Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Penelitian Lapangan di Desa bagi Mahasiswa KKN, Format Ms Word

Mediabritarakyat - Bagi setiap individu atau kelompok pelajar atau mahasiswa yang sedang melaksanakan belajar dilapangan baik PKL ataupun KKN diharuskan membuat laporan akhir penelitian. 

Hal ini dimaksudkan sebagai bukti bahwa anda sudah melaksanakan program belajar dilapangan berbaur dengan warga masyarakat.

Tidak salah anda juga harus mengetahui apa itu yang dinamakan laporan penelitian.

Laporan penelitian adalah laporan pertanggungjawaban kegiatan penelitian yang sudah dilaksanakan. Biasanya Laporan ini membahas sejumlah penelitian dengan jelas, lengkap, detail, dan bisa dipahami semua oleha kalangan.

Ilustrasi

Selain itu Laporan Penelitian ini juga memiliki struktur Pengisian tentang prosedur, proses, dan sistematika jalannya penelitian. Ada 2 metode laporan penelitian; kualitatif dan kuantitatif.

Nah mungkin kamu sering mendengar istilah laporan penelitian, entah dari dari siapa atau malah anda sendiri saat ini lagi dapat tugas untuk membuat laporan penelitian, hayo ngaku? Hehe. Eit tenang disini anda sudah tepat sekali di web ini, karena akan dibagikan contoh laporan penelitian bagi yang sudah melaksanakan KKN di Desa desa.

Sementara itu juga, Laporan penelitian memiliki fungsi sebagai laporan pertanggung jawaban dari semua kegiatan penelitian yang telah anda laksanakan. 

Meski demikian, laporan penelitian perlu disusun secara jelas, lengkap dan dapat dipahami dengan baik. 

Adapun dalam susunan Prosedur, proses, dan sistematikanya juga harus sesuai dengan kaidah yang berlaku. Termasuk substansi dari hasil penelitiannya juga diharapkan lengkap sehingga laporan penelitian yang kamu buat dapat memberikan manfaat kepada mereka yang membacanya. 

Pada Hakikatnya, ketika menyusun laporan penelitian tudak begitu berbeda dengan menyusun karya ilmiah. Seperti Ketelitian, kecermatan, serta kejelian merupakan beberapa unsur penting dalam menyusun, mengolah data dan fakta dalam laporan hasil penelitian. Eits, jangan lupa juga dengan teknik penulisan dengan bahasa yang tepat dan jelas. 

Metode membuat laporan penelitian

Dalam Metode dalam membuat laporan penelitian terdiri atas 2 jenis, yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Kalau Laporan penelitian kuantitatif merupakan metode yang dilakukan secara lugas, objektif, dan apa adanya. Dari Isi pokoknya adalah menyangkut apa yang diteliti, bagaimana penelitian dilakukan, hasil yang diperoleh, dan kesimpulan penelitian. Sedangkan metode laporan kualitatif adalah untuk mengungkapkan gejala atau fenomena secara menyeluruh dan kontekstual. Laporan penelitian ini seharusnya mampu memberikan gambaran yang utuh dan kontekstual tentang topik yang diteliti. 

Berikut ini contoh laporan penelitian untuk anak sekolah yang sudah melaksanakan PKL.

Pendahuluan, Masa muda adalah masa yang penuh dengan imajinasi dan daya kreasi yang tinggi, termasuk pada anak-anak yang masih duduk di bangku SMP. Kreativitas sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepekaan terhadap rasa estetik dan artistik yang nantinya akan memunculkan sikap kritis, kreatif, dan apresisasi pada kepribadian para siswa secara menyeluruh.

Sikap tersebut akan muncul dengan diadakannya kegiatan yang memancing daya kreativitas para siswa contohnya kegiatan Porseni atau Pekan Olahraga dan Seni yang diadakan oleh pihak sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi diri setiap siswa dan mengajarkan kebersamaan dalam mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

Untuk itu, kegiatan Porseni di sekolah ini harus dilaksanakan demi meningkatkan potensi setiap siswa yang bersekolah di SMP Dulang Jaya Bandung. SMP Dulang Jaya telah melaksanakan kegiatan Porseni di luar jam sekolah pada tahun ajaran 2017/2018.

