Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Atasi Transfer Gagal Tapi Saldo Tetap Berkurang Pemula, Lengkap Penyebab, Tips dan Hindari Ini!

Sahabat mediabritarakyat.my.id saat ini anda sedang mengalami transfer gagal tapi saldo berkurang, sungguh bikin anda pusing tujuh keliling apalagi nilai uang yang ditransfer tidaklah sedikit.. Kenapa hal ini dapat terjadi. Yuk anda sudah tepat untuk mencari solusinya Disini.

5 Cara Atasi Transfer Gagal Tapi Saldo Tetap Berkurang Pemula, Lengkap Penyebab, Tips dan Hindari Ini!
Transfer Gagal Tapi Saldo Tetap Berkurang Pemula

Ketika anda melakukan transfer uang antar bank ataupula antar rekening, dappat saja transaksi anda dapat saja gagal. Ada beragam alasan kenapa transaksi anda bisa gagal, satu contohnya karena lalu lintas perbankan yang sedang alami kegagalan pada sistem. Akan tetapi adakalanya ketika transfer uang gagal, saldo rekening tetap berkurang. 

Ketika alami status transfer gagal tapi saldo berkurang terjadi, kemungkinan juga uang yang anda transfer sudah berkurang dari saldo anda akan tetapi tidak kunjung diterima oleh rekening tujuan. 

Uang yang sudah anda transfer ke bank lain namun tidak berhasil bakal tersimpan di sistem BI sampai benar benar proses investigasi berhasil dilakukan oleh kedua belah pihak, antara bank pengirim maupun bank penerima. 

Tentunya jika ini terjadi dapat sangat merepotkan pasalnya kejadian seperti ini biasanya memerlukan waktu yang cukupa lama untuk diselesaikan. 

Untuk itu, supaya anda mengetahui kenapa transfer uang antar bank bisa gagal dan bagaimana cara mengatasi transfer gagal tapi saldo berkurang, mendingan simak dulu penejelasan singkat ini:

Kenapa Transfer Gagal Namun Saldo Berkurang?

Ada berbagai transfer tidak berhasil tapi saldo tidak berkurang dapat disebut dengan transfer uang antar bank bisa gagal. Terkadang pula transaksi yang gagal pun terkadang tetap dinyatakan berhasil ketika anda melakukan cek mutasi rekening. 

Penyebab dari ketiga jenis transaksi seperti transaksi gagal tapi saldo berkurang mandiri, transaksi gagal tapi saldo berkurang bni maupun juga transfer gagal tapi saldo berkurang bsi ini tidaklah jauh berbeda. 

Adapun sebab umumnya adalah bank yang sedang mengalami gagal sistem. Namun ada beberapa penyebab debit gagal tapi saldo berkurang yang membuat transfer uang tidak berhasil, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Transfer ketika bank sedang gangguan.
  2. Transfer ketika bank sedang dalam kondisi Offline.
  3. Transfer ketika jam sibuk. Biasanya terjadi antara pukul 9-10 pagi.
  4. Transfer ketika kondisi cuaca buruk.
  5. Transfer pakai Internet banking di jaringan yang tidak stabil (lemot).

Cara Mengatasi Transfer Gagal Tapi Saldo Tetap Berkurang Pemula

Jika hal ini dialami kejadian tersebut, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan supaya laporan nya diproses dan sambil menunggu uang nya kembali. Hal yang mesti anda pahami yaitu bahwa proses pengembalian duit membutuhkan waktu yang berbeda pada tiap-tiap nasabah. Yuk, inilah langkahnya :

  • Simpan bukti transfer gagal
  • Mintalah mutasi rekening kepada rekening tujuan
  • Buatlah laporan ke Bank
  • Cek mutasi secara berkala
  • Hubungi pihak Bank apabila tidak ada pengembalian duit setelah 2 minggu atau selama 14 hari

Tips Mudah Terhindar dari Transfer Gagal Antar Bank

Supaya anda benar-benar tidak alami hal mengerikan tersebut, maka hindarilah transaksi keuangan pada kondisi berikut ini yaitu :

  1. Ketika Bank sedang mengalami gangguan / maintenance.
  2. Ketika Bank sedang offline.
  3. Ketika cuaca sedang buruk.
  4. Transfer Ketika jam sibuk di hari kerja 

Demikianlah uraian terkait cara atasi transfer gagal tapi saldo tetap berkurang. Semoga manfaat ketika sudah membaca penjelasan ini anda dapat terhindar dari rasanya gagal transfer serasa sakit tapi tidak berdarah, hehe maaf canda ya! Bye. MEDIABRITA.