Widget HTML Atas

Contoh PERKADES tentang Tatacara Pengelolaan PAMSIMAS di Desa, Format dalam Ms Word

Mediabritarakyat - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau biasa disebut dengan sebutan PAMSIMAS, adalah platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Jika di desa atau wilayah anda berencana akan melaksanakan program Pamsimas, disini akan dibagikan contoh PERDES tentang tatacara Pengelolaan PAMSIMAS yang baik dan benar sesuai aturan.

Ilustrasi juraganberdesa

Nah, sebelum masuk contoh PERDES tentang tatacara Pengelolaan PAMSIMAS, ada baiknya harus memahami apa itu Pamsimas, lalu tujuan dan sasaran yang ingin dicapai suatu wilayah.

Arti dari Pamsimas

Pamsimas adalah sebuah platform Dalam pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dan dilakukan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Tujuan Pamsimas

PAMSIMAS sebetulnya memiliki tujuan yang mulia yakni untuk meningkatkan praktiknya hidup bersih dan sehat di lingkungan masyarakat, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dan meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Nah sejatinya kalaubPamsimas merupakan asset masyarakat yang dikelola oleh KPSPAMS, 100% menjadi milik masyarakat, selain itu juga merupakan asset masyarakat yang dikelola oleh KPSPAMS, sedangkan apabila ada sarana terbangun yang berasal dari APB Desa (10% dari Total Nilai RKM) dicatatkan sebagai aset Desa.

PAMSIMAS awal tahun pendirian Tahun Pelaksanaan semenjak 2008 sampai tahun 2020. Adapun Cakupan wilayah 33 Provinsi, 412 Kabupaten, 11 Kota, 27.000 Desa.

Tujuan Pamsimas tahap 1

Meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran kota (peri-urban) yang dapat mengakses air minum dan sanitasi yang layak serta mempraktekan prilaku hidup bersih dan sehat. Tahun dan lokasi 2008 – 2013, 15 Propinsi, 110 Kabupaten, dan 5200 Desa

Tujuan Pamsimas tahap 2

Meningkatkan jumlah warga masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaaan dan peri-urban yang dapat mengakses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan penerapan nilai dan prilaku hidup bersih dan sehat. Semenjak Tahun dan lokasi pada tahun 2013 – 2016, di 32 Propinsi, 233 Kab/kota,6.800 Desa

Tujuan Pamsimas tahap 3

Meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani di wilayah perdesaaan dan peri-urban yang dapat mengakses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan. Sedangkan Tahun dan lokasi yakni 2016 hingga tahun 2020, tercatat sudah di 33 Propinsi, 396 Kab, 11 Kota, 27.000 Desa

Tujuan Pamsimas secara umum

Meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) dan Universal Akses 2030 melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Sasaran dari Pamsimas secara keseluruhan

  • Tambahan akses air minum aman bagi 22,1 juta jiwa
  • Tambahan akses sanitasi layak bagi 14,9 juta jiwa
  • Minimal 60% masyarakat dusun sasaran mengadopsi Stop Buang Air Besar Sembarangan
  • 70% masyarakat dusun sasaran mengadopsi program Cuci Tangan Pakai Sabun
  • 70% Pemerintah Daerah memiliki dokumen perencanaan daerah bidang air minum dan sanitasi
  • Pemerintah Daerah mempunyai peningkatan belanja di bidang air minum dan sanitasi.

SIKLUS KEGIATAN PAMSIMAS

Proses Penetapan Desa Sasaran.

PEMILIHAN DESA

  • Sosialisasi tingkat kabupaten/kecamatan dan desa
  • Penyusunan proposal desa
  • Verifikasi proposal dan penetapan desa sasaran

PERENCANAAN

  • IMAS dan CLTS
  • Pembentukkan KKM, Satlak, dan BP-SPAMS
  • Penyusunan PJM ProAKSI dan Rencana Kerja Masyarakat (RKM)

PELAKSANAAN

  • Penyaluran BLM
  • Pelaksanaan konstruksi
  • Pelatihan tingkat masyarakat
  • Kegiatan promosi kesehatan dan perubahan perilaku
  • Keberlanjutan
  • Operasional dan pemeliharaan
  • Pengembangan dan peningkatan pelayanan air minum dan sanitasi
  • Penguatan perubahan perilaku (Stop BABS) dan CTPS.

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Program PAMSIMAS I (2008-2012) dan PAMSIMAS II (2013-2015), telah berhasil menambah akses air minum aman bagi 10,4 juta jiwa dan akses sanitasi layak bagi 10,4 juta jiwa di lebih dari 12.000 desa/kelurahan yang tersebar di 233 kabupaten/kota di 32 provinsi di Indonesia.

Sementara' itu Program PAMSIMAS memasuki fase ketiga (PAMSIMAS III) yang dilaksanakan pada kurun waktu 2016-2020, dan akan menyasar 15.000 desa sasaran baru serta mengelola keberlanjuran program di hampir lebih dari 27.000 desa peserta PAMSIMAS di seluruh Indonesia.

STRATEGI, PENDEKATAN & PRINSIP
STRATEGI Pamsimas

  • Membangun masyarakat hidup bersih dan sehat melalui pembangunan sistem air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.
  • Pendekatan PAMSIMAS diadopsi dan dijadikan platform dalam berbagai upaya meningkatkan akses air minum dan sanitasi di wilayah perdesaan;
  • Penerapkan tiga pilihan kegiatan pengembangan SPAM.

Pendanaan Pamsimas

Alokasi dana terbagi atas 2 bagian yaitu:

Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Desa, diberikan langsung kepada masyarakat untuk membiayai kegiatan peningkatan sarana air minum dan sanitasi masyarakat yang dituangkan dalam RKM;

Dana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan di tingkat pusat, propinsi, kabupaten, kecamatan dan desa. Dana ini antara lain meliputi pengadaan fasilitator dan bantuan teknis, lokakarya dan pelatihan.

Nah, bagi sahabat perangkat desa di seluruh penjuru dunia di seluruh penjuru tanah air jika anda membutuhkan sebuah PERDES tentang tatat cara pengelolaan Pamsimas, silahkan bisa anda ambil disini. Semoga tulisan dannsharing ini bisa bermanfaat salam merdesa tetap semangat dan sehat amin ya rabbal AlaAmin.

AMBIL DISINI CONTOH PERKADES TENTANG TATA CAR PENGELOLAAN, PAMSIMAS FORMAT MS WORD