Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Dulu! √14 Manfaat Fungsi Untung Rugi Kartu Kredit Bank BCA BRI Mandiri

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA sudahkah atau berencana ingin memiliki dan mempunyaii kartu kredit sebuah Bank.

Jika memang benar adanya alangkah baiknya simak dahulu Manfaat yang dapat diperoleh jika sahabat membuka kartu kredit sebuah Bank.

Paddaa artikel kali ini kita akan membahas mengenai daftar Untung Rugi dan fungsi kartu kredit bagi pemula seperti kita yang sedang ingin mempunyaii nya.

Beberapa daftar untung rugi, fungsi punyai kartu kredit di Bank BCA, Mandiri dan BRI diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berfungsi sebagai Alat Pembayaran Cashless 

Kartu kredit ialah kartu sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Pasalnya sesuai denggann ketentuan Bank Indonesia, kartu kredit merupakan salahsatu Alat Pembayaran Menggunakan Kartu atau disingkat APMK, Sebuah layaknya merupakan alat pembayaran lain seperti, kartu automated teller machine (ATM), dan kartu debet.

BI Bank Indonesia mengatakan bahwa arti dari Kartu Kredit yaitu sebagai alat pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaaan dan/atau tukk melaksanakan penarikan Secara tunai, adapun kewajiban pembayaran pemegang kartu mestinya terpenuhi dulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu memiliki kewajiban tukk melakukan pembayaran paddaa waktu yang Telah disepakati baik itu denggann pelunasan secara sekaligus (charge card) maupun denggann pembayaran secara angsuran.

Adapun Karakteristik kartu kredit sebagai alat pembayaran yang membedakan denggann alat pembayaran lain nya adalah adalah:

Cashless. Tanpa memakai uang tunai. Pembayaran dilakukan lewat jaringan melalui merchant.

Kredit. Kartu kredit memberikan jatuh tempo pembayaran kepaddaa pemegang kartu.

Limit. Transaksi kartu kredit dibatasi oleh limit kredit yang telah ditetapkan oleh bank.

2. Dapat Dirubah Cicilan 

Bank penerbit kartu kredit hal itu dapat memudahkan para nasabah tukk merubah tagihan belanja menjadi sebuah cicilan. Misalnya ada di bank BCA, BRI, Niaga atau Citibank.

Pasalnya Selama ini, cara kerja kartu kredit ialah para nasabah membayar tagihan di tanggal jatuh tempo. Nasabah mesti membayar sebesar minimum payment atau apabila tidak di masukkan dan laporan menunggak.

Akan tetapi, kebanyakan nasabah mempunyaii kesulitan tukk dapat melunasi tagihan. Bahkan lebih dari itu membayar minimum juggga merupakan hal yang sulit.

Denggann Membayar minimum payment tagihan kartu kredit, sebenarnya tidak membantu. Apalagi denggann membayar hanya paddaa minimum payment, tagihan kartu kredit nasabah tidak bakalan pernah selesai.

Maka dari itu, Tukk membantu nasabah menghadapi situasi ini, banyak bank bank menyediakan fasilitas tukk merubah tagihan kartu kredit jadikan cicilan tetap selama jangka waktu tertentu. 

Berikut Fitur yang dapat kita pahami Sebagai berikut:

tagihan kartu kredit dibayar mencicil, dgn jumlah pembayaran tetap setiap bulan. Tagihan tidaklah lagi mesti di lunasi dalam sekali pembayaran, namun juggga sekarang dapat denggann dicicil.

Pasalnya bank memberikan jangka waktu terhadap nasabah tukk melunasi tagihannya.

Tentu nya melalui cara konversi ke cicilan ini, nasabah dapat menjadi lebih ringan ketika membayar cicilan per bulannya. Jika dibandingkan mesti membayar secara lunas sekaligus seluruh tagihan.

Denggann begitu nasabah juggga lebih dapat mengatur keuangan denggann adanya cicilan tetap. Sehingga demikian lebih mengetahui, besarnya kewajiban yang mesti dibayarkan setiap bulannya.

