Widget HTML Atas

[TERBARU] Daftar Kode Rekening Pelaksanaan Kegiatan Anggaran Untuk Dukungan Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro Dan Pembentukan Posko di Desa

Mediabritarakyat - Pemerintah memutuskan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro termasuk yang ada di Desa.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional Alexander Ginting, pelaksanaan PPKM mikro ini diterapkan untuk mengatasi masalah yang tak terselesaikan pada saat PPKM biasa.

Ilustrasi/juraganberdesa


"Persoalannya adalah setelah tim pelacak datang, siapa yang mengawasi mereka yang diisolasi, siapa yang mengawasi mereka yang dikarantina," kata Ginting dalam diskusi daring, Jumat, 5 Februari 2021, regulasi penanganan Covid-19 di nasional maupun regional sama saja. Namun masalah pengawasan ini kerap muncul di tingkat regional. Karena itu, PPKM mikro diterapkan dengan menerapkan sistem posko hingga tingkat kecamatan.

Posko yang mendampingi tim puskesmas, tim pelacak. Sehingga mereka yang diisolasi, dikarantina memang harus 14 hari dikurung. Kalau dikurung harus diawasi, dikasih makan," kata Ginting.

Sementara itu, menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito sebelumnya mengatakan bahwa posko ini nantinya akan menjadi lokasi atau tempat yang menjadi pusat komando penanganan Covid yang berfungsi koordinasikan, kendalikan, memantau, evaluasi, serta eksekusi penanganan covid di masing-masing daerah termasuk di desa desa.

Di dalamnya, bakal terdiri dari TNI Polri, pemda, dan unsur lain yang digerakkan pemda seperti BPBD, dinkes, dinsos, dinperek, puskesmas, PKK, dan komunitas lain. 

Ia juga mengatakan secara operasional, fungsi prioritas posko akan mencakup pendorong perubahan perilaku, layanan masyarakat, pusat kendali informasi, hingga menguatkan pelaksanaan 3T di desa selama pelaksanaan PPKM Mikro. 

"Pada prinsipnya, posko-posko yang tersebar secara nasional ini berfungsi permudah proses perubahan perilaku, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan serta pemulihan ekonomi," kata Wiku Adisasmito. Sumber Tempo.co


Nah, menanggapi hal tersebut diatas, bagi Pemerintah Desa perlu adanya contoh apa saja daftar rekening dalam pelaksanaan PPKM tongkat desa.

Berikut kami akan membagikan Daftar Kode Rekening Pelaksanaan Kegiatan Anggaran Untuk Dukungan Pelaksanaan Ppkm Berskala Mikro Dan Pembentukan Posko Desa.

Hal tersebut sebagaimana yang tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021 tanggal 5 Februari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2021. AMBIL DISINI

Selain itu juga diperinci oleh Instruksi Mendes PDTT Nomor 1 Tahun 2021 tanggal 6 Februari 2021 tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro didesa AMBIL DISINI

AMBIL DISINI CONTOH KODE REKENING PPKM MIKRO DI DESA TAHUN 2021

Demikian sedikit penjelasannya, semoga bermanfaat dan salam merdesa tetap semangat dan sehat selalu amin!