Widget HTML Atas

Mengenal Serta Cara Membuat Surat Pernyataan Nikah Siri Yang Baik, Benar dan Diakui

Mengenal Serta Cara Membuat Surat Pernyataan Nikah Siri Yang Baik, Benar dan Diakui

Mengenal Serta Cara Membuat Surat Pernyataan Nikah Siri Yang Baik, Benar dan Diakui
Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri Yang Baik, Benar dan Diakui

Halo sahabat pembaca mediabrita pada postingan kali ini kami akan membaas terkait dengan Mengenal Serta Cara Membuat Surat Pernyataan Nikah Siri Yang Baik dan Benar karena dengan begitu dapat Diakui oleh berbagai pihak pemerintah maupun negara.

Definisi Nikah Siri

Perlu diketahui bersama bahwa Nikah siri dalam segi penglihatan secara umum dibagi 2 kondisi, yaitu kesatu iala pernikahan yang dilaksanakan dengan tidak melibatkan pihak berwenang seperti KUA dan pernikahannya dilaksanakan dgn menghadirkan hanya dua /2 saksi dan wali nikah.

Selain itu, Kedua Nikah siri ialah pernikahan yang tanpa melibatkan pihak KUA akan tetapi pernikahannya dilaksanakan dengan tanpa menghadirkan dengan dua/ 2 orang saksi dan wali.

Perbedaannya ada di cara pernikahannya, yang pertama dengan menghadirkan 2 orang saksi dan wali tapi yang ke dua tidak menghadirkan saksi dan wali atau salah satunya tidak terpenuhi.

Hukum Nikah Siri di Islam

Seperti dikatakan para ustadz dan ulama, bahwa Hukum nikah siri di islam ternyata hukumnya sah asalkan pernikahan tersebut terpenuhi syarat dan rukunnya, adapun salah satu syarat nikah adalah adanya wali dan minimal 2 orang saksi.

Nah, oleh karena itu dilihat dari definisi nikah siri yang diketahui masyarakat di atas, maka hukum nikah siri yang tidak tercatat di Kantor urusan agama atau KUA akan tetapi sudah terpenuhi akan rukun dan syarat nikah sehingga nikahnya menurut islam yaitu syah.

Namun terlepas daripada itu, apabila nikah siri tersebut dengan tidak menghadirkan dua/2 orang saksi dan hukum nikah siri tidak ada wali sehingga nikah siri itu dapat dikatakan tidak sah, batil dan haram, apabila dilanjutkan terus-menerus maka pasangan itulah di anggap berjina apabila melakukan hubungan layaknya suami istri.

Hukum Nikah Siri Bagi Suami yang mempunyai istri

Wah-wah ternyata pertanyaan sejenis ini seringkali ditanyakan tentang apaka hukumnya nikah siri bagi suami yang sudah beristri, karena dengan ini merupakan alasan bagi kebanyakan pelaku nikah siri, yaitu seorang pria yang maunya berpoligami.

Nah, ternyata Hukumnya syah dan halal tuk seorang lelaki yang ingin berpoligami dgn melakukan nikah siri akan tetapi dengan asalkan syarat dan rukun nikahnya bisa terpenuhi.

Meskipun, mendapat izin atau mengetahui atau tidaknya istri pertama atau istri sebelumnya bukanlah termasuk syarat sahnya pernikahan, namun itu alangkah baiknya apabila semua pihak yang bakalan terlibat dalam pernikahan tersebut dapat mengetahuinya.

Syarat-syarat Nikah Siri

Memang sudah dijelaskan Persyaratan nikah siri suoaya pernikahannya syah menurut islam telah kami tuliskan diatas, yakni dengan terpenuhinya syarat dan rukun nikah. 

Syarat dan rukun nikah siri atau yang biasa.

Adanya pasangan wanita dan pria yang bakal menikah

Adanya mahar atau mas kawin yang bakal diberikan ole pihak pria kepada pihak wanita

Adanya wali nikah dari pihak wanita

Adanya saksi minimal dua/2 orang saksi

Mengucapkan ijab dan kabul mauppun akad nikah

Nah, apabila tidak terpenuhi Syarat dan rukun nikah siri atau biasa salah satu dari syarat dan rukun nikah di atas itu, maka nikah siri atau nikah bukan siri Syarat dan rukun nikah siri atau yang biasa.

HUkumnya tidak syah, dan hadirnya dari pihak ini Kantor Urusan Agama/KUA ternyata bukanlah merupakan syarat syahnya dalam sebuah pernikahan.

Timbul pertanyaan, bagaimana jika sudah terlanjur melangsungkan nikah siri tapi ingin adanya pengakuan dan bukti dari pernikahan siri. Jawabannya yaitu salahsatunya dengan adalah membuat surat pernyataan nikah siri. Apa itu surat pernyataan nikah siri?

Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri

Sebelum jauh melangka ke sana perlu diingat contoh surat pernyataan nikah siri ini bukanlah untuk mengesahkannya pernikahan secara hukum negara/pemerintah, pasalnya agar bisa mempunyai kekuatan hukum negara tetaplah pernikahan harus tercatat di Kantor Urusan Agama/KUA.

Akan tetapi, surat pernyataan nikah siri ini bakalan digunakan ketika kita bakal mengurus buku nikah sesudah nikah siri, dngn tetap mengajukan ISBAT nikah.

Contoh Mudah Surat Pernyataan Nikah Siri

Dalam membuat contoh surat pernyataan nikah siri tersebut dapat dibuat oleh siapapun, asalkan di dalam surat pernyataan nikah siri tersebut mesti ada nama dan tanda tangan dari pihak yang terlibat ketika prosesi pernikahan siri berlangsung itu.