Melalui Cicilan ini pas banget jika nasabah berkeinginan melakukan pembelian dalam jumlah besar dan mengetahui sedari awal bahwa tidak sanggup bayar lunas sekaligus. Makanya dipilih skema cicilan sejak awal.

Tak hanya itu, bank juggga tidaklah jarang menawarkan fasilitas bunga 0% dari program konversi cicilan ini. Sehingga, bank tidak membebankan bunga saat nasabah membayarkan cicilannya.

Kemudian, jika tidak dibayar bunga, bank bakalan untungnya dari mana.

Bank membebankan biaya admin di muka ketika dilakukan konversi dari tagihan ke cicilan. Biaya admin ini ternyata dipotong di muka.

Berikut 2 cara merubah menjadikan sebuah cicilan.

Kesatu, denggann menghubungi CS atau Customer Service bank. Lalu sahabat tinggal Ajukan tukk merubah tagihan kartu kredit menjadikam sebuah cicilan.

Kemudian Pihak Customer servis bakalan menerima permintaan tersebut dan menjalankan perubahan sesuai permohonan pemegang kartu. Cukup mudah pasalnya hanya denggann menghubungi CS.

ke-dua denggann cara online. 

Seiring kemajuan informasi teknologi khususnya digital banking, kini bank mempunyaii fasilitas konversi tagihan belanja jadikan cicilan tetap dapat melalui aplikasi online kartu kredit.

Sebagai salahsatu contoh di Citi Online, lalu aplikasi dari Citibank. Kemudian Citi Online menyediakan fitur yang memiliki nama PayLater. 

Tak hanya itu Paylater ini, ketika pemegang kartu kredit Citibank fapat merubah tagihan menjadi cicilan, denggann hanya cukup mengajukan di aplikasi.

Dalam Pengajuan via online membuat proses konversi menjadi lebih mudah, sehingga tidak perlu lagi direpotkan denggann menghubungi pihak CS. 

Melalui Proses online ini dapat para nasabah tukk melakukan kapan saja, dimana saja, sesuai denggann kebutuhan.

Pahami Dulu! √14 Manfaat Fungsi Untung Rugi Kartu Kredit Bank BCA BRI Mandiri

3. Dapat Poin Mileage tukk Gratis Travelling

Sebagai kita ketahui bahwa Mileage ialah merupakan salah satu manfaat dari kartu kredit yang banyak jadikan incaran kebanyakan orang. Terutama para traveller. Pasalnya banyak traveller yang dapat terbang gratis denggann memakai mileage.

Arti mileage

Diketahui arti Mileage ialah merupakan poin rewards dari hasil transaksi yang dapat dipakai tukk pembayaran tiket pesawat. Denggann begitu Semakin banyak transaksi, maka semakin banyak mileage, tentunya bakal semakin besar diskon tiket yang dapat dimanfaatkan.

Sebagai contohnya sebuah kartu kredit punyai ketentuan mileage diantaranya:

1 Citi Premier Miles= 1 airline mile,Pengeluaran di dalam negeri: Rp 8.750 =1 Citi Premier Miles, Pengeluaran di luar negeri: Rp 5.000 = 1 Citi Premier Miles (khusus tukk transaksi di hotel, restoran, penerbangan, department store, dan butik)

Kartu kredit ini mempunyaii 11 transfer partner yaitu Singapore Airlines, Cathay Pacific, British Airways, Malaysia Airlines, Eva Air, Air France, KLM, Qantas, Qatar Airways, dan Thai Airways.

Paddaa tiap airline yang bekerja sama dgn kartu kredit, mereka punyaii skema yg menetappkan jumlah airline mile yg dibutuhhkan tuk setiap tiket penerbangan. 

Sehingga, ketika calon penumpang mencari tiket penerbangan tukk suatu tujuan, mereka dapat melihat di situs atau aplikasi airline soal jumlah mileage yg dibutuhkan tuk ditukar denggann tiket tersebut. 

