Widget HTML Atas

Download SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS)

Download SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS)

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pada kesempatan kali ini kami akan berusaha membagikan terkait Download SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS) 2021/2022.

Download SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS)
Download SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS)

Seperti diketahui bersama bahwa selanjutnya disingkat Pokja Desa Sehat (FDS) merupakan organisasi yg menyelengggarakan program Kabupaten Sehat pada tingkat Kelurahan atau Desa Sehat.

Pada sebuah desa dapat dikatakan sebagai kategori sehat sudah barang tentu haruslah mempunyai indikator penccapaiannya, diantaranya sebagai berikut: 

1. Peningkattan kapasittas kader TP-PKK dan Posyandu hal ini untuk mendukung terwujudnya kesejahtteraan keluarga, seperti berikut; kebersihan lingkungan, PHBS, gizi keluarga, pendidikan keluarga, home industtri (peningkatan pendapatan keluarga). 

2. Gerakan Sadar Gizi. Hal tersebut memiliki Indikator KADARZI (keluarga sadar gizi) hal tersebut dinataranaya sebagai berikut : 

menimbang berat badan secara terratur, memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja kpd bayi sejak lahir s.d umur 6 bulan (ASI Eksklusif), makan-makanan beraneka ragam, mengggunakan garram beryodium, minum suplemen giizi (tablet penambah darah, kapsul Vitamin A dossis tinggi) sessuai anjuran. 

3. Gerakkan PHBS dgn membudayakkan kebiasaaan CTPS (cuci tangan pakai sabun) dan SGPM (sikat gigi pagi malam) dgn benar serta teppat baik cara maupun waktu pelaksanaannya. 

4. Gerakan Pengelolaan Sampah rumah tanggga secara mandiri dgn memisahhkan sampah organik dan anorganik lalu/lantas diolah menjaddi produk bermanfaat.

5. Gerakan Jamban Sehat. Hal tersebut sebagaimana Kementerian Kesehatan sudah menetappkan syyarat dlm membuat jamban sehat, dgn kriiteria diataranya : 

tidak menceemari air dan tanah permukkaan, bebas dari seranggga, tidak menimbullkan bau dan nyaman digunakan, aman digunakan oleh pemakaiinya, mudah dibersihkan serta tidak menimbullkan ganggguan bagi pemakainya serta tidak menimbullkan pandangan yg kurang sopan. 

Nah setelah anda mengetahui beberapa kriteria Forum Desa sehat, apabila anda sekarang sedang membutuhkan contohnya silahkan di Download SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS), tentunya dalam format Microsof Word agar memudahkan anda dalam mengeditnya.

Sebelum mendowloadnya alangkah baiknya silahkan baca terlebih dahulu sebagai referensi anda ketika membuat SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS).

Download SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS)

Keputusan Kepala Desa Sampel Kecamatan Sampel Kabupaten Sampel Tentang Pembentukan Pengurus Pokja/ Forum Desa Sehat.

Menimbang : 

Bahwa penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Kabupaten Sampel diperlukan dukungan dan peran masyarakat, swasta dan pemerintah daerah dalam pemberdayaan masyarakat secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan sehingga tercipta kualitas lingkungan fisik, sosial dan perilaku hidup bersih dan sehat;

Bahwa dalam rangka mengembangkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Kabupaten Sehat, Kecamatan Sehat, hingga Desa Sehat, perlu adanya Pokjanal/Forum Desa Sehat sebagai wadah integrasi pembangunan kesehatan masyarakat di tingkat Desa;

Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan b, perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa tentang Pengurus Pokjanal/Desa Sehat di Desa Sampel Kecamatan Sampel Kabupaten Sampel.

