Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bansos Ini Cair Desember, Yuk Cek Penerima Siapa Saja?

10 Bansos Cair Desember 2022

MEDIABRITA RAKYAT - ada ragam bantuan sosial (bansos) yang bakal kembali diberikan atau cair bulan Desember 2022 ini. Bantuan bansos ini diserahkan oleh pemerintah baik dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) maupun bantuan sosial lainnya.

Kemudian seperti apa bansos yang bakal cair pada Desember ini? Seperti dilansir detikcom, berikut daftarnya:

10 Bansos Ini Cair Desember, Yuk Cek Penerima Siapa Saja?


1. BLT Subsidi Upah (BSU)

Bantuan langsung tunai atau BLT ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022. Adapun Jumlah dana BLT Subsidi upah ini juga sebesar Rp 600 per penerima manfaat.  Bantuan uang atau BLT Ini khusus diperuntukkan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta/bulan atau disesuaikan dengan nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) atau kabupaten/kota.

Program Bantuan Uang BLT yang dikelola oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini, dijadwalkan cair selama bulan september 2022.

2. BLT BBM (Bahan Bakar Minyak)

Tidak sampai disitu ternyata pemerintah juga bakalan kembali menyalurkan BLT BBM pada Desember 2022. Karena ini, realisasi penyaluran BLT BBM ini baru setengah dari alokasi anggaran. Adapun jumlah dana BLT BBM yang akan dicairkan adalah Rp 600 ribu per penerima manfaat.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, alokasi anggaran untuk BLT BBM sebesar Rp 12,4 triliun. Hingga akhir Oktober 2022 sudah terealisasi Rp 6,21 triliun. Sri Mulyani mengatakan, model penyaluran setengah alokasi anggaran ini memang disengaja Kementerian Sosial.

Adapun Sisa alokasi BLT BBM akan dibayarkan pada Desember 2022.

"Ini sekarang sudah direalisir Rp 6,21 triliun karena memang Kementerian Sosial sengaja membayarkannya separuh dulu dan nanti separuh akan mulai dibayarkan pada bulan Desember ini," ungkapan itu dalam Konferensi Pers APBN KiTa, Kamis (24/11/2022).

3. Program Kartu Prakerja

Selain diatasi ada Program Kartu Prakerja merupakan program bantuan pelatihan yang diberikan kepada pencari kerja, pekerja/buruh terkenda PHK, atau pengusaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19. Sampai dengan tahun 2022 ini, program kartu prakerja telah berjalan selama 45 gelombang. Program ini masih akan terus berjalan.

Terutama masyarakat yang terdaftar sebagai penerima kartu prakerja ternyata bakal kembali mendapatkan bantuan total sebesar Rp 3,5 juta. Jumlah duit ini terbagi menjadi Rp 1 juta untuk biaya pelatihan dan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan, serta Rp 150 ribu insentif survey kebekerjaan pasca mengikuti pelatihan.

Agar bisa ikut serta mengikuti program kartu prakerja, peserta bisa mendaftar melalui website resmi prakerja diwww.prakerja.go.id.

4. Bantuan BLT UMKM

Adapun dari jenis BLT yang cair tahun 2022 lainnya yakni BLT UMKM. Ini merupakan program bantuan langsung tunai dari pemerintah diperuntukkan pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ditujukan kepada 12 juta pelaku usaha, program ini juga merupakan langkah pemerintah dalam menekan dampak kenaikan harga BBM. Besaran nilai BLT UMKM yang akan dicairkan adalah sebesar Rp 600 ribu. Untuk mengeceknya bisa dilakukan melalui linkeform.bri.co.iddan BNIbanpresbpum.id.

5. Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT)

Adapun untuk Bantuan Pokok Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan masih tetap diberikan pemerintah kepada masyarakat miskin berupa Kartu Keluarga Sejahtera. Nantinya kartu ini dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari di e-warong terdekat.

