Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TERANYAR] Contoh SK Penunjukkan Pengguna Aset Desa Lengkap, Format Ms Word!

MEDIABRITA - Salah satu hal yang terkadang terlupakan pada setiap Desa yakni surat keputusan penunjukan pengguna aset desa.

Meski hal ini terlihat sepele, namun justru adanya SK Penunjukan Pengguna Aset Desa akan mempermudah dan memperkuat pemberian tanggungjawab terhadap si penerima penujukkan menggunakan aset desa.

Seperti halnya kendaraan dinas, alat atau milik aset desa.

Nah sebelum itu bagi sahabat desa agar lebih menajamkan apa itu langkah baiknya kita harus mengerti dahulu apa itu SK Penunjukan pengguna aset desa.

SK Penunjukan Pengguna Aset Desa merupakan salah satu Surat Keputusan yang ditetapkan oleh Kepala Desa dalam bidang aset desa.

Disini kami akan sedikit memberikan gambaran saja mengenai contoh SK Penunjukan Pengguna Aset Desa.

Jak ini tentunya saja sudah mengacu pada Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa Seperti bentuk format SK Kepala Desa lainnya pula.

Selain itu, isi materi dari SK Penunjukan Pengguna Aset Desa patokan dari Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa. 

Berikut Konsideran SK Penunjukan Pengguna Aset Desa tersebut telah disebutkan sebagai berikut:

bahwa dalam rangka tertib administrasi pengguna aset desa maka perlu ditunjuk pejabat atau staf perangkat desa yang menggunakan aset desa.

SK ini memutuskan dan menetapkan untuk menunjuk Pejabat atau Staf perangkat desa yang namanya tercantum dalam lampiran keputusan ini untuk menggunakan aset desa.

Ilustrasi

Pengguna Aset Desa yang telah ditunjuk atau diangkat tersebut bertanggung jawab:

  • Menjaga, memelihara dan merawat aset desa dengan baik.
  • Melaporkan kondisi aset desa yang dipergunakan secara berkala kepada Kepala Desa melalui Petugas/Pengurus aset desa.

Lebih lanjut, terlepas dari pelaporan keadaan barang aset desa juga perlu dicatat penggunaan aset desa kapan berakhir, diantaranya:

  • Berakhir masa tugas
  • Mutasi
  • Berhenti/diberhentikan

Nah, hal yang paling penting dari Penunjukan Pengguna Aset Desa ini tentu nya terkait pembiayaan penggunaan aset desa seperti perawatan aset desa baik kendaraan dinas ini nantinya akan dibebankan kepada APBDes atau anggaran pendapatan desa.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Contoh SK Penunjukan Pengguna Aset Desa, semoga bermanfaat dan salam merdesa. Sumber : Format-administrasi-desa

AMBIL DISINI Penunjukan Pengguna Aset Desa, Format Ms Word