Widget HTML Atas

[TERBARU] √JUKNIS Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021

MEDIABRITA - Berikut ini kami akan memberikan atau share terkait Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021. 

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Pusat Prestasi Nasional salah satu tujuannya yakni untuk melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik. 

Dalam Pelaksanaan kompetisi ini nantinya bakal diharapkan terintegrasi mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. 

Tak hanya itu, dalam memenuhi salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Contohnya adanya MBKM, Dirjen Dikti Kemendikbud telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi.

IKU tersebut adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat pengalaman di luar kampus yang salah satu aspeknya adalah memperoleh prestasi pada berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. 

Apa itu KNMIPA-PT?

KNMIPA-PT adalah salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi mahasiswa tersebut.

Secara universal, Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat. 

Namun ternyata kualitas Pendidikan MIPA di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA). Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi, MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam peningkatan penguasaan MIPA seperti untuk siswa maupun mahasiswa. 

Pasalnya, Penguasaan MIPA sendiri dapat mendorong daya saing bangsa dalam pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi. Pusat Prestasi Nasional telah menyelenggarakan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KNMIPA -PT) bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi sejak tahun 2009.

Berikut ininisi dari Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021. 

Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021 dilakukan dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi Tahap I di tingkat perguruan tinggi, Tahap II di tingkat wilayah, dan Tahap III di tingkat Nasional.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang cepat harus menjadi peluang sekaligus tantangan untuk mahasiswa mengembangkan keilmuannya secara utuh. 

Kegiatan KNMIPA-PT diharapkan dapat diperoleh prestasi mahasiswa dan masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat.

Mempertimbangkan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia yang masih belum berakhir maka, pelaksanaan KNMIPA-PT tahun 2021 sama seperti tahun 2020 . Proses seleksi di tingkat wilayah dan Nasional akan diselenggarakan dengan metode dalam jaringan (daring). 

Petunjuk Pelaksanaan ini disusun untuk memu dahkan para penyelenggara baik di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional khususnya dalam menyeleksi para calon peserta dan penentuan juara secara lebih obyektif, akuntabel dan transparan. 

Petunjuk Pelaksanaan ini difokuskan pa da hal-hal yang terkait dengan persyaratan, mekanisme dan tata cara seleksi serta cakupan materi yang diujikan.

Semoga dengan petunjuk pelaksanaan atau Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam- Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021 ini, penyelenggaraan KNMIPA-PT di tingkat perguruan tinggi, tingkat wilayah maupun di tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik. 

Melalui kegiatan ini, kita tingkatkan prestasi dan pencapaian hasil kemampuan mahasiswa di bidang KNMIPA - PT baik secara nasional maupun Internasional.

Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021

LATAR BELAKANG

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk Pusat Prestasi Nasional yang memiliki tugas diantaranya melaksanakan kompetisi akademik dan non akademik.

Pelaksanaan kompetisi ini diharapkan terintegrasi mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Selain itu, untuk memenuhi salah satu kebijakan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebagai realisasi dari MBKM, Dirjen Dikti Kemendikbud telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi, salah satu IKU tersebut adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapat pengalaman di luar kampus yang salah satu aspeknya adalah memperoleh prestasi pada berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. KNMIPA-PT adalah salah satu kegiatan yang berkontribusi untuk pencapaian prestasi mahasiswa tersebut.

Secara universal, Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan MIPA di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA). Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi, MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat.

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan MIPA baik bagi siswa maupun mahasiswa. Penguasaan MIPA dapat mendorong daya saing bangsa dalam pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi. Pusat Prestasi Nasional telah menyelenggarakan Kompetisi Nasional Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KNMIPA-PT) bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi sejak tahun 2009.

KNMIPA-PT dilakukan dalam tiga tahap seleksi, yaitu seleksi Tahap I di tingkat perguruan tinggi, Tahap II di tingkat wilayah, dan Tahap III di tingkat Nasional.

DASAR HUKUM

  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  • Peraturan Pemerintah Repubik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2019 tetang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 tetang Rincian Tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/020 Tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU-PTN)

TUJUAN

  • Kompetisi Nasional MIPA diselenggarakan dengan tujuan:
  • Mempromosikan dan meningkatkan daya tarik MIPA di tengah-tengah masyarakat
  • Meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang MIPA.
  • Meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang MIPA.
  • Memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang MIPA.
  • Mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi di bidang MIPA.

PENANGGUNGJAWAB

Penanggungjawab kegiatan KNMIPA-PT diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • Perguruan Tinggi

PESERTA DAN PERSYARATAN

KNMIPA-PT dapat diikuti oleh mahasiswa:

Program studi Sarjana atau yang setara di linkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;

  • Terdaftar aktif maksimal di semester 8;
  • Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) https://pddikti.kemdikbud.go.id/;
  • Berasal dari bidang Ilmu MIPA atau yang relevan
  • Belum pernah mendapatkan medali emas
  • belum pernah mendapatkan medali emas atau Juara I dalam KNMIPA.

2. Khusus peserta matematika, belum pernah mengikuti kompetisi International Mathematics Competition for University Students (IMC).