Mengingat :


Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005;

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;

Peraturan Bersama MentTeri DalaMm Negeri dan Menteri KesehaTtan No. 34 Tahun 2005 dan No. 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang PenyelengGgaraan Kabupaten/Kota Sehat;

Peraturan MentTeri DalLam Negeri Nomor 30 Tahun 2006 tentanng Tata Cara Penyerahan Urusan Pemerintahan Kabupaten/Kota kepada Desa;

Peraturan Menterri Dalam Negeri Nomorr 7 Taun 2007 tentang Kader Pemberrdayaan Masyarakat;

Peraturan Menterri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2011 tentanng Pedoman Pengintegrrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu;

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007 tentang Pedoman Pembentukan Pokjanal Operasional Posyandu;

Surat Keputusan Menteri Kesehhatan Nomor 1529/MENKES/SK/X/2010 tenttang Pedoman Pengembangan Dessa/Kelurahan Siaga Aktlf;

Surat Keputusan Bupati (Sampel Nomor sampel isi sesuai ) tentang Pembentukan Tim Pembina Kabupaten Sampel Sehat;

Surat Bupati (Sampel Nomor sampel isi sesuai ) tentang Pembentukan Forum Kabupaten Sampel Sehat;

Peraturan Desa Sampel Nomor 6 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Masyarakat Desa (RPJMDesa);

Peraturan Desa Sampel Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Anggaran Pembangunan Belanja Desa (APBDesa).

Memutuskan Menetapkan : 

Pertama : Membentuk Pengurus Pokjanal/Forum Desa Sehat Desa Sampel dengan susunan pengurus sebagaimana tersebut dalam lampiran ini.

Kedua : Tugas dari Pengurus Pokjanal/Forum Desa Sehat Desa Sampel sebagaimana dimaksud diktun Pertama keputusan ini adalah:

Menyelenggarakan kegiatan program Desa Sehat, yang terdiri dari:

Upaya penanggulangan penyakit dan pengembangan upaya jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat atau dana sehat.

Mendorong peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI).

Pengembangan Posyandu dan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) lainnya.

Penyelenggaraan dan penanganan kegawatdaruratan kesehatan dan bencana.

Pembinaan dan mendorong penanganan kesehatan sosial masyarakat, lingkungan pemukiman yang sehat, Sanitasi Total Bersumberdaya Masyarakat (STEM), lalu lintas dan layanan transportasi, pariwisata sehat, perkantoran dan pertambangan sehat.

Koordinasi dan mendorong ketersediaan dan pendistribusian pangan untuk ketahanan pangan, serta penanganan masalah gizi masyarakat, pemberdayaan industri rumah tangga.

2.Menyelenggarakan Sekretariat Desa Sehat.

3. Memberdayakan potensi masyarakat untuk mewujudkan Desa Sehat yang mandiri.

4. Memfasilitasi dan mengkoordinir kegiatan satuan tugas Pokjanal/ Forum Desa Sehat.

5. Menyusun laporan bulanan dan tahunan.

6. Melaksanakan koordinasi, monitoring dan evaluasi kegiatan Desa Sehat

Ketiga : Dalam melaksanakan tugasnya Pengurus Pokjanal/Forum Desa Sehat sebagaimana yang dimaksud pada diktum PERTAMA bertanggung jawab kepada Kepala Desa.

Keempat : Masa bakti Pengurus Pokjanal/Forum Desa Sehat selama 5 (lima) tahun sejak diterbitkannya surat keputusan ini.

Kelima : Pembiayaan yang muncul diakibatkan dengan terbitnya surat keputusan ini dibebankan pada APBDesa dan sumber lain yang syah dan tidak mengikat.

Keenam : Keputusan ini berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila nanti di kemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan seperlunya.

Kemudian ditandatangani oleh kepala desa.

Demikianlah pembahasan kali yang dapat kami sampaikan mengenai SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS), semoga dapat bermanfaat dan terbantu untuk anda semua. Akhir kata salam sukses dan salam merdesa!

Apabila anda membutuhkan filennya silahkan ambil dibawah ini dan langsung download.

AMBIL DISINI Contoh SK Pembentukan Pengurus Pokja Forum Desa Sehat (FDS)