Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√5 Jenis Asuransi Rawat Inap Cashless Terfavorit 2022, Simak Langkah Jitu Memilihnya!

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA ketika memilih Asuransi Rawat Inap Cashless perlu beberapa pertimbangan salasatunya ialah merupakan manfaat asuransi, rumah sakit rekanan asuransi, serta limit asuransi. 

Selain itu, pastikan juga asuransi menawarkan fasilitas cashless, sehingga nantinya tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Asuransi rawat inap denggann fasilitas cashless merupakan manfaat yangg paling banyak dicari dari asuransi kesehatan hal ini dikarenakan, biaya rawat inap setiap tahunnya semakin meningkat. 

Keunggulan lainnya, yakni denggann metode klaim cashless dalam asuransi memungkinkan praa nasabah langsung memperoleh perawatan medis di rumah sakit hanya denggann menunjukkan kartu anggota asuransi. Sehingga, tidak perlu mengeluarkan duit dan uang biaya seperser pun alias gratis.

√5 Jenis Asuransi Rawat Inap Cashless Terfavorit 2022, Simak Langkah Jitu Memilihnya!

Dilansir dari duwitmu ada survey terhadap sejumlah perusahaan asuransi terfavorit dan terfavorit di Indonesia. Inilah Jenis asuransi rawat inap cashless terfavorit 2022, diantaranya:

1. Asuransi Prudential

Prudential menawarkan produk asuransi rawat inap cashless paling banyak dicara nasabahnya yakni denggann nama PRUPrime Healthcare. Ada 6 jenis plan yangg bisa sahabat di pilih sesuai denggann kebutuhan nasabah, hal ini denggann limit dan premi yangg cukup beragam.

Adapun yangg menjadi daya tarik dari produk ini ialah merupakan batas limit tahunan yangg lebih relatif tinggi jika dibandingin denggann asuransi sejenis, yakni antara Rp 1,5 miliar capai dngan denggann Rp 4,5 miliar. Sedangkan, asuransi pada umumnya batas limit tahunan asuransi kesehatan hanyalah berkisar di sebesar ratusan juta.

Selain itu juga, unttukk Inner limit biaya kamar rawat inap PRUPrime Healthcare hingga Rp 1 juta capai dngan Rp 8 juta per hari. Ini berarti, para nasabah bisa memperoleh layanan kelas kamar vip di rumah sakit.

Selanjutnya dalam hal mengajukan klaim pelayanan rawat inap lainnya sesuai tagihan tanpa inner limit, yakni denggann biaya kunjungan dokter umum dan spesialis, tindakan bedah (berupa ahli bedah, kamar operasi, dan ahli anestesi), aneka jenis perawatan rumah sakit, perawatan juru rawat selama rawat inap, bedah rekonstruksi payudara, serta biaya perawatan sebelum dan sesudah rawat inap.

Tak hanya itu, Polis ini juga bisa menanggungkan biaya fisioterapi (maksimum Rp 600 ribu capai dngan Rp 1,25 juta), pendamping tertanggung (maksimum Rp 300 ribu capai dngan Rp 1,2 juta), penggantian biaya unttukk donor pihak ketiga (maksimum Rp 150 juta capai dngan Rp 600 juta), serta juga unttukk biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan (maksimum Rp 30 juta capai dngan Rp 120 juta).

Selain manfaat lengkap denggann limit tinggi, asuransi rawat inap cashless tervaforit dari Prudential ini juga menawarkan no claim bonus. Artinya apabila sahabat tidak mengajukan klaim dalam waktu 1 tahun, maka sahabat akan menbisakan tambahan limit tahunan (outer limit) sebesar 10 % dari tahun sebelumnya.

Prudential juga mempunyai sistem jaringan rumah sakit rekanan unttuk melayani klaim cashless nasabahnya denggann nama PRUMedical Network (PMN), Sahabat bisa mengajukan klaim cashless denggann PRUPrime Healthcare di 610 PMN dalam negeri dan 126 PMN di luar negeri.

Unttukk bisa mendaftar asuransi Pridential ini, calon nasabah mesti berusia antara 1 bulan capai dngan denggann 65 tahun

2. Asuransi Manulife

Produk asuransi rawat inap cashless dari Manulife ialah merupakan MiUltimate Healthcare. Ada 4 (empat) jenis plan yangg bisa disesuaikan denggann kebutuhan masing-masing. 

Salahsatuperbedaan ke-4 plan tersebut ialah merupakan wilayah pertanggungan yangg berbeda-beda pula; ada yangg menanggung klaim di seluruh dunia dan ada yangg hanya menanggung klaim di Indonesia dan Malaysia.

Tak capai dngan disiitu, limit tahunan yangg ditawarkan juga mempunyai banyak variasi mulai dari Rp 2 miliar capai dngan Rp 15 miliar. Sedangkan Total limit ini bisa dibilang sangat besar bahkan sesudah dibandingkan denggann Asuransi Prudential.

