Widget HTML Atas

PPDI Karangnunggal Tasikmalaya, Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa

Mediabritarakyat - Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Karangnunggal Tasikmalaya, Jawa Barat menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Perangkat Desa.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Desa Cibatu, Sabtu 27 Februari 2021.

Pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa, oleh PPDI Karangnunggal

Ketua PPDI Karangnunggal, Saepul Khairi juga sebagai Sekdes Desa Sarimanggu mengatakan, tujuan pelatihan digelar untuk peningkatan kapasitas kepada Perangkat Pemerintahan Desa (Pemdes) dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

“Pelatihan ini dilaksanakan inisiatif PPDI, untuk meningkatkan kapasitas Perangkat Desa sesuai tupoksinya. Hari ini diikuti oleh Kaur TU dan Kasi Pemerintahan, sebelumnya Kaur Perencanaan dan Kasi Kesra. Kegiatan ini diikuti 38 peserta terdiri dari 28 perangkat desa, 10 Sekdes,” katanya.

“Pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa adalah hak, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, agar setiap pemdes mampu mengelola anggarannya dengan baik seperti alokasi dana desa (ADD) maupun anggaran pendapatan dan belanja desa (APB). Sehingga perangkat desa harus paham regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan sesuai tupoksinya masingmasing,” tambahnya, di sela-sela pembukaan pelatihan.

Lebih lanjut, dia berharap setiap Pemdes dapat meningkatkan manajemen pemerintahan desa, rajin berdiskusi dan mengikuti aturan sesuai undang-undang yang berlaku. 

“Kami harap, melalui pelatihan ini Perangkat Desa bisa lebih meningkatkan kapasitasnya,” harapnya.

PPDI Karangnunggal bergambar bersama, foto Iman/PanduDesa

Sementara itu, Pembukaan pelatihan juga dihadiri, Kepala Desa Cibatu, Ia mengatakan dirinya sangat mendukung kegiatan pelatihan peningkatan perangkat desa ini.

Hal ini, menurutnya setiap perangkat desa mulai dari Sekdes hingga Kaur, Kasi dan staf lainnya adalah motor dalam pemerintahan desa.

Sehingga dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah ilmu dan pengetahuan perangkat desa sesuai dengan tupoksinya. 

"Perangkat desa adalah motor dari pemerintahan desa, semoga dengan pelatihan ini perangkat desa lebih memahami tupoksinya" pungkasnya.

By : Mediabritarakyat

Penulis (Iman/PanduDesa)