3. Peserta seleksi Tahap II adalah peserta terbaik hasil seleksi Tahap I dan mendapatkan rekomendasi dari perguruan tinggi.

PENDAFTARAN

  • Seleksi tahap I: mahasiswa mendaftar ke panitia penyelenggara seleksi di masing-masing perguruan tinggi.
  • Seleksi tahap II: pendaftaran peserta dilakukan secara online oleh masing-masing perguruan tinggi di https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
  • Seleksi tahap III: peserta yang terpilih dari seleksi tahap II akan diumumkan oleh Pusat Prestasi Nasional untuk mengikuti Tingkat Nasional.

MEKANISME DAN TEMPAT SELEKSI

Seleksi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:

Tahap I (Tingkat Perguruan Tinggi) Perguruan Tinggi melaksanakan seleksi untuk menentukan maksimal 5 (lima) mahasiswa terbaik pada masing-masing bidang studi untuk mengikuti seleksi Tahap II (Tingkat Wilayah).

Tahap II (Tingkat Wilayah) Seleksi Tahap II akan dilaksanakan di 16 (enam belas) wilayah LLDIKTI /regional secara serentak, dengan pembagian sebagai berikut:

Tahap III (Tingkat Nasional)

Perserta yang akan diundang untuk mengikuti Kompetisi Tingkat Nasional (tahap III) berjumlah maksimal 65 orang untuk setiap bidang, yang terdiri atas:

Juara I pada seleksi Tahap II KNMIPA-PT dari masing-masing wilayah;

Satu peserta dari PTS yang memperoleh nilai tertinggi pada seleksi tahap II dimasing-masing wilayah yang memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh dewan Juri.

Peserta peringkat atas pada seleksi Tahap II (selain butir a) secara keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal (65 peserta) Kompetisi Tingkat Nasional akan memilih 25 mahasiswa terbaik per bidang dengan perincian masing-masing sebagai berikut: 4 peraih medali emas; 6 peraih medali perak;  10 peraih medali perunggu, dan 5 honorable mention.

MATERI DAN PELAKSANAAN

Materi

Materi Kompetisi Matematika

Materi kompetisi matematika mencakup: aljabar linear, struktur aljabar, analisis real, analisis kompleks dan kombinatorika, dengan deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:

Aljabar Linear

Operasi matriks dan sifat-sifatnya; determinan; ruang vektor real dan kompleks: subruang, kebebaslinearan, basis dan dimensi, hasil tambah langsung; transformasi linear: peta, inti, rank dan nolitas, matriks representasi, keserupaan, proyeksi; nilai dan vektor karakteristik: diagonalisasi, teorema Cayley-Hamilton; ruang hasil kali dalam: norma, keortogonalan, proses Gram-Schmidt, komplemen ortogonal.

Struktur Aljabar

Grup, subgrup, subgrup normal, grup kuosien, homomorfisma grup, Teorema Lagrange; ring, integral domain, field, karakteristik ring, ideal, ring kuosien, daerah Euklid, ring polinomial.

Analisis Real

Bilangan real, supremum dan infimum, barisan, limit fungsi, fungsi kontinu, turunan fungsi, teorema Taylor, integral Riemann, deret fungsi, dan topologi sistem bilangan real (himpunan terbuka, himpunan tertutup, titik limit, himpunan kompak, fungsi kontinu, ruang metrik).

Analisis Kompleks

Bilangan kompleks, penggunaan bilangan kompleks dalam geometri,fungsi kompleks, transformasi elementer, fungsi analitik, integral kompleks, barisan dan deret bilangan kompleks, dan residu dan kutub.

Kombinatorika

Koefisien binomial, graf dasar, Marriage Theorem, tiga prinsip dasar (pigeon hole, inklusi-eksklusi, dan paritas), graf Eulerian dan graf Hamiltonian, dan rekurensi.

Materi Kompetisi Fisika

Materi kompetisi fisika mencakup: mekanika klasik, mekanika kuantum, elektrodinamika, termodinamika dan fisika statistik, dan fisika modern dengan deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:

Mekanika Klasik

Formalisme Newton; Lagrange, Hamilton; Osilasi; Gerak Gaya Sentral; Gerak dalam kerangka Non Inersial; Dinamika sistem partikel; Dinamika benda tegar; Dinamika Fluida.

Elektrodinamika

Elektrostatika; Magnetostatika; Persamaan Maxwell; Persamaan kontinuitas dan teorema Poynting; Gelombang EM; Radiasi multipole; Relativitas khusus.

Termodinamika dan Fisika Statistik

Hukum-hukum Termodinamika; Prinsip Entropi Maksimum dan kriteria keseimbangan; Transformasi Legendre dan potensial termodinamika; Relasi termodinamika dan campuran; Distribusi kanonik kecil; kanonik dan kanonik besar; teori kinetik gas; Fungsi partisi; Transisi Fase.

