Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Mendapatkan Modal Usaha Pemula Tanpa Hutang Membelenggu

Cara Praktis Mendapatkan Modal Usaha Pemula - Halo, Seperti yang Anda tahu, modal sangat penting untuk mengelola bisnis. Tanpa ini, perusahaan akan sulit dikelola atau bahkan berkembang. Nah, bagi Anda yang sekarang berencana untuk memulai bisnis tetapi yang selalu bingung tentang cara mendapatkan modal komersial, jangan khawatir. Karena kali ini kami akan berbagi saran dan berarti Anda pasti dapat mencoba melamar. Jadi tunggu apa lagi, mari kita lihat artikel berikut.

Cara Praktis Mendapatkan Modal Usaha Pemula Tanpa Hutang Membelenggu
Cara Praktis Mendapatkan Modal Usaha Pemula

Cara Praktis Mendapatkan Modal Usaha Pemula

1. Mencari investor

Cara Praktis Mendapatkan Modal Usaha Gratis Pemula yang pertama yang dapat Anda lakukan adalah menemukan investor. Pada dasarnya, investor adalah orang atau kelompok yang memberi Anda uang sebagai modal komersial dengan harapan bisnis Anda akan memberi mereka keuntungan. Nah, investor ini dapat datang dari berbagai pihak, dapat menjadi teman, keluarga atau mitra bisnis.

Namun, penting untuk mengetahui bahwa untuk mendapatkan investor ini, Anda harus meyakinkan mereka dengan rencana bisnis yang jelas dan penjelasan. Segala sesuatu yang terjadi dari model komersial, rencana bisnis, hingga proposal yang harus Anda persiapkan dengan baik.

Selain teman dan keluarga, Anda juga dapat menemukan investor dari berbagai perusahaan yang fokus pada pengembangan usaha kecil. Dalam hal ini, Anda dapat berpartisipasi dalam berbagai lokakarya, pelatihan atau dengar pendapat komersial untuk mendapatkan suntikan dana sebagai modal komersial.

Selain itu, ada cara yang cukup untuk menarik perhatian pengusaha potensial belakangan ini, yaitu dengan investor takdir. Investor takdir umumnya dikenal di dunia start-up, mereka umumnya adalah orang kaya yang pada dasarnya tidak terlalu takut dengan risiko kehilangan dalam upaya Anda. Tetapi, sebaliknya, mereka umumnya akan mendapatkan tindakan atau kontrol tertentu atas bisnis Anda. Investor takdir juga dapat berasal dari keluarga atau mitra komersial.

2. Memanfaatkan bantuan pemerintah

Cara Mendapatkan Modal Usaha dari pemerintah ini bisa menjadi sesuatu yang pantas untuk dicoba. Berbagai program bantuan pemerintah, seperti Kredit Komersial Rakyat (KUR) dan BLT UMKM, Anda dapat menggunakan sebagai sumber modal komersial. Selain mendaftar di situs web masing -masing, Anda harus memenuhi berbagai persyaratan seperti:

Syarat KUR

Individu (perorangan)

Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan

Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)

Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit

Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Syarat BLT UMKM

-Warga negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP

-Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan

-Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU)

-Bukan ASN, Anggota TNI/Polri, serta pegawai BUMN dan BUMD

-Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

3. Pinjaman dari bank

Cara mendapatkan modal usaha dari bank adalah solusi lainnya. Pasalnya pinjaman ini, Anda dapat mengelola bisnis Anda. Secara umum, umumnya ada beberapa kondisi untuk dapat membuat pinjaman ke bank, yaitu sebagai berikut:

  • Fotokopi identitas diri (KTP dan Kartu Keluarga)
  • Fotokopi penghasilan atau slip gaji
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi buku tabungan
  • Dokumen kepemilikan agunan seperti BPKB, sertifikat (Jika kamu mengambil pinjaman beragunan)

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan persyaratan tambahan tertentu yang mungkin ada di setiap bank. Misalnya, ia tidak memiliki beban utang di suatu lembaga atau bagian.

4. Mencari rekan bisnis

Cara donatur buat usaha dengan menemukan mitra bisnis dapat menjadi pilihan bagi Anda yang kekurangan modal untuk mengelola bisnis. Dengan menggabungkan dana yang Anda miliki, modal awal untuk memulai bisnis dapat diselesaikan.

Tetapi selain meningkatkan modal, tentu saja Anda harus mengadakan pembicaraan dalam bentuk diskusi dengan mitra bisnis Anda. Berdasarkan bentuk bisnis, pembagian tanggung jawab dan distribusi keuntungan harus dibahas dengan baik dan jelas.

