Widget HTML Atas

[TERBARU] Contoh Proposal Perbaikan Jaringan Irigasi (P3A), Format Ms Word

Halo, selamat datang para pembaca blog MEDIABRITA, pada postingan artikel kali ini kita akan memberikan contoh Contoh Proposal Perbaikan Jaringan Irigasi (P3A).

Nah tanpa lama-lama karena takutnya jadi basi mari kita lihat sejenak contoh Contoh Proposal Perbaikan Jaringan Irigasi (P3A).

Organisasi P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air) dibentuk atas azas kegotorong royongan serta bersifat sosial. Kajian ini bertujuan semua petani pemakai air dapat menghayati tentang organisasi, wilayah kerja serta kegiatan perkumpulan petani pemakai air.

Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) adalah semua petani yang mendapat nikmat dan manfaat baik langsung maupun tidak langsung dari dari pengelolaan air dan jaringan irigasi yang meliputi pemilik sawah, penggarap sawah, pemilik kolam ikan yang mendapat air dari jaringan irigasi dan pemakai air irigasi lainnya

Apakah Tugas dari P3A?

Yakni Terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani.

P3A dibentuk dari, oleh, dan untuk petani pemakai air secara demokratis, yang pengurus dan anggotanya terdiri dari unsur petani pemakai air. P3A dalam satu daerah pelayanan sekunder tertentu dapat bergabung sampai terbentuk GP3A. GP3A dalam satu daerah irigasi tertentu dapat bergabung sampai terbentuk IP3A.

Organisasi petani pemakai air (P3A) betujuan (1) untuk menampung masalah dan aspirasi petani yang berhubungan dengan air, (2) wadah bertemunya petani untuk saling bertukar pikiran dan pendapat serta membuat keputusan-keputusan guna memecahkan masalah yang dihadapi bersama, baik yang dapat dipecahkan sendiri maupun lainnya.

Tujuan pemerintah dibentuknya Organisasi petani pemakai air (P3A) ;

Memberikan pelayanan kebutuhan petani terutama dalam memenuhi kebutuhan air irigasi untuk usaha taninya. Dalam perkembangan P3A diharapkan dapat menjadi suatu unit usaha mandiri yang mampu menyediakan sarana produksi pertanian saprotan maupun dalam pemasarannya.

Nah, berikut langsung saja ] Contoh Proposal Perbaikan Jaringan Irigasi (P3A) dalam Format Ms Word.

Salam sejahtera kami ucapkan semoga Bapak senantiasa selalu ada dalam lindungan Allah SWT, amiin.

Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan yang bermuara pada indeks pembangan manusia, yang salah satu di antaranya mempunyai sarana dan prasarana yang memadai, yaitu dengan adanya jaringan irigasi desa yang bermanfaat bagi para petani khususnya di Desa CONTOH Kecamatan CONTOH Kabupaten CONTOH.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami mengajukan permohonan bantuan kepada Bapak  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Balai  Besar Wilayah Sungai Citanduy, untuk perbaikan jaringan irigasi yang berlokasi  di Kp. Contoh RT 000 RW 000 Desa CONTOH Kecamatan CONTOH Kabupaten CONTOH yang area pertaniannya lebih dari 25 Ha.

Latar Belakang

Pembangunan pertanian bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup petani dan keluarganya di tingkat pedesaan, untuk mewujudkannya dibutuhkan suatu usaha yang dapat meningkatkan pendapatan petani dengan cara memanfaatkan dan menggali potensi yang ada serta memperhatikan aspek teknis yang selaras dengan alam dan pengelolaan lahan terutama lahan sawah dengan tidak merusak lingkungan, serta dapat mendorong terwujudnya pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan pada lahan sawah dan tersedianya pangan terutama beras, pemerintah berupaya melalui peningkatan program pembangunan pertanian dalam pembangunan pertanian selain mempertahankan swasembada beras juga lebih dititik beratkan kepada peningkatan pendapatan dan kesejahtraan petani.