4. Menikmati Diskon Promo Belanja dan Kuliner

Salahsatu lainnya yakni Diskon promo ialah mrupakan manfaat yang hampir pasti pemegang kartu dapat peroleh. Kartu kredit seringkali melakukan promo, seprti di restoran tertentu atau penginapan tertentu.

Nah tukk Promo ini memiliki tujuan supaya nasabah mengggunakan kartu mereka tukk transaksi. Denggann begitu sering pemegang kartu menggunakan kartu kredit bakalan semakin baik pula.

Selama ini, nasabah dapat mengendalikan pengeluaran dlm penggunaan kartu kredit, diskon promo ini dapat menguntungkan. Pasalnya potongan harga yang tidak cukup menjanjikan jumlah besar sekali potongannya.

5. Fasilitas Airport Lounge Gratis di Bandara

Kepaddaa nasabah yang memegang kartu kredit punyaii fasilitas tukk dapat menunggu penerbangan di airport lounge di bandara. Sahabat Tinggal menunjukkan kartu, nasabah dapat masuk ke airport lounge.paddaa umumnya, akses ke fasilitas airport lounge ini gratis. Atau, nasabah dapat menukar poin rewards tukk akses ke lounge.

Airport lounge merupakan fasilitas yang pas banget tukk nasabah yang seringkali melakukan travelling lewat udara. Selain Nyaman dapat menunggu penerbangan di lounge denggann segala jenis fasilitasnya, Gratis atau bayar ringan tukk dapat menggunakan airport lounge. Tidak mempunyaiii kartu kredit, nasabah dapat menikmati airport lounge denggann bayar cukup mahal.

Akses terhadap airport lounge tergantung paddaa tingkat kartu kredit. Semakin tinggi grade kartu, fasilitas di airport lounge bakalan semakin baik.

6. Dana Darurat (Sementara)

Ketika membutuhkan uang secara mendadak dalam jumlah besar tukk kebutuhan dana talang biaya misalnya kesehatan.

7. Dana Tunai Cash Advance Dapat Diambil Setiap Saat

Selanjutnya dalam Kartu kredit juggga sudah menyediakan pinjaman dana tunai yang dapat ditarik kapan saja tiap saat. Ini artinya nasabah punyai standby loan yang dapat dipakai ketika dibutuhkan.

Tidak hanya di perusahaan saja yang punyai standy loan, perorangan pun dapat. Tinggal manfaatkan fasilitas tersebut yang ada di kartu kredit.

Proses tarik tunai sangat mudah., sahabat Tinggal pergi ke ATM, ambil uang denggann memasukkan kartu kredit ke mesin.

Lain halnya, misalnya, denggann pinjaman KTA yang butuh proses beberapa hari tukk dapat bank memberikan persetujuan dan mencairkan dana tunai KTA.

Kartu kredit, jelas, lebih praktis dan mudah dibandingkan KTA, khususnya tukk mereka yang butuhkan dana tunai secara mendadak.

Bunga dana tunai yang ditarik dari kartu kredit juggga bersaing denggann bunga KTA. Bahkan, tidak jarang, penerbit kartu kredit melakukan promo bunga murah, jika dana tunai diubah menjadi cicilan.

8. Penting tukk Transaksi Luar Negeri

Perjalanan ke luar negeri membutuhkan kartu kredit tukk berbagai jensi praktis. Dengan begoitu orang tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, karena uang tunai tidak aman, apalagi dibawa tukk bepergian jauh.

Dengan Kartu kredit sangat simpel dapat dipakai tukk transaksi tidak orang perlu bawa uang kas. Jumlah plafon kreditnya pun cukup besar.

Selain itu juga, ketika transaksi di luar negeri, yang lebih mudah dilakukan denggann kartu kredit. Misalnya, beli tiket kereta api, transportasi dan lain sebagainya.

Dengan cara yang praktis inilah, pembayaran denggann kartu kredit diterima di banyak sekali tempat di luar negeri. Hampir semua tempat umum yang ada di luar negeri menerima pembayaran denggann kartu kredit ini.

