Widget HTML Atas

√Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021

√Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021.

Dalam waktu dekat para siswa di seluruh Indonesia bakalan mengggelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Pasalnya Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) adalah bagian tidak terpisahkan pada pengembangan minat dan bakat bidang olahraga peserta didik. 

Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), Kemendikb udristek sebagai satuan kerja baru yang dibentuk agar potensi serta talenta yang dimiliki bangsa ini agar menjadi aktual, sinergis, dan berkontribusi terhadap percepatan pembangunan secara komprehensif.

Tak hanya itu saja, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) merupakan bagian aktivitas pengembangan bidang olahraga untuk peserta didik, oleh karenanya Puspresnas bakal terus mengembangkan KOSN menjadi lebih dinamis kemudian terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. 

√Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021
Ilustrasi pixabay

Pada masa pandemi covid-19 ini, penyelenggaraan KOSN 2021 masih mengacu pada pelaksanaan KOSN tahun 2020. 

Dengan adanya Penyelenggaraan KOSN secara keseluruhan dilaksanakan melalui strategi dalam jaringan atau online. 

Pada topik pembahasan Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021 ini, berikut adalah cabang olahraga yang dipertandingkan seperti Pencak silat dengan nomor Jurus Tunggal dan Karate dengan nomor Kata Perorangan.

Selain itu, sesuai dengan Petunjuk Panduan Teknis Pelaksanaan atau Juknis (KOSN SMP) Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional SD SMP Tahun 2021, adapun Sasaran KOSN Pendidikan Dasar (SD dan SMP) tahun 2021 adalah peserta didik jenjang pendidikan dasar yaitu peserta didik Sekolah Dasar /Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di seluruh Indonesia serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Strategi Pelaksanaan Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021 Dengan mempertimbangi kondisi wilayah Indonesia yang masih berada di zona merah/oranye/kuning dalam dimasa pandemi ini serta masih berlakunya secara luas kebijakan PPKM Mikro, sehingga KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021, dilakukan dengan sistem daring/ online. 

Sistem daring terdiri dari dua tipe, yaitu sinkron dan asinkron. Daring sinkron merupakan tipe daring yang terhubung dalam waktu yang sama seketika (realtime), contohnya adalah aplikasi zoom meeting, google meet, dll.

Sementara itu, Daring asinkron merupakan tipe daring yang tidak terhubung dalam waktu yang tidak sama atau tertunda (tidak realtime) sebelum diunduh, contohnya adalah aplikasi google drive, whatsapp, dll. Tipe daring asinkron akan digunakan untuk kebutuhan dalam pertandingan adalah youtube /google drive.

Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021, diberitahu kan bahwa untuk Cabang olahraga ditandingkan pada KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 meliputi Jenjang SD/MI dan SMP/MTs terdiri atas :

Pencak Silat

Dalam pencak silat, nomor yang ditandingkan adalah terdiri atas :

  • Jurus Tunggal Putra.
  • Jurus Tunggal Putri .

Karate

Sedangkan dalam karate, nomor yang ditandingkan adalah sebagai berikut terdiri dari :

  • Kata Perorangan Putra .
  • Kata Perorangan Putri .

Dalam judul postingan, Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021, KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 Bakal dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

Tingkat Satuan Pendidikan

Sekolah mengidentifikasi, menyeleksi, dan menetapkan perwakilan terbaik sesuai dengan kategori lomba yang telah ditentukan .

Sekolah mengikuti seleksi KOSN Pendidikan Dasar tingkat Kecamatan.

Tingkat Kecamatan

Kompetisi tingkat kecamatan diselenggarakan secara mandiri oleh KKGO/MGMP PJOK serta berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kab upaten/Kota/ Pengcab/P engkab/Pengkot cabang olahraga.

Mekanisme seleksi tingkat kecamatan dilakukan menyesuaikan kondisi warna zona daerah masing -masing. Apabila daerah berzona merah dan oranye, maka pelaksanaan seleksi dilakukan secara daring/online , sed angkan daerah berwarna kuning dan hijau maka seleksi bisa dilakukan secara daring/online dan atau luring/offline .

KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingkat Kecamatan diikuti oleh perwakilan satuan pendidikan jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

Hasil seleksi KOSN tingkat kecamatan ditetapkan melalui surat keputusan KKGO/MGMP PJOK dan selanjutnya akan mewakili Kecamatan ke tingkat Kabupaten/Kota.

Tim KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingkat Kecamatan sudah terbentuk pada bulan Mei 2021.

Tingkat Kabupaten/Kota

Kompetisi di tingkat Kabupaten/Kota diselenggarakan secara mandiri oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan berkoordinasi dengan Pengkab/Pengkot cabang olahraga.

Mekanisme seleksi tingkat kecamatan dilakukan menyesuaikan kondisi warna zona daerah masing -masing. Apabila daerah berzona merah dan oranye, maka pelaksanaan seleksi dilakukan secara daring/online, sedangkan daerah berwarna kuning dan hijau maka seleksi bisa dilakukan secara daring/online dan atau luring/offline.

KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingkat Kabupaten /Kota diikuti oleh perwakilan hasil seleksi tingkat Kecamatan dari jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

Hasil seleksi KOSN tingkat Kabupaten/Kota ditetapkan melalui surat keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan selanjutnya peserta akan mewakili Kabupaten/Kota ke tingkat Provinsi.

Bagi daerah yang telah melaksanakan seleksi, maka hasil seleksi tersebut dapat digunakan untuk mengikuti seleksi ke tingkat provinsi sesuai dengan aturan yang tertulis pada panduan teknis KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021.

Tim KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingkat Kabupaten/Kota sudah terbentuk pada bulan Juni 2021.

Tingkat Provinsi

Kompetisi di tingkat Provinsi diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud ristek berkoordinasi dengan induk cabang olahraga.

Seleksi dila ksanakan seca ra daring melalui penilaian video keterampilan sesuai ketentuan cabang olahraga.

KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingkat Provinsi diikuti oleh perwakilan hasil seleksi tingkat Kabupaten /Kota dari jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

Hasil seleksi KOSN tingkat Prov insi ditetapkan melalui surat keputusan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan selanjutnya peserta akan mewakili provinsi ketingkat nasional.

Hasil seleksi KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingkat Provinsi akan diumumkan pada bulan Agustus 2021.

Tingkat Nasional

Kompetisi di tingkat nasional diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek berkoordinasi dengan induk cabang olahraga.

Seleksi dilaksanakan secara daring mela lui penilaian video keterampilan sesuai ketentuan cabang olahraga.

KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingkat nasional diikuti oleh pe rwakilan hasil seleksi tingkat Provinsi dari jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

Pelaksanaan KOSN Pendidikan Dasar tahun 2021 tingka t nasi onal ak an diselenggarak an pada pada bulan September 2021.

Hasil pelaksanaan KOSN tingkat nasional ditetapkan melalui surat keputusan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mana surat keputusan tersebut mener angkan te ntang peserta yang mendapatkan medali emas, perak dan perunggu pada masing -masing cabang olahraga.

Lebih lanjut mengenai Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021, dijelaskan bahwa syaratan Peserta KOSN SD/SMP yang wajib dipenuhi, diantaranya:

Persyaratan Umum Peserta KOSN

  • Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).
  • Peserta bukan Juara 1, 2 , 3 t ingkat Nasiona l O2SN Tahun 2019 dan KOSN 2020 pada jenjang dan cabang olahraga yang sama.
  • Peserta KOSN Pendidikan Dasar t ahun 2021 adalah peserta didik satuan pendidikan SD/MI dan SMP/MTs yang masih terdaftar sebagai peserta didik dan memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau NISM (Nomor Induk Siswa Madrasah).
  • Khusus peserta jenjang SMP/MTs bukan merupakan atlet binaan khusus nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota seperti PPLP, PPLPD, PPOP, SKO, dan SKO Provinsi dibuktikan dengan surat pernyataan /pa kta integritas.
  • Peserta memiliki minat, bakat, dan kemampuan dalam bidang olahraga.
  • Peserta m endapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus (sekolah inklusi) berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan perset uj uan dari pihak yang berwenang.
  • Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu cabang olahraga dan diusulkan oleh Kepala Sekolah.
  • Peserta t erdaftar pada laman pendaftaran daring Pusat Prestasi Nasional.
  • Berkas Persyaratan yang disiapkan

Dalam proses valid data, peserta yang mengikuti seleksi tingkat Provinsi dan Nasional harus melengkapi dokumen dan mengunggah ke web pendaftaran daring/online Puspresnas dengan rincian sebagai berikut:

  • Akte Kelahiran (PDF/JPG) .
  • Biodata peserta didik pada Rapor (Pdf/Jpg) .
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah (PDF) 
  • Surat Pernyataan /Pakta Integritas (PDF) . format surat poin “c dan d” dapat diunduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Cara Registrasi/Pendaftaran Peserta. Perserta tingkat provinsi melakukan pendaftaran melalui sistem aplikasi lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Daftar web pendaftaran dan unggah dalam KOSN Pendidikan Dasar:

Pendidikan SD melalui laman sd.p usatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Pendidikan SMP melalui laman smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Sementara itu, untuk proses Pendaftaran dilakukan oleh sekolah masing-masing dengan melengkapi data peserta KOSN Pendidikan Dasar secara akurat dan benar. 

Disini dijelaskan bahwa Sekolah harus memastikan data NISN peserta paling baru. Lalu Sekolah mengunggah dokumen persyaratan pada aplikasi pendaftaran .

Demikian sedikit pembahasan mengenai Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021, semoga bermanfaat dan salam merdesa.

Apabila saat ini anda sedang mencari terkait informasi Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021, kebetulan anda bisa mengambilnya di bawah artikel ini.

AMBIL DISINI Juknis dan Syarat Pelaksanaan KOSN SD dan SMP Tahun 2021

AMBIL DISINI Surat Keterangan Sekolah KOSN SD/SMP tahun 2021 silahkan klik disini.

AMBIL DISINI Surat Pernyataan Peserta KOSN Tahun 2021 silahkan klik disini.

AMBIL DISINI ID Card Peserta KOSN Tahun 2021 silahkan klik disini.