Widget HTML Atas

√5 Cara Mudah Sharing Printer Melalui Jaringan Wifi Bagi Pemula

Haloo sahabat pembaca MEDIABRITA, baiklah pada postingan kali ini kami akan memberikan sedikit terkait Tips Sharing Printer Via Akses Wifi bagi pemula.

Bagi sebagain sahabat ada juga yang pernah mendengar istilah sharing printer. Pada umumnya digunakan di warung internet (warnet), kantor-kantor ataupula yang memakai satu printer untuk digunakan pada beberapa Komputer PC maupun Laptop. 

Perlu diketahui bahwa Sharing printer ialah cara untuk menghubungkan 1 printer dengan beberapa pengguna komputer PC atau laptop di dalam 1 jaringan pula. Sharing printer sendiri mempunyai manfaat agar bisa menghemat pengeluaran. Pasalnya, sahabat tidak perlu membeli lagi printer untuk setiap komputer ketika mau mencetak sebuah dokumen.

Pada dasarnya, agar bisa sharing printer dapat melalui jaringan LAN ataupula Wifi. 

Nah untuk itu, sebelum mencetak agar dipastikan terlebih dahulu semua komputer maupun laptop mestinya sudah terhubung dengan baik pada komputer yang terhubung dengan printer. 

Berikut ini cara sharing printer melalui WiFi lebih lengkapnya, simak langkah-langkahnya pada pembahasan berikut.

√5 Cara Mudah Sharing Printer Melalui Jaringan Wiffi Bagi Pemula

Berikut Cara Mudah Sharing Printer dengan jaringan wiffi, diantaranya:

1. Koneksi ke WiFi

Jika ingin sharing printer melalui jariangan wiffi adapun yang mesti dilakukan terlbih dahulu ialah dengan siapkan koneksi wifi. Tak hanya itu pula, bahwa sahabat perlu menyiapkan laptop atau komputer yang nantinya bakal terhubung dengan printer. Jika sudah ada, maka cara yang perlu dipersiapkan ialah sebagai berikut

Hubungkan semua komputer atau laptop ke dalam jaringan wifi yang sama lalu hubungkan komputer maupun laptop ke akses point untuk memilih Home Network yang ada di menu pengaturan Set Network Location.

Sehingga, sahaabt bisa membuat sebuah jaringan Homegroup melalui jaringan /akses wifi. Kemudian selanjutnya ialah mengatur komunikasi antara perangkat komputer dengan printer yang bakal terhubung.

2. Persiapkan Printer

Kemudian setelah itu settingan pada driver printer yang digunakan sudah terinstall degnan baik di komputer PC ataupun laptop. Lalu, USB printernya sudah ter-colok atau komputer PC atau laptop sahabat telah terkoneksi dengan wifi.

3. Sharing Printer

Kemudian langkah selanjutnya, perikasa koneksi wifi pastikan sahaabat telah memilih Home Network pada bagian Set Network Location. Klick icon wiffi di area notification, lalu klik Open Network and Sharing Center.

Lebih lanjut, bakal tampil jendela Network and Sharing Center, ada Network Location yang dipakai pada koneksi wifi ketika ini. Nah agar bisa berbagi /sharing printer melalui Homegroup, sahabat mestinya sudah berada pada Home Network.

4. Buat Jaringan Homegroup

Ketika ingin membuat proses Homegroup, sahabat bakalan diminta untuk melakukan pengaturan sharing di dalam Homegroup dan centang pada tanda printer lalu Klik Next, silahkan menunggy sebentar sampai dengan proses pembuatan Homegroup selesai.

Kalau sudah selesai buat Homegroup, maka sahabat bakal diberikan password untuk Homegroup tersebut. Jangan lupa untuk selalu ingat password, pasalnya untuk bergabung di Homegroup tersebut.

5. Setting Printer pada Komputer

Kemudian masuk di pengaturan printer dan pastikan printer pada komputer pc atau laptop sudah/ telah terhubung. Bagaimana Cara memastikannya? Coba klik tombol start di bagian kanan taskbar, pilih dan klik Device and Printers, jika telah ada menu penambahan printer baru yang terhubung langsung dengan komputer artinya sharing printer sudah berhasil.

6. Lakukan Untuk Tes Print

Lalukan tes cetak dokumen, langkahnya dengan meng-klik kanan pada printer yang ada di Homegroup, lalu klik Printer Properties, buka dokumen yang bakalan dicetak, kemudian coba klik print.

Nah, sekian tutorial sederhana bagaimana Cara Mudah Sharing Printer dengan menggunakan jaringan wiffi, terutama bagi yang masih awam atau pemula. Semoga bermanfaat dan salam teknologi.