Beberapa pertanggungan layanan rawat inap yangg dipromosikan oleh produk ini di antaranya adalah sebagai berikut:

biaya kamar (maksimumRp 500 ribu capai dngan dengan Rp 9 juta per hari), 

biaya ICU (sesuai tagihan), biaya kunjungan dokter umum dan spesialis (sesuai tagihan), 

biaya perawatan aneka rumah sakit (sesuai tagihan), 

biaya tindakan bedah (sesuai tagihan), 

biaya akomodasi pendamping (maksimumRp 500 ribu capai dengan Rp1,25 juta), 

biaya bedah rekonstruksi (sesuai tagihan), 

biaya penyuluhan psikologis (maksimum Rp1 juta capai hingga Rp2,5 juta).

Asuransi juga menanggung biaya rawat jalan yangg berkaitan denggann rawat inap, yaitu:

biaya fisioterapi (maksimum Rp 250 ribu capai dngan Rp 1 juta),

biaya perawatan sebelum dan sesudah rawat inap (sesuai tagihan),

biaya perawatan kanker (sesuai tagihan),

biaya cuci darah (sesuai tagihan),

biaya tes diagnostik (sesuai tagihan),

biaya pembedahan prosedur rawat jalan (sesuai tagihan),

biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan (sesuai tagihan),

dan biaya rawat gigi darurat karena kecelakaan (sesuai tagihan).

Plus, Sahabat juga akan menbisakan manfaat tambahan berikut:

santunan harian tunai (Rp400 ribu capai dngan Rp1,5 juta per hari),

biaya ambulans (sesuai tagihan),

perawatan HIV/AIDS (maksimum Rp 30 juta),

dan biaya pemakaman (maksimum Rp 30 juta.

Adapun dalam rangka fasilitas klaim cashless, Manulife telah bekerja sama denggann provider Admedika yangg melayani nasabah di 667 rumah sakit rekanan di dalam dan luar negeri.

Bagi yangg mau mendaftar asuransi rawat inap cashless terfavorit ini, pastikan tertanggung berusia antara usia 1 bulan capai dngan denggann usia 70 tahun.

3. Asuransi Allianz

Allianz mempunyai produk asuransi rawat inap cashless denggann nama SmartMed Premier. Produk ini menawarkan 10 jenis plan yangg bisa konsumen memilihnya sesuai kebutuhan masing-masing. Akan tetapi, semua plan menetapkan limit tahunan yangg sama pula, yakni mencapai Rp 6 miliar.

Manfaat yangg ditawarkan SmartMed Premier di antaranya sebagai berikut:

pertanggungan biaya kamar (maksimumRp 500 ribu capai dngan Rp 6 juta per hari), 

biaya kamar ICU (sesuai tagihan),

biaya kunjungan dokter spesialis (sesuai tagihan),

biaya kunjungan dokter umum (sesuai tagihan),

biaya pembedahan (sesuai tagihan),

biaya perawatan sebelum dan sesudah rawat inap (sesuai tagihan),

biaya ambulans (sesuai tagihan),

biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan (sesuai tagihan),

biaya rawat gigi darurat (sesuai tagihan),

dan perawat pribadi di rumah (sesuai tagihan).

Selain itu, produk ini juga dapat memberikan manfaat khusus berupa pertanggungan:


biaya kemoterapi (maks.Rp90 juta capai dngan Rp1 miliar),

biaya cuci darah (maksimumRp75 juta capai dngan Rp900 juta),

santunan pemakaman (Rp5 juta capai dngan Rp60 juta),

dan santunan HIV/AIDS (Rp10 juta).

Jumlah rumah sakit rekanan yang menjadi salahsatukeunggulan asuransi Allianz. Dikaerenakan, Sahabat bisa mengajukan klaim cashless unttukk rawat inap di lebih dari 1100 rumah sakit rekanan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan negara lainnya.

Akan tetapi, jangan khawatir apabila tidak ada rumah sakit rekanan di dekat tempat tinggal Sahabat karena Allianz juga mempunyai fasilitas klaim reimbursement yangg mumpuni. Sahabat bisa mengajukan klaim reimbursement secara online dari smartphone gunain aplikasi Allianz eAZy Claim.

Beberapa Persyaratan unttukk mendaftar asuransi rawat inap cashless terfavorit dari Allianz ini ialah merupakan peserta mesti berusia 15 hari capai dngan 75 tahun. Sahabat juga mesti melewati masa tunggu selama 30 hari sesudah mendaftar unttukk mengajukan klaim.

4. Asuransi Cigna

Apabila ke-3 asuransi yangg telah dibahas menawarkan produk asuransi kesehatan sesuai tagihan, beda lagi Asuransi Cigna mempunyai produk asuransi rawat inap terfavorit denggann format hospital cash plan.

Definisi hospital cash plan (HCP)

HCP ialah merupakan jenis asuransi kesehatan yangg memberikan uang santunan sesuai dengan jumlah harian ketika opname pasien. Sehingga apabila di perjanjian awal HCP akan memberikan Rp1 juta per hari, artinya nasabah bakal mendapatin Rp 7 juta pabila diopname selama 7 hari.