Ini tentu tidak menjamin bahwa rencana bisnis yang Anda impikan dapat bekerja 100%. Keberadaan bagian kedua membuat mereka langsung ke perusahaan Anda, sehingga perjanjian pada awal perjanjian sangat penting ketika Anda menggunakan metode ini.

5. Memanfaatkan tabungan pribadi

Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa hutang secara umum, tidak sedikit orang yang menggunakan tabungan pribadi mereka sebagai modal ventura. Ya, Anda juga dapat menggunakan metode ini. Dengan perhitungan yang telah dilakukan dengan hati -hati, Anda dapat mengetahui apakah tabungan Anda cukup atau tidak.

Jika Anda berpikir tabungan Anda masih kurang, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk merekam sebagai kota di freshbook.com di bawah ini:

Mengurangi hutang kartu kredit. Jika Anda menggunakan kartu kredit, cobalah menghubungi bank untuk meminta suku bunga di bawah ini.

Cobalah untuk memisahkan tabungan pribadi dari rencana bisnis dan persiapkan beberapa persen dari pengurangan ke rekening tabungan.

Singkirkan pengeluaran yang tidak penting, seperti layanan gym atau keanggotaan klub rekreasi. Cari cara memperoleh pendapatan sekunder seperti pekerjaan bagian -waktu dan lainnya.

6. Crowdfunding

Cara mencari modal usaha tanpa hutang ini adalah melalui penggalangan dana. Kemudian, ada banyak orang yang akan menginvestasikan uang mereka sebagai modal komersial. Saat ini, Anda dapat menggunakan berbagai platform crowdfunding, misalnya situs terpecaya lainnya untuk dapat mendapatkan bantuan banyak orang. Tetapi bisa mendapatkan dana crowdfunding tidak mudah. Anda harus dapat menjelaskan dan mempromosikan bisnis Anda dengan meyakinkan sehingga banyak orang tertarik untuk menginvestasikan uang.

7. Pinjaman dari keluarga

Cara Mendapatkan Modal Usaha Anda juga dapat mencoba mencari pinjaman dari keluarga. Tidak diragukan lagi rumit. Karena itu membutuhkan kepastian yang jelas dan cara yang tepat untuk meyakinkan keluarga Anda. Pada dasarnya, mereka tentu tidak ingin kalah dengan baik. Karena itu, Anda harus dapat memeriksanya ketika Anda dapat mengembalikan pinjaman.

8. Menjual atau menggadaikan aset

Cara Mendapatkan Modal Usaha berikutnya adalah menjual barang atau aset yang Anda miliki. Ini tentu akan mengorbankan barang yang Anda miliki untuk biaya modal komersial Anda di masa depan. Selain itu, perlu dicatat bahwa Anda tidak menjual aset penting, cobalah untuk memikirkan dengan cermat tentang barang apa yang bisa dijual.

Jika Anda tidak memiliki barang yang dapat dijual, Anda mungkin dapat berjanji. Dengan membuat aset seperti yang dijamin, bisa menjadi pilihan terbaik selain menjualnya. Tetapi ini juga tidak dapat diremehkan, karena dibutuhkan berbagai perhitungan yang terkait dengan dana yang diperoleh dan risiko barang yang digadaikan.

Demikianlah Cara Praktis Mendapatkan Modal Usaha Pemula Tanpa Hutang Membelenggu yang dapat menjadi referensi anda yang saat ini berpikir untuk memulai usaha. Semoga bermanfaat dan sukses yang akan dicita-citakan demi keluarga sibuah hati anda. Berdoa kunci keberhasilan yang menjadi nomor satu di itikad baik anda.

Cara Mendapatkan Modal Usaha, Tips Mendapatkan Modal Usaha, Langkah Mendapatkan Modal Usaha, Trik Mendapatkan Modal Usaha, Tips dan Trik Mendapatkan Modal Usaha, Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis, Cara Mendapatkan Modal Usaha dari pemerintah, Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa hutang, Cara Mendapatkan Modal Usaha dari pemerintah tanpa jaminan, cara donatur buat usaha, mencari modal untuk usaha, cara mendapatkan modal usaha dari bank, cara memperoleh modal usaha pdf, makalah cara memperoleh modal usaha, cara mencari modal, lembaga penyedia modal usaha, contoh modal usaha, cara mencari modal usaha tanpa hutang.