Perlu Buat Belanja Online

Banyak konsumen dapat melakukan pembayaran belanja online denggann berbagai cara, seperti transfer, COD, fintech dan kartu kredit. 

Kartu kredit punyai sejumlah keunggulan jikalau dibandingkan cara pembayaran lainnya dalam belanja online, yaitu:

Bunga kartu kredit paling rendah dibandingkan pinjaman lain di situs belanja online. Sehingga, buat mereka yang mau membayar secara cicilan, kartu kredit ialah solusi pilihan.

Plafon limit pinjaman kartu kredit lebih tinggi. Pembelian denggann nilai besar dapat mengandalkan kartu kredit.

Kartu kredit memberikan poin rewards, yang dapat ditukar denggann berbagai manfaat, seperti voucher, diskon dan lain – lain.

Bank berikan asuransi perlindungan thdp transaksi di e-commerce. Disebut “E-Commerce Purchase Protection”.

Asuransi transaksi e-commerce ini “memberikan ganti rugi kepaddaa nasabah tukk Barang tidak diterima atau tidak lengkap diterima setelah nasabah melakukan pembelian Barang secara online”.

Kondisi perlindungan ialah:

Barang yang tidak diterima atau tidak lengkap diterima dalam jangka waktu 30 hari kalender sesudah jadwal penerimaan barang yang sudah ditentukan,Barang yang telah diterima namun tidak berfungsi sebagaimana mestinya akibat Kerusakan.

10. Memperoleh Point Rewards Dapat Ditukar Hadiah

Poin rewards ialah merupakan reward lm bentuk poin yang diberiian penggunaan transaksi kartu kredit tukk tiapkali kelipatan tertentu. Cpontohnya, setiap belanja Rp 3000 peroleh 1 poin, sehingga belanja Rp 6 ribu dapat 2 poin dan seterusnya.

Dengan Kartu kredit seringkali memberikan promo poin rewards, denggann menawarkan jumlah poin yang lebih besar tukk suatu transaksi tertentu. Contoh dalam transaksi tertentu kartu kredit memberikan 3x rewards, maka poin yangg dikumpulkan oleh nasabah jadikan lebih banyak tukk transaksi tertentu.

Poin yng telah dikumpulkan dari hasil transaksi kartu kredit dapat ditukarkan denggann sejumlah hal. Penerbit kartu kredit menyediakan katalog khusus tukk penukaran poin rewards.

11. Bayar Tagihan Terjadwal

Solusi pembayaran semua tagihan rutin denggann mudah tanpa ribet dengan perlu mengingat beragam nomor tagihan yang mempunyaii tanggal tagihan ygn berbedapula layaknya tagihan listrik, Telephone, smartphone, internet, asuransi ataupun TV kabel berbayar.

Manfaat membayar tagihan denggann kartu kredit adalah:

Nyaman. Artinya idak perlu mengantri tukk transfer uang atau pergi ke loket pembayaran

Praktis juga Terjadwal. Sahabat Hanya perlu mengingat satu tanggal tagihan dan terdapat cara pembayaran otomatis di debet dari kartu kredit

Rewards. Memperoleh poin rewards atas transaksi pembayaran tagihan. Rewards dapat ditukar jenis macam manfaat lain, layaknya voucher, diskon dan lain rewardnya.

12. Cash Back Diskon Ketika Belanja

Selain itu dengan menggunakan Kartu kredit memberikan cash back atau dana kembali dengan besaran persentase tertentu dari setiap transaksi belanja denggann menggunakankartu kredit.

Ambil Contoh, salah satu kartu kredit menerapkan program cash back 1%. Itu artinya pemegang kartu bakal peroleh 1% Cash Back tukk semua transaksi ritel yang dilakukan denggann gunain Kartu Kredit, dengan tidak pembelanjaan minimum.

Hasil dari cash back tersebut dapat kembali ditukarkan tukk memotong tagihan bulanan paddaa bulan berikutnya. Sisa Cash Back yangg belum ditukarkan tetap berlaku selamanya.