Poin Penting Surat Pernyataan Nikah Siri

Adapun dalam membuat surat pernyataan nikah siri ada hal atau poin penting, yang mesti ada di surat pernyataan nikah siri yaitu diantaranya :

Keterangan nama surat nikah terletak dibagian tengah atas.

Nama /Identitas suami dan istri.

Isi surat, yaitu menyatakan bahwa si pembuat surat sudah mempunyai dan terikat hubungan pernikahan.

Penutup.

Tanda tangan pasangan suami istri dan saksi saksi yang ada pada proses pernikahan tersebut.

Berikut ini adalah Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri Yang Baik, Benar dan diakui

SURAT PERNYATAAN NIKAH AGAMA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Isikan identitas suami

Tempat, Tanggal lahir : Isikan tempat dan tgl nya

Usia : isinya sesuai dengan usia saat itu menikah th

Pekerjaan : isikan yang sesusai dengan ktp

Alamat : isikan dengan alamat sesuai identitas nya si suami

Menyatakan bahwa:

Nama : isikan identitias istri nya

Tempat, Tanggal Lahir : isikan tmepat tgl lahir isteri

Usia: isikkn usia menikah istri th

Pekerjaan : isikan pek. Si istri

Alamat : isikan yang lengkap alamat si istri

Adalah istri saya yang sudah saya nikahi secara sah menurut hukum agama Islam pada tanggal .....(isikan tanggal pernikahan yang sudah dlangsungkan(, dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Demikian surat pernyataan nikah ini saya buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Apabila dikemudian hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka saya bersedia untuk bertanggung jawab sesuai hukum yang berlaku, dengan tanpa melibatkan pihak manapun.

Isikan titimangsa ketika surat dibuat

Yang Menyatakan “tanda tangan suami disini” (tulis nama suami disini)

Saksi I “tanda tangan saksi I disini” (tulis nama saksi 1 disini)

Saksi II “tanda tangan saksi II disini” (tulis nama saksi II disini)

Mengetahui, Lurah/kades domisili “tanda tangan lurah disini” (tuliskan nama lurah disini)

Contoh Akta Nikah Siri Yang Baik dan Benar bagi Pemula

AKTA NIKAH SIRI

Telah dilangsungkan akad pada hari ... tanggal ,,, november 2029 pada pukul 00.00 WIB

SUAMI

Nama : Isikan identitas si suami

Tempat, Tanggal lahir : Isikan ttl si suami

Warga Negara: Indonesia

Agama: Islam

Pekerjaan : isikan pekerjaan sisuami saat itu

Alamat: alaat domisili si suami saat itu sesui ktp atau lainnya

Status: isikan status dia

Orang Tua Kandung: isikan nama (Ayah), Isiakan nama (Ibu)

ISTRI

Nama : isikan nama istrinya

Tempat, Tanggal Lahir : isikan ttl si istri

Warga Negara: Indonesia

Agama: Islam

Pekerjaan : iiskana pekerjaan si istri

Alamat : isikan alamat si istri

Status: isikan sttus si istri saat itu

Orang Tua Kandung: isikan nama (Ayah), isikan nama (Ibu)

WALI NIKAH

Nama: isikan nama wali saat dilangsungkan nikah

Status Wali (Nasab/Hakim): Hakim

MAS KAWIN

Berupa Apa dan Berapa: isikan mas kawin dari suami

Pembayaran: Tunai

SAKSI

Saksi I : isikan nama saksi Saksi II : isikan nama saksi

Nm tempat berlangsung nikah, 16 November 2029

Wali Hakim (Nasab) “tanda tangan wali disini” nama wali ustadz atau ajengan 

Demikianlah uraian postingan kali ini dengan judul mengenal dan membuat surat nika siri yang baik dan benar serta dapat diakui oleh yang lainnya. Adapun rangkuman dari uraian diatas bisa dijabarkan seperti berikut, pertama bahwa Hukum nikah siri syah secara Agama islam apabila telah terpenuhinya syarat dan rukun nikah. Dalam arti mereka mempunyai status suami dan istri dan apabila berhubungan badan sehingga tidak didikatakan berzina. Berbeda hal apabila Nikah siri dikatakan tidak syah apabila tidak terpenuhi syarat dan rukun nikah, sepertinya tidak ada wali atau tidak adanya saksi, dengan begitu mereka bukan pasangan suami istri dan jikalau berhubungan makanya mereka dikatakan melakukan berzina. Nikah siri ini dikatakan tidak sah dalam hukum negara, artinya para pelaku tersebut tidak bisa mengurus aneka macam administrasi seperti kependudukan dan administrasi lainnya, seperti membuat Kartu Keluarga/KK, KTP-el dan maupun akta kelahiran untuk kelak anaknya. Surat pernyataan nikah siri tersebut bukanlah dan tidak dapat untuk mengesahkan pernikahan secara hukum negara/pemerintah. Adapun Fungsi dari surat pernyataan nikah siri dan akta nikah siri hanyalah sebagai bukti terhadap pihak lain bahwa sudah terjadi pernikahan yang syah secara hukum islam. Adapun Fungsi lain membuat surat pernyataan nikah siri ini ialah merupakan sebagai salah satu syarat alam membuat buku nikah resmi dari negara kantor urusan agama/ KUA. Nikah siri tentunya dapat dibuatkan buku nikah resmi asalkan dengan mengajukan ISBAT nikah ke Pengadilan Agama setempat sesuai domisili si orang tersebut.

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.