Terkait Mekanisme penyaluran ini dilakukan secara non-tunai melalui sistem perbankan. Adapun nilai bantuan ini sebesar Rp 200 ribu per bulan per KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Sehingga Dana ini tidak dapat diambil tunai. Apabila tidak digunakan bantuan ini akan tetap tersimpan dan diakumulasi. Untuk mengecek data penerima manfaat Bansos BPNT bisa dilakukan melalui websitecekbansos.kemensos.go.id.

6. Bansos PBI JK

Untuk Bansos PBI JK merupt singkatan dari Bantuan Sosial Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan. Bansos ini adalah batuan yang diberikan pemerintah di bidang kesehatan.

Yang dimana penerima bansos PBI JK akan mendapatkan bantuan berupa layanan BPJS Kesehatan secara percuma. Pemerintah yang akan membayarkan Iuran BPJS Kesehatan tersebut. Mereka yang berhak mendapatkan bansos PBI JK ini haruslah termasuk dalam kriteria masyarakat miskin dan tidak mampu yang divalidasi melalui kementrian sosial.

7. Bantuan dari Dana Desa (DD)

Sementara BLT Dana Desa yang merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19. Hingga September ini, BLT Dana Desa masih terus dicairkan oleh pemerintah.

Untuk jumlah dana BLT yang cair adalah sebesar Rp 300 ribu per bulan selama setahun. Target utama dari BLT ini adalah masyarakat desa yang termasuk dalam kategori keluarga miskin dan kurang mampu, kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19, dan belum menerima bantuan pemerintah lainnya.

Dalam rangka cara mengecek penerima dana BLT Dana Desa ini bisa dilakukan melalui websitesid.kemendesa.go.id

8. BLT anak yatim piatu

Ada yang baru BLT yang bakal cair Desember 2022 ini yaitu BLT anak yatim piatu. Hal ini diumumkan langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Presiden Joko Widodo.

Menurut menteri Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini, menjelaskan Kementerian Sosial (Kemensos) sudah mengantongi database 900.000 lebih anak yatim piatu sebagai penerima BLT. BLT tersebut mulai diberikan pada Desember dengan jumlah Rp 200.000 per orang. Risma tak merinci bantuan ini akan diberikan dalam sekali atau dicicil. Targetnya ada sekitar 946.863 orang anak yatim piatu yang bakal mendapatkan BLT tersebut.

"Jadi, kami akan serahkan (BLT) kurang lebih sekitar targetnya anak yatim piatu 946.863 anak, per anak 200 ribu per bulan," ungkap Risma dalam konferensi pers bantuan sosial BBM dengan Presiden Joko Widodo, Jumat (16/9/2022).

9. Bansos orang lanjut usia (lansia)

Bantuan bansos BLT lansia diberikan bagi mereka yang berusia di atas 80 tahun dan tidak ada lagi yang merawat. Menurut Risma ada 334.011 jiwa lansia di atas 80 tahun yang hidup sendirian akan mendapatkan BLT.

Hal ini merupakan bantuan diberikan secara harian, BLT diberikan dalam bentuk makanan sehari-hari. BLT ini akan diberikan secara dititipkan kepada ketua RT/RW di tiap daerah. Nantinya, Risma akan meminta ketua RT/RW untuk menyalurkan bantuan tersebut setiap hari.

"Jumlahnya, ada 334.011 jiwa. Itu kita berikan makanan tiap hari, uangnya akan dititipkan ke Pak RT atau Pak RW untuk mereka setiap hari berikan makanan untuk lansia yang dia tak berdaya dan dia tak ada keluarganya," ungkap Risma.

10. Bantuan BLT penyandang disabilitas

Nah yang terakhir adalah bantuan uang untuk Penyandang disabilitas yang menerima BLT jumlahnya ada sekitar 98.934 orang. BLT akan diberikan per Desember, kira-kira dalam seharinya mereka akan mendapatkan bantuan setara dengan uang sebesar Rp 21.000.

Supaya bisa program BLT tersebut lancar, Kemensos sudah mengantongi dana tambahan dari Kementerian Keuangan sebesar Rp 400 miliar. "Kami juga dapat tambahan anggaran dari Kemenkeu sebesar Rp 400 miliar sekian, nah itu akan digunakan untuk bulan Desember," ungkap menteri sosial ibu Risma.