Widget HTML Atas

Proposal Pembangunan Air Bersih Terbaru

Halo saat ini Proposal Pembangunan Air Bersih Terbaru, sudah tepat mencari disini.

Karena kami akan menyediakan link download contoh proposal sarana air bersih yang teranyar di dalam postingan ini.

Proposal Pembangunan Air Bersih Terbaru

Derajat kesehatan masryarakat merupakan salah satu indikator ketnajuan suatu masyarakat. Faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat di antaranya tingkat ekonomi, pendidikan keadaan lingkungan dan kehidupan sosial budaya, faktor yang penting dan dominan dalam penentuan derajat lingkuangan, salah satu komponen lingkungan yang mempunyai peranan cukup benar dalam kehidupan adalah air.

Manusia dan makhluk hidup lainnva yang tidak hidup dalam air senantiasa mencari tempat tinggal dekat air supava rnudah untuk mengambil air untuk keperluan hidup. 

Selain itu pemenuhan kebutuhan air bersih dapat tercukupi sehingga mereka dapat hidup sehat dan tidak rnudah terkena penyakit. 

Air merupakan suatu sarana utama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, karena air merupakan salah satu rnedia dan berbagai macam penularan penyakit.

Air bersih adalah air yang jernih, yang tidak berwarna, tawar dan tidak berbau Melalui penyediaan air bersih dan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari, masyarakat melakukan suatu usaha dengan swadaya dana masyarakat sendiri Yaitu pembuatan MCK sederhana dengan sumur rnanual, namun ternyata tidak mernenuhi kebuturhan. 

Oleh karena itu kami berencana untuk mengadakan kegiatan penrbuatan sufflur artesis. Dengan program ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan lingkungan dan kesehatan.

Contoh Proposal Air Bersih Terbaru dan Terlengkap

Proposal Usulan Pembangunan Sarana Air Bersih Pedesaan Dusun Grojogan Desa Beji Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul

Latar Belakang Masalah

Dusun Grojogan Desa Beji Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta secara geografis wilayahnya dataran dan perbukitan yang meliputi 1 RW dan 2 RT, dan terletak di sebelah timur wilayah Desa Beji, 

Pada musim kemarau sangat kesulitan air khusunya dibagian tengah dusun dan merata diseluruh wilayah RT. 

Dari jumlah penduduk 283 jiwa yang terdiri dari 96 KK dengan dibangunnya sarana Air Bersih oleh Satker PKPAM Propinsi D.I Yogyakarta betul-betul sangat membantu warga kami dalam memenuhi kebutuhan air bersih yang sehat serta murah.

Karena selama ini warga memanfaatkan secara swadaya dengan menggunakan pikulan dengan jarak 200 meter s.d 3000 meter dan bagi masyarakat yang mampu membeli air bersih dari tanki air komersil untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga.

Maksud Dan Tujuan

Maksud dan tujuan pengajuan permohonan bantuan Pembangunan Sarana Air Bersih Pedesaan untuk memudahkan warag masyarakat Dusun grojogan Desa Beji Kecamatan Ngawen, dalam rangka mencukupi kebutuhan air bersih apalagi disaat musim kemarau.

Kondisi Sumber Air

Potensi sumber air yang akan digunakan masyarakat berada di utara dusun berupa sumur bor yang dibangun secara swadaya murni masyarakat. Kemudian, dibangunnya system SPAM dilakukan pemompaan serta pemipaan untuk mengangkat air ke bak Induk reservoir yang dibuat berada diujung barat dusun dengan permukaan yang paling tinggi.

Kondisi Wilayah

Letak Geografis

1.Sebelah barat berbatasan dengan Dusun Daguran

2. Sebelah timur berbatasan dengan Dusun Banaran

3. Sebelah selatan berbatasan dengan Dusun Bejono

4. Sebelah utara berbatasan dengan Dusun Beji

b. Kondisi Umum

Kondisi Umum :

Jumlah KK Dusun Grojogan Desa Beji : 96 KK

Jumlah Jiwa Dusun Grojogan Desa Beji : 283 Jiwa

Luas Wilayah Pertanian : 15 Ha Sawah Tadah Hujan : 7,5 Ha Tegalan

Mata Pencaharian Penduduk:

Pertanian : 82 KK

PNS: 4

Pedagang : 10 Orang

 Peternak : 4 KK

Kelembagaan Masyarakat

 RT : 2 RT

RW : 1 RW

Kelompok Tani : 1 Kelompok

PKK : 1 Kelompok

TPA : 1 Kelompok

 Karang Taruna : 1 Kelompok

Kondisi Perekonomian Sosial dan Masyarakat

Kondisi Perekonomian Sosial dan Masyarakat:

Jumlah tingkat kesejahteraan masyarakat warga Dusun Grojogan Desa Beji dilihat dari perekonomian dan social masyarakat dari jumlah KK = 96 KK

KK penduduk miskin sejumlah = 72 KK ( 75% )

Penanganan Sistem Pelayanan Kepada Masyarakat

Sistem yang digunakan untuk melayani kebutuhan air bagi masyarakat dengan pembangunan bak induk penampungan ( reservoir ), jaringan transimisi, distribusi pipa PVC, pembuatan hidran umum serta sambungan rumah (SR) kepada konsumen. Pengelolaannya dibentuk lembaga pengelola/ pengurus untuk mengatur jalannya system yang ada.

Volume Sarana Yang Disimpulkan

Pemasangan Pompa Pengangkat I : 1 Unit , 2,2 Kw/ Q : 125

Bak Induk ( Reservoir ) 1 Unit

HU ( Hidran Umum ) 2 Unit

Pipa PVC Diameter 1,5 inchi panjang 4.000 meter ( pipa distribusi )

Pipa GI 2 inchi untuk jaringan transimi dengan panjang 900 meter

Pemasangan Listrik I Pase 220 Volt. Daya 3.500 Watt

Pembuatan rumah Panel

Panel Listrik

Lampiran-Lampiran

Berkas lampiran yang kami sertakan antara lain :

Gambar Peta Dusun Grojogan Desa Beji

Peta / Denah Sarana Air Bersih Pedesaan

Panitia Pembangunan Sarana Air Minum

penutup

Demikian usulan Pengembangan Sarana Air Bersih Dusun Grojogan Desa Beji Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Semoga Bapak berkenan mengabulkan usulan kami ini. Atas perhatian serta bantuannya tak lupa kami menghaturkan banyak terima kasih. Grojogan, 01 maret 2023 Ketua Pengelola Air Minum Tirto Mulyo.

Demikianlah sebagai referensi Proposal pembangunan sarana air bersih terbaru yang dapat kami sajikan, untuk download file nya silhkan klik dibawah ini.

Contoh Proposal Sarana Air Bersih

Proposal air bersih anyar

Terima Kasih Telah Berkunjung, Share Contoh Proposal dari mediabrita kepada teman-teman atau Rekan Kerja Anda.