Widget HTML Atas

Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021
Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA padaa postingan kali ini kami akan membagikan Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021.

Seperti diketahui bawah setiap tanggal 1 Juli adalah diperingati Hari Bhayangkara, nah bagi anda yang belum memahami apa itu hari bhayangkara dan sejarahnya seperti apa sih? Yuk mari disimak terlebih dahulu pejelasannya ini.

Sahabat setiap tanggal 1 Juli adaalah menjadi hari yang sangat istimewa bagi institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia, pasalnya setiap tahunnya pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Bhayangkara. 

Hari Bhayangkara sendiri merupakan hari Kepolisian Republik Indonesia yang diambil dari terbitnya sebuah Peraturan yakni Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1946 pada tanggal 1 Juli 1946 waktu itu.

Berdasarkan informasi darii Divisi Humas Polri menerangkan bahwa kata dari Bhayangkara sendiri diambil dari istilah kerajaan Majapahit yang waktu itu Patih Gajah Mada memakai kata itu sebagai pasukan pengamanann kerajaan.

Selain itu, seperti dilansir dari wikipedia Bintang Bhayangkara (bahasa Sanskerta: bhayangkara berarti garang, hebat; nama pasukan pengawal elit kerajaan Majapahit) adalah sebuah tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia/RI untuk menghormatii jassa seseoranng dalam memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Nah, maka dari itu juga merupakan simbol Kepolisian RI adalah Gajah Mada. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan Polri juga membangun patung Gajah Mada di depan Kantor Mabes Polri dan nama Bhayangkara dijadikan sebagai nama pasukan kepolisian.

Lanjut ceritanya ya!, pada masa kolonial Belanda pasukan keamanan waktu itu diambil dari orang pribumi guna menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa di Hindia Belanda.

Pada massa Hindia Belanda adaa beberapa bentuk kepolisian seperti Veld Politie (Polisii Lapangan), Stands Politia (Polisii Kota), Cultur Politie (Polisii Pertanian), dan Bestuurs Politie (Poliisi Pamong Praja).

Meski begitu, orang-orang pribumi yaang direkrut sebagai keaamanan tidak bisa menjabat posisi tinggi seperti hood agent (bintara), inspekteur van politie, dan juuga commisaris van politie. Mereka hanyalah diperkenankan sebagaii mantri polisi, asisten wedana, dan wedana polisi.

Pada waktu itu juga, Belanda juuga sempat membentuk kepolisian modern pada 1897-1920. Hal tersebut inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Polri hingga saat ini.

Pada Masa Pendudukan Jepang, di Saat Jepang menjajah waktu/masa itu, mereka membagi kepolisian Indonesia seperti Kepolisian Jawa dan Madura yangg berpusat di Jakarta, lantas kemudian Kepolisian Sumatera yang berpusat dii Bukittinggi, Kepolisiann wilayah Negara Indonesia Timur berpusat di Makassar dan Kepolisian Kalimantan yang berpusat di Banjarmasin.

Waktu itu, tiap-tiap kantor polisi di daerah dikepalai olehh seorang pejabat kepolisian atau orang Indonesia, namun demikian selalu didampingi oleh pejabat Jepang, yang disebut sidookaan yang berarti dalm praktiknya lebih berkuasa dari pada kepala polisi.

Pada Awal Kemerdekaan Indonesia Periode 1945-1950

Lalu saat, Negara Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dan pemerintah militer Jepang membubarkan Peta dan Gyu-Gun, sementara itu polisi tetap bertugas.

Nah, saat Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, secara sama2 resmi pula kepolisian menjadi kepolisian Indonesia yang merdeka.

Pada tgl 19 Agustus 1945 dibentuk Badan Kepolisian Negara disingkat BKN oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Lalu kemudian, pada tgl 29 September 1945 Presiden Soekarno melantik R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadikannya Kepala Kepolisian Negara (KKN).

Di awal-awal kemerdekaan, jabatan KAPOLRI Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang pertama dijabat oleh Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Perlu diketahui juga bahwa pada waktu itu, kepolisian berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Lantas, mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah Tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisiann Negaraa yg bertanggungjawab langsungg kepada Perdana Menteri. 

Nah itulah sahabat MEDIABRITA, setiap Tanggal 1 Juli inilah setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bhayangkara hingga saat ini.

Lalu sekarang Polri dibawah naungan siapa?

Dilansir dari wikipedia , bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia (disingkat Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden.

Seperti yang dikatakan Jimly seperti dikutip dari wartaekonomi mengungkapkan bahwa institusi kepolisian merupakan lembaga independen yang berada langsung di bawah Kepala Negara, yakni Presiden. "Karenaa dalam Pasal 30 Undang-Undanng Dasar 1945 sudah disebut TNI/Polri independen, independen itu di bawah Kepala Negara, maksudnya begitu," ucap Jimly.

Nah,Lalu mungkin saja sahabat belum mengetahui tentang siapa Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia /KAPOLRI sekarang itu? Iya benar pintar, yaitu Petahana Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sejak 27 Januari 2021.

Cukup segini saja ya, sejarah kenapa perayaan HUT Bhayangkara yang dilaksanakan setiap tanggal satu juli itu, semoga menambah pengetahuan juga ya buat sahabat semua.

Nah, kembali ke topik awal dalam memeriahkan HUT Bhayangkara pada tanggak 1 Juli sekarang, alangkah baik dan mendukungnya dengan cara yakni memasang Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021.

Nah, bagai sahabat yang masih belum mengerti dan paham langkah membuat dan memasang Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021, mending simak dahulu penjelasannya dibawah ini.

Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

Langkah memasang Foto ke Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75 diantaranya sebagai berkut:

  1. Pilihlah salah satu twibbon di bawah ini yang paling anda sukai dan kunjungi halamannya dengan mengklik link yang disediakannya.
  2. Kemudian tingggal Klik "Pilih Foto" untuk memasukkan foto profil anda yg menurut anda paling ganteng atau cantik.
  3. Lalu, Klik "Selesai".
  4. Terakhir, Klik "Unduh Foto" untuk menyimpan twibbon yang sudah jadi.

Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021 anda sudah jadi, oh iya jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media seperti FB, IG, WA, Twitter, Tiktok, SnackVideo ataupun medsos-medsos lainnya. Hal ini sebagai bentuk dukungan dan mengkampanyekan HUT Bhayangkara ke-75.

Untuk link Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021 sudah kami rangkum dibawah ini, pilih sesuai selera dan kesukaan anda!

VERSI 1 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

VERSI 2 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

VERSI 3 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

VERSI 4 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

VERSI 5 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

VERSI 6 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75thn

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkarake75thn

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75thnn

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75thn2021

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkarake75thdan16thpengabdianzls

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75tahun

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75tahn

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75zls

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75tahun

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75tahn

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75zls 

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75bukittinggi

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75polresabdya

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkara75thun

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkarake75thn2021

https://www.twibbonize.com/ke75hutbhayangkara

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkarake75t

https://www.twibbonize.com/hutbhayangkarake75th

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Twibbon atau Bingkai Foto HUT Bhayangkara ke-75, 1 Juli 2021 semoga bermanfaat dan salam sehat. Selamat HUT Bhayangkara ke 75, Bravo Polri!