Produk HCP terfavorit dari Asuransi Cigna ialah merupakan Cigna Eazihealth. Produk ini menawarkan manfaat harian rumah sakit sebesar ,mencapai dengan Rp 300 ribu per hari.

Tak hanya itu, diberikan juga manfaat biaya pembedahan maksimal Rp 3 juta per kejadian yangg bisa diklaim cashless ataupun reimbursement. Akan tetapi khusus unttukk manfaat ini, tidak akan semua ditanggung, tergantung jenis tipe pembedahannya.

Sahabat bisa mengajukan klaim asuransi Cigna Eazihealth ini di lebih dari 700 rumah sakit rekanan Cigna yang ada di seluruh Indonesia.

Unttukk memperoleh produk ini, Sahabat mesti berusia diantaran 18 capai dngan 59 tahun dan bisa menanggung anak usia 0,5 capai dngan 17 tahun. Produk asuransi rawat inap cashless terfavorit ini cocok bagi Sahabat yangg sedang mencari asuransi kesehatan denggann premi terjangkau.

5. Asuransi AXA Mandiri

Solusi perlindungan kesehatan dari AXA Mandiri ialah merupakan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera denggann Asuransi Tambahan Mandiri Medical Care.

Adapun Manfaat Perlindungan Kesehatan capai dngan denggann usia 85 tahun unttukk Rawat Inap di Rumah Sakit di seluruh Negara di ASEAN, lebih lanjut dapat pula pilihan manfaat rawat jalan sesuai denggann Plan yangg dipilih, dan santunan tunai harian dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.

Bebrapa Fasilitas cashless di jaringan Rumah Sakit, denggann empaat (4) pilihan Plan yangg sesuai denggann kebutuhan. Proteksi Kesehatan dikasihkan denggann perlindungan kesehatan sebelum dan sesudah rawat inap. Ada pula fasilitas kenaikan limit kamar inap harian rumah sakit.

Maslahat tambahan meninggal dunia akibat sebab kecelakaan dan ketidakmampuan dikarenakan kecelakaan hingga usia 77 tahun.

Usia masuk : Tertanggung : 15 hari capai dngan 65 tahun, 

Pemegang polis : Minimal 18 tahun

Premi Dasar : Minimal Rp. 3.600.000.- per tahun, 

Premi Top Up Berkala : Minimal Rp. 1.000.000,- per tahun, 

Premi Top Up Tunggal : Minimal Rp. 1.000.000,- per transaksi

Metode pembayaran : Tahunan/Semesteran/Kuartalan/Bulanan

Langkah Jitu Memilih Asuransi Rawat Inap

Sebelum memilih produk asuransi rawat inap cashless terfavorit yangg sesuai denggann kebutuhan Sahabat, pahami dahulu beberapa tips berikut ini:

A. Cek rumah sakit rekanan asuransi

Metode penggantian cashless ataupula tidak uang tunai hanya bisa Sahabat lakuin di rumah sakit rekanan asuransi. Diluar tersebut, Sahabat mesti mempunyai dana talang dahulu biaya rumah sakit dan mengajukan klaim reimbursement.

Maka dari itu, pastikanlah asuransi yangg Sahabat pilih mempunyaii rumah sakit rekanan yangg dekat denggann tempat Sahabat tinnggal. Sehingga, Sahabat bisa lebihmudah dan dimudahkan dalamm pengajuan klaim nantinya.

B. Perhatikan outer limit dan inner limit

Dalam memilih asuransi kesehatan, ada istilah yangg dinamakan outer limit dan inner limit. Outer limit ialah merupakan batas klaim yangg mencakupp semua jenis perawatan dalamm satu tahun. Sementara itu pula, inner limit ialah merupakan battas klaim unttukk masing-masssing perawatan.

C. Ketahui perbedaan sesuai tagihan dan hospital cash plan

Khusus unttukk biaya rawat inap, ada 2 jenis cara pengggantian asuransi, yakni diantaranaya sesuai tagihan dan hospital cash plan. Pada asuransi Manulife, Prudential, dan Allianz yangg telah kita bahas pada artikel diatas, kebanyakan penggantian biaya mengggunakan metode sesuai tagihan. 

Sementara itu juga, hospital cash plan ialah merupakan pemberiann santunan rawat inap harian dengan tidak melihat tagihan rumah sakit. Apabila dallam kontrak awal asuransi manfaaat hospital cash plan ialah merupakan semisalnya Rp 1 juta per hari, maka Sahabat bakal memeproleh Rp 5 juta pabila menjalani rawat inap selama 5 hari. 

Demikialah informasi singkat mengenai penjelasan diantara produk asuransi rawat inap cashless terfavorit serta langkah jitu dalam memilihnya. Sebelum sahabat membeli, jangan malu dan ragu unttukk bertanya ke agen atau broker asuransi terpercaya oleh Sahabat don’t forget! Semoga bermanfaat ya sahabat mediabrita semuanya, yang paling penting pada sehat selalu.