Widget HTML Atas

Berikut 8 Manfaat lidah buaya untuk wajah, Simak Penjelasannya!

Mediabritarakyat.my.id - Siapa yang tidak tahu daun mirip lidah buaya iti. Setiap daun lidah buaya mengandung jaringan berlendir yang menyimpan air, dan membuat daun menjadi tebal. Kandungan airnya agak pekat sehingga sering diasosiasikan dengan gel yang menjadi ciri khas produk berbahan lidah buaya. 

Daun Gel lidah buaya mengandung sebagian besar senyawa bioaktif yang bermanfaat, termasuk vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan.

Lidah buaya/kontan.co.id

Berikut 8 Manfaat lidah buaya untuk wajah

Dirangkum dari Medical News Today dan Prevention.com, berikut 8 manfaat lidah buaya untuk wajah:

1. Menenangkan kulit tersengat sinar matahari

Lidah buaya mengandung senyawa yang disebut polisakarida yang mendorong perbaikan kulit dan pembentukan sel-sel kulit baru. 

Lidah buaya juga mengandung pereda nyeri yang disebut karboksipeptidase. Itulah sebabnya, lidah buaya bisa menenangkan kulit yang tersengat sinar matahari. 

2. Meredakan peradangan kulit

Lidah buaya mengandung senyawa acemannan, yang menekan peradangan kulit. 

Namun, pastikan untuk melakukan uji tempel sebelum menempelkan lidah buaya pada kulit yang meradang. Sebab, lidah buaya dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi pada beberapa orang.

Melembapkan kulit

Kandungan lidah buaya sebagian besar terdiri dari air yang membantu melembabkan kulit tanpa rasa berminyak. Hal tersebut membantu mengunci kelembapan ke dalam kulit yang dapat menghaluskan dan melembutkan kulit. 

4. Membantu melawan jerawat 

Kandungan gel dalam lidah buaya memiliki kemampuan antibakteri dan mengandung asam salisilat. Asam salisilat merupakan exfoliant yang membantu membuka pori-pori, sehingga sangat membantu mengatasi jerawat dan komedo.

Selain itu, senyawa tersebut juga bertindak sebagai anti-inflamasi pada kelenjar minyak yang menyebabkan jerawat. 

5. Obati luka di kulit atau wajah

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai antiseptik lantaran mengandung enam agen termasuk asam salisilat, fenol, dan sulfur yang diketahui membantu menghambat jamur, bakteri, dan virus. 

Sehingga, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, dengan menciptakan antibodi yang dapat digunakan sistem kekebalan untuk melawan virus.

6. Memperlambat tanda-tanda penuaan 

Manfaat lidah buaya untuk wajah yakni dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Lidah buaya merangsang aktivitas fibroblast yang meningkatkan produksi kolagen dan serat elastin yang memperlambat munculnya keriput di kulit dan menjadikannya lebih elastis. 

Sementara itu, kandungan seng dalam lidah buaya bertindak sebagai astringent untuk mengencangkan pori-pori dan antioksidan. Lalu, vitamin C dan E membantu mencegah pembentukan radikal bebas. 

7. Mencegah bintik hitam di kulit

Gel dalam lidah buaya mencegah tirosinase, enzim yang bertanggungjawab untuk perubahan warna kulit. Kandungan gel dalam lidah buaya menekan hiperpigmentasi yang diinduksi UV akibat sengatan sinar matahari. 

Mekanisme ini juga dapat membantu mencegah munculnya bintik hitam di kulit. Sedangkan berbagai kandungan antioksidan seperti glutathione peroxide dapat memudarkan kerusakan kulit yang sudah terbentuk akibat sinar matahari. 

8. Eksfoliasi ringan

Kandungan asam salisilat dalam lidah buaya juga berfungsi sebagai exfoliator yakni membantu mengelupas sel kulit mati dengan lembut. Lidah buaya juga mengandung lignin, zat yang dapat meningkatkan efek penetrasi bahan lain ke dalam kulit.

Nah untuk itulah 8 manfaat lidah buaya untuk wajah semoga bermanfaat. Sumber kontan.co.id