Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

✓Contoh Surat Keterangan Kelahiran dari desa Terbaru, Format Dalam Ms Word

Mediabritarakyat - Contoh Surat Keterangan Kelahiran dari desa Terbaru. Halo sahabat perangkat desa di seluruh penjuru tanah air? Apa kabar Semoga baik'badan sehat dan lancar tugas nya. Baiklah pada kesempatan yang baik ini kami akan sedikit memberikan tentang contoh surat keterangan Kelahiran Ndari desa ataupun sebutan lannya. 

Oiya! Ngomong-ngomong sudah pada ngopi belum nih? Ngopi dulu sana biar seger mantap kalo kopi hitam. Langsung melek kayaknya ya sahabat perangkat desa.

Arti surat keterangan kelahiran

Surat keterangan Kelahiran adalah surat keterangan ketika ada anak yang baru lahir.

Biasanya surat keterangan Kelahiran ini dikeluarkan oleh Pemerintah Desa ataupun kelurahan, akan tetapi sebaiknya segera melaporkan ke Desa atau Kelurahan sebelum 60 hari.

Hal ini penting pasalnya untuk memperoleh Surat Keterangan Kelahiran, selain itu surat tersebut juga bisa digunakan untuk mengurus dokumen Akta Kelahiran yang dibuatkan dan diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten atau kota di seluruh penjuru tanah air.

Tak hanya itu saja anda juga sebelum mendatangi Pemerintah Desa ataupun kelurahan, sebaiknya harus mempersiapkannya sejumlah persyaratan, agar tidak bolak balik karena ketinggalan Syarat tersebut.

Persyaratan surat keterangan kelahiran

  • Surat Pengantar dari Ketua RT setempat
  • Surat Kelahiran dari Bidan/Rumah Sakit Asli dan di Fotocopy 2 lembar
  • Kartu Keluarga (KK) Asli
  • Fotocopy KK 2 lembar
  • Fotocopy KTP Pelapor 2 lembar
  • Fotocopy KTP kedua Orangtua anak (masing-masing 2 lembar)
  • Foto KTP 2 orang saksi kelahiran (tetangga dekat/jangan satu KK masing-masing 2 lembar)
  • Fotocopy Surat Nikah 2 lembar

Cara mengurus akta kelahiran

Ternyata dalam Pengurusan akta Kelahiran bagi anak bagi yang tidak memiliki ayah yang disebabkan oleh satu dan lain hal ternyata sama saja prosesnya dengan cara kelahiran akta kelahiran pada umumnya.

Ada juga kasus nya jika orang tuanya yang tidak memiliki buku nikah ataupun hilang atau rusak, bisa dibuatkan surat tanggung jawab mutlak atau  SPTJM. Jika anda membutuhkan contoh surat SPTJM anda bisa mengambilnya di akhir artikel ini.

Contoh Surat keterangan Kelahiran

Namun ada sedikit Perbedaan , seperti pada akta Kelahirannya akan yang didasarkan nama ibunya saja, tidak ada nama ayah.

Nah jika hal ini terjadi di desa anda Biasanya akta kelahiran yang demikian sering disebut dengan “akta Kelahiran anak mama”. 

Berikut ini adalah berkas-berkas yang harus dipersiapkan untuk mengurus pembuatan akta Kelahiran anak mama adalah sebagai berikut:

Syarat membuat akta kelahiran dari disdukcapil

  • Surat lahir atau Yang biasa di sebut Surat Kelahiran dari Dokter atau Bidan atau Penolong Kelahiran atau Kantor Desa
  • KTP saksi Kelahiran (2 orang)
  • KTP Ibu
  • Kartu Keluarga (KK) Ibu
  • Formulir F-201

Cara mengurus dan membuat akta kelahiran

Apabila anda mau mencatat bayi yang lahir ditempat kecamatan setempat, maka, harus Menunjukan persyaratan di Jelaskan di atas kepada Petugas Registrasi di kantor kecamatan setempat dan mengisi Formulir Surat Keterangan Kelahiran.

Menandatangani Formulir yang telah di isi dan di ketahui oleh Kepala Desa atau Kuwu atau Lurah.

Menunggu konfirmasi akta Kelahiran selesai (Sekitar 14-21 hari)

Namun demikian, Anda menghendaki pencatatan dilakukan di Dispendukcapil domisili anda maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, diantaranya:

Membawa seluruh persyaratan yang tertera diatas

Datang ke Dispendukcapil tempat domisili anda sesuai Jam Kerja (Senin-Kamis 08: 00-17: 00, Jumat 08: 00-14: 00, Sabtu 08: 00-12: 00)

Mengikuti antrian sesuai prosedur dengan tertib dan protokol kesehatan.

Setelah sampai di loket (Loket 6 & 7) sampaikan kepada petugas, jika dialokasikan Akta Kelahiran anak mama

Kemudian Petugas akan memverifikasi seluruh persyaratan. Jika valid, akta Kelahiran bisa dikirim dan diterima dan dibawa pulang. 

Nah, bagi anda yang ingin membuat Surat Keterangan kelahiran dari desa sebagai persyaratan dalam membuat akta kelahiran, kami akan membagikan contoh suratnya dan hal yang terpenting format yang disediakan juga dalam format Ms word. Semoga bermanfaat dan salam merdesa!

AMBIL DISINI CONTOH SURAT KETERANGAN KELAHIRAN DARI DESA, FORMAT MS WORD

AMBIL DISINI CONTOH SPTJM BAGI ORANG TUANYA YG TIDAK ADA BUKU NIKAH