dengan menjalankan anti virus, cara ini tidak berjalan dengan mulus. Pasalnya data rusak tersebut bukanlah sebagai akibat adanya serangan virus.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sahabat cukup buruan matikan komputer atau laptop untuk dilakukan pengecekan hardisk nya.

5.Mengalami Blue Screen

Komputer atau laptop tidak mau booting hingga alami blue screen ialah salatu lainnya ciri hardisk laptop bakal rusak. Meski telah melakukan install ulang pada komputer atau laptop, biasanya sebagian kasus seperti tersebut bakal tetap terjadi.

6.Terdapat Sebuah Kode-kode Aneh

Ketika sesaat awal startup, pada umumnya bakal munculnya kode-kode aneh yang keluar seperti kode hieroglyph, ares, ceres, hertus, atau ASCII. Akan tetapi, munculnya kode aneh-aneh terssebut sangat jarang terjadi karena tidak semua hardisk mempunyai komponen yang error dan berbeda pula firmwarenya.

7.Muncul Kode Error dari Komputer atau Laptop

Ketika Hardisk mengalami overheat atau suhunya tinggi melebihi normal, maka laptop atau komputer sering terjadi restart maupun mati dengan sendiri nya begitu. Komputer maupun Laptop tidak dapat masuk ke desktop, ketika proses booting, kemudian bakal muncul peringatan eror dan meminta sahabat untuk restart lagi komputer atau laptop.

8.Hardisk Mengalami Overheat

Adapun ciri hardisk baik komputer pc maupun laptop yang bakal rusak lainnya ialah dengan cepat mengalami overheat sampai dengan terjadinya hang. Pada Kondisi ini bakal merupkan tanda tanda dari hardisk terlalu panas dari segi suhu. Hardisk juga sering me-restart dengan sendiri alhasil memrlukan waktu cukup lama untuk proses booting. Dengan begitu bakal membuat komputer atau laptop mengalami hang.

9.Hardisk cepat panas meski pemakaian batas wajar

Adapun ciri hardisk baik komputer pc maupun laptop yang bakal rusak lainnya selanjutnya ditunjukan adanya kinerja komputer atau laptop menjadi me-lambat. Proses copy paste data juga terkadang sangat lambat. Hardisk yang suhunya melebihi batas normal, kemungkinan terjadi karena adanya efek pengaruh CPU usage akibat hardisk seringnya dipakai.

Cara Mengatasi Hardisk Laptop Rusak

Jika hardisk komputer pc atau laptop sahabat menandakan terhadap ciri hardisk bakal rusak tersebut diatas, silahkan sahabat dapat mencabut hardisk yang diindikasi sedang bermasalah itu. Kemudian cobalah sambungin hardisk ke komputer atau laptop lain yang kondisinya masih normal.

Langkah selanjutnya ialah dengan menjalankan fitur Check Disk terdapat pada Windows untuk mencari kesalahan, file rusak, dan bad sector pada komputer atau laptop yang dapat menyebabkan adanya suatu masalah. Cara itupun belum sepenuhnya dapat memperbaiki hard disk sahabat, akan tetapi cukup membantu dengan melakukan backup data, diharapkan file-file penting tidak bakal hilang begitu saja. 

Setelah keseluruhan data sudah dicadangkan, lakukan reset atau pemformatan hardisk dari awal dengan menggunakan software yang banyak dijual di internet.

Ketika sudah melakukan format ulang perangkat hardisk, coba lakukanlah pengecekan ulang dengan menggunakan bantuan software Acronis Drive Monitor. Jika hasil hard disk sahabat masih normal kembali, berarti yang rusak ialah hanyalah software di dalamnya.   

Namun, apabila hasil tes dari hardisk sahabat tidak kembali normal, sehinga bisa dipastikan hardisk tersebutlah yang mengalami kerusakan. Sehinga dengan begitu hardisk tidak bisa diperbaiki dan ahabat mesti membelinya yang baru.

Penyebab Hardisk Laptop Rusak

1.Umur Hardisk

Semua alat amupun benda memangla mempunyai masa usangnya, salah satunya ya hardisk juga. Ketika komputer atau laptop terasa sering hang, lag, maupun lemot dan re-install sistem operasi tidak bisa menyelesaikan masalah, sehingga perlu pertimbangkan untuk mengganti hardisk yang baru.

Untuk mengantisipasi kehilangan data akibat dari kerusakan hardisk, perlu dilakukan backup data terlebih dahulu apabila dirasa hardisk telah tua dan lemah. sahabat bisa memeriksanya dengan perangkat lunak yang memang khusus untuk memeriksa kesehatan hardisk.

2.Penggunaan Berlebihan

Komputer pc atau Laptop yang sering dipakai secara terusmenerus dalam jangka waktu cukup lama, bakal membuat komponen-komponen yang terdapat di dalamnya bakal cepat rusak, salahsatunya hardisk. Pasalnya setiap perangkat elektronik tentulah memerlukan waktu istirahat setidaknya untuk mendinginkan suhu.  

3.Pasokan Listrik yang Kurang Stabil

Ketidakstabilan dalam pasokan listrik bakal dapat mempengaruhi kemampuan putaran hardisk, pasalnya cakram di dalam hardisk berputar dengan kecepatan yang tidak stabil pula. Adapun beberapa kasus, bad sector bisa juga disebabkan adanya ketidak stabilannya pasokan listrik.

4.Komputer atau Laptop Sering Mati Seketika

Ketika komputer atau laptop hang atau not responding, umumnya para pemakai komputer atau laptop sering langsung mematikannya dengan cara menekan tombol power dan menahannya agak lama sampai dengan komputer atau laptop mati, bukannya secara melakukan shutdown normal.

Nah ketika komputer aupun laptop mati, disinilah cakram di dalam hardisk drive yang tadinya berputar dengan super cepat sampai dengan 10.000 putaran per menit, kemudian berhenti secara tiba-tiba dan tentulah apabila sampai hal tersebut terjadi ampai berulang berkali bakal berdampak merusak hardisk.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai ciri hardisk rusak pada komputer atau laptop milik sahabat, Semoga bermanfaat dan salam tutorial.