Denggann begitu, cash back ini semacam diskon atau potongan yagg diberikan oleh bank kepaddaa pemegang kartu kredit.

Kebijakan cash back kartu kredit di masing 2 bank dapat berbedapula, Bahkan, ada juggga kartu kredit yang tanpa memberiin cashback pasalnya sudah memberikan reward kepaddaa nasabah dalam bentuk lain.

13. Mudah Apply Online

Dengan seringnya Kemajuan teknologi digital perbankan membuat ketika ini nasabah dapat ajuin aplikasi kartu kredit secara online. Nasabah cukup punyai akses internet dapat mengajukan dimana kapan saja tanpa perlu tatap muka.

Cara pengajuan online ini sangat efektif membantu. Jika seseorang yang super sibuk, Nasabah jadi tidak terhalang jarak dan waktu tukk dapat apply.

Selain itu juga dengan apply online, nanti sudah menjadi pemegang kartu kredit, banyak hal dapat dikelola secara online via situs atau aplikasi, yaitu:

Aktivasi PIN. Aktivasi PIN supaya transaksi makin aman

Daftar e-Statement. E-Statement tukk kemudahhan pelacakan transaksi.

Stop Penggunaan. Ketika, nasabah harus menghentikan kartu kredit, mungkin karena dugaan fraud, dapat denggann cepat dilakukan secara online

Kenaikan Limit. Pengajuan kenaikkan limit dpt dilakukan secara online di aplikasi.

14. Kartu Kredit Perusahaan

Salahsatu masalah di perusahaan ialah dengan cara mengelola pengeluaran terkait karyawan, layaknya perjalanan dinas, transportasi dan lain halnya. Namun masalahnya ialah di satu sisi, karyawan tidak mau bebani mesti membayar dulu dan reimburse ke kantor, di sisi lain kantor tidak dapat selalu memberikan uang dimuka. Lain lagi administrasi tukk memonitor dan mengelola pengeluaran operasional. Dibutuhkan mekanisme yang mudah dan efektif.

Sehingga Tukk mengatasinya, muncul produk corporate card atau kartu kredit perusahaan. Corporate card adalah kartu kredit atas nama perusahaan yang pembayaran dilakukan oleh perusahaan.

Manfaat kartu kredit perusahaan diantaranya sebagai berikut:

Perusahaan dapat mengelola pengeluaran karyawan lebih efektif. Kontrol dilakukan secara real-time lewat pemantauan penggunaan kartu kredit perusahaan

Ganti transaksi tunai denggann penggunaan Kartu Kredit Corporate jadiin transaksi lebih efektif

Detail laporan keuangan bakalan tampil sesuai tagihan kartu beserta summary report pemakaian bulanan tukk perusahaan

Karyawan tidak dibebani wajib membayar terlebih dahulu pengeluaran operasional kantor.

Cash flow perusahaan terbantu denggann adanya jeda waktu kurang lebih 1 bulan pembayaran dalam penggunaan kartu kredit.

15. Asuransi Perjalanan Gratis

Asuransi kecelakaan diri selama perjalanan ialah salah satu fasilitas yang disediakan secara otomatis tukk pemegang kartu kredit yg melakukan pembelian tiket angkutan darat, laut, dan udara tukk perjalanan dlm negeri maupun ke luar negeri berupa pertanggungan terhadap:

Travel Accident (Kecelakaan Perjalanan)

Overseas Medical Reimbursement (Biaya Pengobatan di luar negeri) Asuransi perjalanan ini berlaku tukk pemegang kartu utama ataupuila kartu tambahan. Berlaku tukk 1 (satu) orang istri atau suami dan anak kandung sah denggann jumlah maksimal 3 orang yang usianya antara 3 bulan sampai 23 tahun, adapun Jenis angkutan darat, laut atau udara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang dipakai mestilah merupakan angkutan umum yang dioperasikan secara komersial.

Demikialah pembahasan kali ini mengenai manfaat kartu kredit Bank BRI, BCA dan Mandiri. Semoga bermanfaat dan lebih mengenali kartu kredit milik sahabat.