Kontribusi para petani pada pembangunan pertanian cukup besar karena posisi petani merupakan pelaku utama sebagai pengelola sektor pertanian secara luas. Tetapi tujuan pembangunan pertanian secara luas salah satunya untuk meningkatkan dan mempertahankan ketahanan pangan terutama ketersediaan beras sedikitnya mengalami kendala. Faktor penyebab yang menjadi hambatan terhadap lajunya program ketahanan pangan dan sangat besar pengaruhnya terhadap kegiatan pertanian, di antaranya:

  • Semakin kurangnya debet air dan sumber mata air.
  • Sumber air untuk kebutuhan areal pertanian, sebagian menjadi kebutuhan rumah tangga.
  • Rusaknya kondisi jaringan/saluran irigasi yang ada, karena masih menggunakan sistim tradisional.
  • Belum adanya perbaikan jaringan/saluran irigasi
  • Kurangnya modal masyarakat untuk membangun irigasi.
  • Dari perubahan tersebut dampak yang dirasakan khususnya oleh para petani
  • adalah lahan hamparan sawah yang berpengairan cukup dan dapat ditanami setiap
  • musim baik musim penghujan maupun kemarau, mulai kekurangan air di saat musim
  • dan cenderung gagal panen, maka diperlukan saluran irigasi yang memadai agar petani dapat berusaha tani di setiap musim. Sementara jaringan irigasi yang ada sekarang masih bersifat tradisional.

Contoh Proposal Perbaikan Jaringan Irigasi (P3A)
Ilustrasi; pixabay

Maksud dan Tujuan

  • Maksud dan tujuan dibangunnya sarana irigasi adalah untuk:
  • Tersedianya air yang cukup untuk pertanian di lahan sawah terutama di musim kemarau.
  • Meningkatkan produktivitas komoditi padi sawah.
  • Untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian.
  • Membantu pemerintah dalam pelaksanaan program pertanian terutama peningkatan produksi beras.
  • Sasaran Kegiatan
  • Sebagai upaya yang sesuai dengan keinginan dan tujuan kegiatan melalui pembangunan sarana irigasi adalah:
  • Dapat terairinya areal sawah seluas ± 50 Ha pada setiap musimnya, baik musim penghujan atau musim kemarau.
  • Pola tanam dapat diatur sesuai dengan tingkat kebutuhan.
  • Peningkatan produktivitas lahan dari pola tanam padi-padi menjadi padi-padi atau padi-palawija.
  • Adanya peningkatan produktivitas hasil padi dari 4,5 ton/Ha menjadi 5,5 ton/Ha.
  • Waktu Pelaksanaan
  • Pelaksanaan pembangunan sarana irigasi direncanakan dapat terselenggara pada tahun 2050.

Wilayah Pelaksanaan Pembangunan

Pelaksanaan kegiatan peningkatan sarana prasarana irigasi yang akan dilaksanakan berada di Kp. Contoh - Contoh Desa CONTOH Kecamatan CONTOH dengan dengan panjang 2.500 M dan jumlah areal pertanian 50 Ha, dengan sumber air dari Contoh Desa CONTOH.

Penutup

Demikian proposal ini kami buat berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan kondisi lapangan serta mudah-mudahan upaya ini mendapat perhatian pemerintah melalui bantuan pembangunan irigasi guna mendukung kegiatan para petani dalam mengelola usaha taninya. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan perkenannya kami haturkan terima kasih.

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.

Demikianlah contoh KEPDES tentang penunjukan Operator Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) kami berikan semoga bermanfaat dan salam merdesa. Namun apabila pemirsa dan pembacaca setia blog MEDIABRITA saat ini sedang membutuhkan contohnya bisa diambil di akhir artikel ini. Terimakasih.

AMBIL DISINI Contoh Kepdes Tentang Penunjukan OperatorSistem Keuangan Desa (Siskeudes), Format MS Word