Fisika Modern dan Mekanika Kuantum

Probabilitas dan persamaan Schrödinger; Potensial 1 Dimensi; Osilator harmonis sederhana; momentum angular; atom Hidrogen; Teori Perturbasi; Sistem banyak partikel; Teori Hamburan. Sifat dualisme partikel-gelombang; Model atom; Molekul dan spektroskopi; insulator; Konduktor dan semikonduktor; Superkonduktivitas dan kemagnetan; Model Nuklir; Peluruhan dan Reaksi Nuklir; Partikel elementer.

Materi Kompetisi Kimia

Materi kompetisi Kimia mencakup: Kimia Anorganik, Kimia Fisika, Kimia Organik, dan Kimia Analitik dengan deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:

Kimia Anorganik

Struktur atom dan Tabel Periodik model ionik, kimia logam golongan utama, dan kimia padatan; struktur kristal logam dan ionik; energi kisi; bentuk molekul, simetri, dan teori orbital molekul. Konfigurasi elektronik atom dan ion; tren sifat kimia unsur golongan utama dalam susunan berkala;

Hitungan kimia; siklus alami; blok s, blok p dan blok d; Sifat-sifat logam transisi dan tingkat oksidasnya. Senyawa koordinasi: ion kompleks dan molekul; tetapan pembentukan kompleks, medan ligan, kompleks spin rendah dan spin tinggi, energi penstabilan medan ligan, deret spektrokimia dan efek Jahn-Teller, stereokimia, Spektrum elektronik senyawa kompleks.

Kimia Fisika

Kesetimbangan kimia dan fasa; larutan dan koloid; kinetika reaksi homogen dan heterogen; termodinamika (hukum I dan II); atom hidrogen (fungsi gelombang, tingkat energi, kebolehjadian); bilangan kuantum dan term symbol; persamaan Schrödinger sederhana; konfigurasi orbital p, d, molekul diatomik (diagram orbital, tingkat energi); orde ikatan; kestabilan; teori Huckel untuk ikatan rangkap terkonjugasi; dasar-dasar spektroskopi atom dan molekul diatomik (rotasi, vibrasi dan elektronik); elektrokimia.

Kimia Organik dan Biokimia

Gugus fungsi (alkana, alkena, alkuna, bensena, alkil halida, alkohol, eter, tiol, tioeter, aldehida, keton, asam karboksilat dan derivatnya, amina); struktur; reaksi dan mekanisme reaksi struktur sederhana dan kompleks; polisiklik dan heterosiklik; makromolekul (karbohidrat, asam lemak, asam amino dan protein, asam nukleat), polimer; reaksi perisiklik; elusidasi struktur dan sintesis bahan organik.

Kimia Analitik

Analisis kualitatif anion/kation; gravimetric; volumetric; elektrometri (potensiometri; voltametri; amperometri) spektrometri (UV/VIS & IR, AAS dan ICP; NMR; MS); kromatografi modern (HPLC dan GC/GCMS); analisis proksimat.

Materi Kompetisi Biologi

Materi kompetisi Biologi mencakup: Biologi sel; Biologi Molekular; Bioinformatika; Bioteknologi; Genetika; Fisiologi dan Metabolisma; Pertumbuhan, Perkembangan dan Reproduksi; Perilaku; Keanekaragaman Hayati; Ekologi dan Evolusi. Deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:

Biologi Sel

Macam Sel; Organel; Membran Sel; Struktur dan Fungsi Sel; Komunikasi Sel; Siklus Sel; Mitosis dan Meiosis; Teknik Penelitian dalam Biologi Sel.

Genetika dan Bioteknologi Molekuler

Material Genetik; Pewarisan Sifat; Genetika Populasi; Genetika Terapan; Biologi Molekuler; Transduksi Sinyal; Teknologi DNA Rekombinan dan Bioteknologi; Bioinformatika.

Fisiologi dan Metabolisme

Fotosintesis dan Fotorespirasi; Fotofisiologi; Respirasi dan Sistem Respirasi; Unsur Hara dan Nutrisi; Sistem Saraf; Sistem Sirkulasi; Sistem Pencernaan; Hormon dan Sistem Hormon; Sistem Ekskresi dan Respon organisme terhadap lingkungan.

Biologi Perkembangan, Reproduksi, dan Perilaku Pertumbuhan dan perkembangan serta aplikasinya dalam bidang pertanian, kesehatan, industri dan lingkungan; Sistem reproduksi dan penyebaran organisme; Perilaku organisme.

Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman molekul, anatomi, morfologi, struktur dan perilaku organisme; Klasifikasi; Taksonomi; Biosistematika; Evolusi.

Ekologi

Populasi; Komunitas; Ekosistem; Biosfir; Pencemaran dan Konservasi.

Jenis Soal

Jenis soal KNMIPA dapat berupa pilihan ganda, isian singkat dan uraian.

Materi Seleksi dan Alokasi Waktu

Seleksi Tingkat Wilayah diselenggarakan selama dua hari dengan alokasi waktu sebagai berikut.

Nah, bagi anda yang saat ini sedang mencari informasinya bisa anda download melalui artikel dibawah ini, semoga bermanfaat dan salam sehat.

AMBIL DISINI Juknis Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi Se Indonesia (KNMIPA) Tahun 2021