Tujuan Kegiatan Porseni

  • Meningkatkan kreativitas setiap siswa
  • Menciptakan hubungan agar saling kerjasama setiap siswa dalam hal mengelola bakat masing-masing
  • Meningkatkan tali silaturahmi antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan para guru

Mencari bibit baru bidang olahraga dan seni

Kegiatan

Nama kegiatan: Pekan Olahraga dan Seni Tema: Mengembangkan bakat dan kreativitas demi kemajuan diri

Sasaran: Seluruh siswa SMP Dulang Jaya Bandung Tanggal: 12 maret 2017 Tempat: SMP jatisari

Anggaran Dana : Pemasukan: Rp2.500.000 Pengeluaran: Rp2.400.000

Penutup, Demikian laporan kegiatan Porseni di SMP Dulang Jaya Bandung yang telah terselenggara dengan lancar dan sukses. Dalam pembuatan laporan ini kami sadar masih banyak kekurangannya, maka dari itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan yang ada pada laporan kegiatan Porseni ini. Sekian dan terima kasih.

Contoh lainnya juga seperti Pendahuluan, Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia dan rahmat-Nya.

Negara Indonesia memiliki beragam budaya yang indah dan tak lepas dari macam-macam karya seni yang memukau. Maka, kami dari OSIS ingin menyelenggarakan sebuah pentas seni di SMU Hitam Putih. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan apresiasi para siswa terhadap kesenian dan kebudayaan khususnya yang berasal dari Indonesia.

Melalui kegiatan ini kami sangat berharap akan tumbuh cinta dan kepedulian terhadap seni dan budaya Indonesia maupun seni dan budaya modern. Acara pentas seni ini dapat menjadi ajang hiburan bagi para siswa menjelang UAS tiba.

Latar Belakang, Kegiatan atau acara pentas seni ini dilaksanakan sehubungan dengan hari Ibu yang sering kita peringati setiap tanggal 22 Desember. Anggap saja acara pentas seni ini merupakan perayaan kecil-kecilan dari siswa siswi dan sebagai rasa terima kasih kepada Ibundanya masing-masing.

Tujuan Acara Pentas Seni

  • Mengembangkan bakat, potensi dan kreatifitas para siswa.
  • Sebagai bentuk apreasiasi siswa.
  • Sebagai ucapan terima kasih kepada seluruh ibu di dunia.
  • Sebagai acara komersial.
  • Melestarikan kesenian Indonesia.
  • Melestarikan budaya Indonesia.

Waktu dan Tempat

Hari, tanggal: Sabtu, 5 Juli 2017 Waktu: 09.00 – selesai

Jenis Kegiatan yang Ditampilkan

  • Tari tradisional perwakilan dari para siswi.
  • Musik tradisi dan kreasi seni dari siswa siswi seperti modern dance, band serta vokal grup dari masing-masing ekstrakurikuler.
  • Teater persembahan dari anak-anak yang mengikuti ekstrakurikuler teater.

Penutup

Demikian hasil dari laporan kegiatan pentas seni yang telah kami selenggarakan. Alhamdulillah, acara tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila masih ada kekurangan dari laporan kegiatan yang kami buat. Kami berharap pembaca dapat menyampaikan kritik atau sarannya yang membangun. Sekian dan terima kasih.

Demikianlah contoh laporan penelitian ketika sudah melaksanakan tugas belajar di luar sekolah atau universitas.

Bagi anda yang sedang mencari contoh laporan penelitian, silahkan ambil disini contoh laporan penelitian bagi mahasiswa yang sudah melaksanakan tugas belajar di luar dengan mengabdi diri untuk masyarakat di Desa.

AMBIL DISINI CONTOH LAPORAN PENELITIAN BAGI MAHASISWA KKN, FORMAT MS WORD