Widget HTML Atas

√5 Cara Mudah Atasi Memori Penuh di Smartphone, HP Loading Cepat Tanpa Hambatan

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai Atasi Memori Penuh di HP, sehingga menjadi loading cepat Tanpa Hambatan.

Bagi kebanyakan para pemakai smartphone atau HP dikeluhkannya memori Andorid nya telah penuh. 

Seperti otak manusia, juga Memori pada android dapat menyimpan memori data atau file. Walaupun bentuknya cukup kecil, namun mampu penyimpanan memorinya sangat besar. 

Memori itulah tentunya dapat penuh apabila data yang tersimpan terlalu banyak, alhasil membuat smartphone menjadinya loading lemot terkadang bisa sampai hang. Nah jika hal ini terjadi kepada sahabat maka antisipastinya mesti ada cara atasi memori penuh di smarthpohone supaya HP Loading Cepat Tanpa Hambatan tidak lemot lagi.

Perlu diketahui, bahwa Memori yang ada di HP dibagi menjadi 2 jenis, yakni memori internal dan memori eksternal. 

Memori internal ialah merupakan memori bawaan yang terdapat pada HP, sementara itu memori eksternal ialah merupakan memori tambahan yang disematkan di HP sahabat. Lantas, bagaimana jika memori internal HP milik sahabat itu telah penuh? Yuk untuk mending baca cara atasi memori penuh di HP sahabat. 

Sebelum mengikuti cara mudah atasi memori penuh di Smarthphone. Kenali dahulu beberapa aplikasi yang sedang dipakai sahabat, pasalnya biasanya aplikasi tersebut terkadang ada yang betul2 tidak diperlukan lagi.

√5 Cara Mudah Atasi Memori Penuh di Smartphone, HP Loading Cepat Tanpa Hambatan
Pixabay

Kenali juga seperti aplikasi yang memakai memori sangat besar. 

Inilah 5 cara untuk mengatasi memori smartphone penuh di HP diantaranya:

1. Rutin bersihkan cache

Salahsatu cara untuk atasi memori penuh ialah dengan rutin membersihkan cache aplikasi. Pasalnya Cache sendiri adalah sisa data yang telah tidak terpakai lagi. Carany masuk ke menu "setting". pilih menu "app management". Klik semua aplikasi yang sering digunakan. Kemduain klik menu "storage usage". Terakhir klik menu pilihan "clear cache". 

2. Hindari instal aplikasi yang memakai memori besar

Playstore memang memmpunyai berbagai macam aplikasi dan game yang sering membantu. Namun, kebanyakan para pengguna smartphone tidak selalu menyadari bahwa aplikasi yang di instal itu memakai memori terlalu banyak. Sekedar saran untuk mencari alternatif aplikasi lain yang mempunyai ukuran file lebih kecil sebelum di download aplikasinya. 

3. Beralih ke Whatsapp

Banyak para pengguna smartphone memakai aplikasi Whatsapp atau biasa dipanggil WA. Makanya itu, cara lainnya deengan cara atasi memori penuh di smartphone adalah dengan beralih ke Whatsapp. 

Langkah pertama yakni dengan mematikan auto download dari media ke whatsapp. Pasalnya apabila tidak dimatikan, jika ada berkirim foto atau video bakaalan langsung terdownload Otomatis dengan begitu bakalan memenuhi memori internal ponsel. 

Langkah kedua adalah silahakan back up chat dan media ke Google drive. Maka dari itu tidak perlu khawatir apabila memori penuh atau menghapus beberapa file dari whatsapp. Apabila ingin mencari file, sahabat tinggal kunjungi google drive dan data yang di simpan tentunya tidak bakal hilang. 

4. Pindah ke memori eksternal

Ketika memori internal smarthphone penuh karena banya aplikasi yang sudah di instal. Adapun cara supaya tidak terlalu penuh, dengan melakukan uninstal aplikasi dan memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Namun perlu diingat sebelum memindahkan beberapa aplikasi, pastikan dahulu memori eksternal yang digunakan juga cukup besar kapasitasnya dibandingkan memori internal.

Sementara untuk cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yakni dengan cara membuka klik pengaturan atau setting, lalu pilih setelan tambahan, kemudian Buka manajeman aplikasi dilanjutkan klik terinstal. Lalu Pilih aplikasi yang mau dipindahkan, ketuk aplikasi tersebut dan pilih opsi pindahkan ke memori eksternal atau SD card. 

5. Atur lokasi simpan foto kamera

Kemduain cara atasi memori penuh yang terakhir ialah dengan mengatur lokasi penyimpanan foto kamera. Sebaiknya sahabat Pindahin lokasi tersebut dari memori internal ke memori eksternal. Sehingga, ketika membidik foto, maka otomatis foto tersimpan ke memori eksternal atau SD card. Cara membuka aplikasi kamera lalu cari menu setting. Kemudain silahkan Ganti lokasi penyimpanan dari internal menuju SD card. 

Demikianlah cara atasi memori penuh pada smarthphone yang dapat dipraktekkan apabila HP milik sahabat dirasa mulai lemot. Sesudah ini, di harapkan smarthphone milik sahabat dapat kembali normal lagi sewaktu dipakai kembali. Semoga bermanfaat dan berselnacar lagi di HP sahabat tanpa hambatan yang berarti.